Beranda Berita Properti Jangan Risau! Warga Bandung Bergaji UMK Bisa Miliki Rumah Subsidi di Bandung...

Jangan Risau! Warga Bandung Bergaji UMK Bisa Miliki Rumah Subsidi di Bandung Raya

70
0
Pesona Prima 8 Banjaran di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi salah satu opsi rumah harga terjangkau untuk warga Bandung Raya.

PropertyandTheCity.com, Bandung –  Rumah bersubsidi di luar Kota Bandung, Jawa Barat, bisa menjadi pilihan warga Bandung yang bergaji sesuai upah minimum kabupaten/kota (UMK). Rumah bersubsidi yang dapat dimiliki warga Bandung bergaji sesuai UMK rerata berukuran mulai 50-70 m2 seharga Rp166 jutaan. Rumah bersubsidi tersebut terdapat sejumlah wilayah di Bandung Raya antara lain Rancaekek, Paseh, Pacet, Cicalengka, Pasir Jambu, Banjaran dan Soreang di Kabupaten Bandung.

Sebagai informasi, Pada 2024 ini UMK tertinggi di Bandung Raya adalah Kota Bandung yakni senilai Rp4.209.309 (Rp4,2 juta), sedangkan UMK Kabupaten Bandung upah minimumnya diputuskan sebesar Rp3.527.967 (Rp3,5 juta).

Gaji UMR atau UMK umumnya sulit membeli rumah di dalam kota. Biasanya akan dialihkan membeli rumah di wilayah penyangga Kota Bandung, seperti rumah bersubsidi yang angsurannya bisa 30 tahun, dengan cicilan ringan mulai Rp900 ribu – Rp1 jutaan untuk harga rumah Rp160 jutaan. Seperti bayar sewa namun ke depannya rumah akan jadi milik sendiri.

Pilihan berjibun. Satu yang baru ialah Pesona Prima 8 Banjaran. Lokasinya di Jalan Pahlawan, Kiangroke, Kecamatan Banjaran. Perumahan dirancang untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sehingga cocok untuk Anda yang hanya mampu mengangsur tak sampai Rp2 juta per bulan.

Adapun tipe yang tersedia diantarnya luas bangunan 30-36 m2 dengan pilihan luas kaveling 50-84 m2. Tersedia 497 unit rumah di atas pengembangan lahan seluas 6,1 hektar. Pembelian rumah secara KPR difasilitasi oleh dua bank syariah yakni BTN Syariah dan BSI.

“Untuk legalitas rumah konsumen akan kami berikan dalam kondisi sudah SHM atas nama konsumen tanpa biaya tambahan dikemudian hari,” ujar Hadiana, Direktur PT Kreasi Prima Nusantara, pengembang Pesona Prima 8 Banjaran, dalam siaran pers dikutip Selasa (9/7/2024). Developer menjanjikan serah terima rumah secara bertahap dilakukan pada November tahun ini. 

Kendati tergolong rumah bersubsidi, developer menjamin kualitas bahan bangunan yang digunakan setara rumah komersial, seperti double dinding, gerbang one gate system, pos security + cctv 24 jam, sarana ibadah masjid, sarana pendidikan, taman bermain anak, sarana olahraga, ruang terbuka hijau, hingga pohon buah untuk setiap unit rumah.

“Kami selalu berusaha untuk membangun peradaban baru melalui penyediaan perumahan subsidi yang berkualitas dan berkelanjutan bagi masyarakat serta diharapkan dapat membantu program pemerintah yaitu Program Sejuta Rumah (PSR),” jelas Hadiana.

Terkait lokasi, posisi perumahan 8 km dari Pintu Tol Soreang di Jalan Tol Soreang-Pasirkoja yang terhubung dengan Jalan Tol Padaleunyi di sebelah utara. “Ke pusat Bandung dan menuju Jakarta sangat mudah,” imbuhnya.

Kreasi Prima Nusantara termasuk salah satu developer rumah bersubsidi aktif di Indonesia. Sejak melantai di tahun 2008 pihaknya telah mengembangkan 7 proyek perumahan mencakup 2.656 unit rumah, dimana 95% unitnya merupakan rumah subsidi untuk MBR. Pesona Prima 8 Banjaran melengkapi proyek Pesona Prima 7 Rajamandala yang lebih dulu dipasarkan perusahaan di wilayah Bandung Raya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini