Beranda Berita Properti Jalan Tol Cijago Seksi 3 Rampung, Serpong-Depok Jadi Sat-Set!

Jalan Tol Cijago Seksi 3 Rampung, Serpong-Depok Jadi Sat-Set!

21
0

PropertyandtheCity.com, Jakarta – Presiden Jokowi telah meresmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN) pada Senin (8/1). Gerbang Tol Limo Utama menandai pertemuan dua ruas tol, yaitu Tol Cinere-Jagorawi (Tol Cijago) Seksi 3 dan Tol Serpong-Cinere (Sercin) seksi 2.

Terhubungnya kedua ruas tol itu dinilai akan menambah konektivitas jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2). Tol tersebut diharapkan dapat meningkatkan konektivitas Jabodetabek, mengingat kedua tol itu menjadi bagian penting JORR 2 yang dapat berdampak pada manfaat ekonomi dan sosial masyarakat.

Presiden Joko Widodo dalam peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gerbang Tol Limo Utama, Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024. Foto Dok. ANTARA

Proyek Jalan Tol Cijago Seksi 3 memiliki nilai kontrak sebesar Rp 1,3 triliun. Proyek ini digarap oleh PT PP Presisi Tbk (PPRE) dengan porsi 60,4 persen dan PT LMA sebesar 39,6 persen. 

“PP Presisi menjadi main contractor dengan lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan tanah, pekerjaan perkerasan, pekerjaan struktur jembatan dan box, pekerjaan gerbang tol, pekerjaan drainase hingga pekerjaan mekanikal-elektrikal,” ujar Direktur Utama PT PP Presisi Tbk, I Gede Upeksa Negara, dalam keterangannya, Selasa (9/1). 

Proyek Tol Cijago Seksi 3 merupakan PSN yang menghubungkan empat ruas jalan tol yang telah terbangun, yaitu Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Depok-Antasari, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, dan Jalan Tol Jagorawi. Upeksa mengatakan, hal tersebut akan memberikan kemudahan aksesibilitas dan mobilitas bagi masyarakat Jabodetabek untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat dengan pemenuhan infrastruktur.

“Dengan telah selesai dan diresmikannya proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 ini menjadi bukti nyata kemampuan PP Presisi dalam mengerjakan proyek infrastruktur secara komprehensif dalam mendukung kemajuan Infrastruktur Indonesia,” tambahnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut pengoperasikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor akan memberikan alternatif bagi masyarakat menuju Bandara Soetta dan lainnya, tanpa perlu masuk ke Tol Dalam Kota. 

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang, mobilitas logistik yang kita harapkan akan mengurangi kemacetan dan masyarakat memiliki pilihan alternatif menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” Jokowi. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini