Beranda Berita Properti Inovasi Schneider Electric untuk Bangunan yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Inovasi Schneider Electric untuk Bangunan yang Efisien dan Ramah Lingkungan

0

Diskusi panel, “Efficient Building for a Cooler Planet” di Hotel Mulia, Jakarta. [Foto: Pius]

Arus urbanisasi di Indonesia tengah melaju pesat. Menurut perkiraan World Bank, di tahun 2025 diperkirakan 68% dari penduduk Indonesia akan hidup di perkotaan. Hal ini secara langsung mendorong pertumbuhan jumlah bangunan yang kini semakin memadati kota.

Untuk dapat beroperasi, sebuah bangunan mengonsumsi energi yang sangat besar. Saat ini sektor bangunan menghabiskan 40 persen dari total energi global, bahkan diramalkan bahwa di tahun 2040 nanti total konsumsi energi dunia untuk bangunan akan meningkat sebesar 80%.

“Maka efisiensi penggunaan energi menjadi suatu hal yang mutlak,” demikian hal ini mengemuka dalam diskusi panel dengan “Efficient Building for a Cooler Planet”. Diskusi ini merupakan rangkaian kegiatan bertajuk, “Innovation Summit 2017” yang diselenggarakan oleh Schneider Electric, sebuah perusahaan global spesialis di bidang manajemen energi dan automasi, di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (5/4/2017) lalu.

Tema diskusi ini dipandang perlu untuk mengangkat urgensi yang sangat tinggi bagi sektor bangunan untuk merealisasikan langkah-langkah efisiensi energi yang juga ramah lingkungan.

Urgensi ini tercermin dalam draft Rencana Induk Konservasi Energi Nasional (RIKEN) dari Direktorat Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (2014) yang menargetkan tercapainya target efisiensi energi sebesar 10 – 30% untuk bangunan komersil, dan 15 – 30% untuk bangunan residensial di tahun 2025 nanti.

Selain itu, sektor bangunan juga tercatat menghasilkan 40% dari total emisi greenhouse gas (GHG). Fakta-fakta ini semakin mempertegas urgensi yang sangat tinggi bagi sektor bangunan untuk merealisasikan langkah-langkah efisiensi energi sambil terus berfokus pada dunia yang berkelanjutan.

Diskusi dalam sesi ini juga ingin mengedepankan begitu banyak potensi yang mampu menjadikan bangunan menjadi lebih efisien dari segi pengonsumsian energi maupun pengoperasiannya. Selain itu, juga lebih aman dari berbagai potensi bencana listrik, lebih terkoneksi di tengah era Internet of Things (IoT), serta lebih berkelanjutan dengan emisi karbon yang lebih rendah, dan lebih dapat diandalkan dengan sistem manajemen gedung yang terintegrasi.

Diskusi ini menghadirkan para pakar di bidang pengelolaan energi dari berbagai latar belakang, seperti Agus S. selaku Konsultan Pengelolaan Energi, Ir. Rana Yusuf Nasir selaku Co-Founder Green Building Council Indonesia, Edgar Alcazar selaku Chief Tech Advisor Sinarmas Land, Sugwantono Tanto selaku Direktur PT Ciputra Property Tbk, dan Jean-Baptiste Hazard selaku Vice President EcoBuildings at Schneider Electric.

EcoStruxure

Di tengah diskusi, Schneider Electric memperkenalkan solusi EcoStruxure™ dengan tiga platform digital yang mampu mentransformasi performa sebuah bangunan. Ketiga produk tersebut, yaitu Wiser yang merupakan Connected Platform untuk sektor residensial. Kemudian SmartStruxure™, untuk sistem pengelolaan bangunan, serta PowerStruxure™ untuk sistem pengelolaan daya listrik.

SmartStruxure™ adalah platform untuk sistem pengelolaan bangunan berbasis Internet Protocol (IP) yang memanfaatkan Building Internet of Things (BIoT) untuk bangunan masa depan, mulai dari bangunan kecil hingga menengah, sampai ke bangunan yang besar dan berfungsi kritikal.

SmartStruxure™ memungkinkan analisa data dari penggunaan listrik, sistem lighting, HVAC, sistem keamanan, kontrol akses, dan distribusi listik. Solusi ini memberikan informasi bangunan yang terintegrasi, data real-time melalui akses web, grafik yang jelas, visualisasi tren, pelaporan berkala hingga pengontrolan melalui aplikasi mobile.

Pada akhirnya, platform intelijen SmartStruxure™ yang terintegrasi akan memberikan data analitik bangunan yang dapat membantu pengelola gedung untuk mengurangi konsumsi energi dan memperbaiki efisiensi dari pengoperasian sebuah bangunan.

Sementara PowerStruxure™ adalah sistem pengelolaan listrik yang terintegrasi secara seamless untuk memberikan definisi baru pada distribusi listrik sehingga para pengelola bangunan dapat mempertahankan kesiagaan listrik pada sebuah bangunan sambil menemukan peluang-peluang baru untuk menghemat energi. [Pius]

Website | + posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini