Beranda Berita Properti Didukung Teknologi AI, Samsung Pamerkan Peralatan Dapur Canggih pada CES 2024

Didukung Teknologi AI, Samsung Pamerkan Peralatan Dapur Canggih pada CES 2024

0
Dapur dengan Bespoke 4-Door Flex™ Refrigerator dengan AI Family Hub™+
Dapur dengan Bespoke 4-Door Flex™ Refrigerator dengan AI Family Hub™+

Propertyandthecity, SEOUL Dengan didukukung kecerdasan buatan (AI) dan konektivitas SmartThings, Samsung Electronics Co, Ltd pada CES® 2024 memperkenalkan produk, aplikasi, dan fitur dapur terbaru Samsung yang canggih. Suguhan ekosisitem ini memberikan pengalaman baru dalam mengola makanan dan bekerja di dapur yang lebih baik.

Adapun produk dan fitur-fitur penting itu mencakup Bespoke 4-Door Flex™ Refrigerator dengan AI Family Hub™+ 2024 – yang merupakan kulkas dengan fitur Internet of Things (IoT) pertama di industri yang diluncurkan pada tahun 2016 – yang dilengkapi dengan fitur AI Vision Inside yang serba baru, Anyplace Induction Cooktop, serta penyempurnaan layanan Samsung Food.

“Kami bangga sekaligus senang dapat memamerkan fitur AI dan konektivitas yang telah dipercanggih ini. Dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru untuk membantu siapapun meningkatkan pengalaman makanan dan dapur mereka ke level yang lebih tinggi,” ujar Mayung Lee, EVP and Head of the Customer eXperience Team of the Digital Appliances Business at Samsung Electronics dalam keterangan resminya yang diterima redaksi propertyandthecity.com, Jakarta, (03/01/2024).

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan berbagai manfaat dari ekosistem makanan inovatif kami di berbagai perangkat dan fitur,” ujarnya lebih lanjut.

Fitur AI untuk Ide Mengolah Makanan

Untuk meningkatkan pengalaman di dapur, Bespoke 4-Door Flex™ Refrigerator dengan AI Family Hub™+ dikemas dengan berbagai teknologi inovatif. Salah satu fitur baru yang mengesankan adalah AI Vision Inside, yang menggunakan kamera internal pintar untuk mengenali barang yang dimasukkan dan dikeluarkan dari kulkas.

Produk ini dilengkapi dengan teknologi ‘Vision AI’, yang dapat mengidentifikasi hingga 33 jenis makanan segar berdasarkan kumpulan data pelatihan yang sudah ditetapkan, meliputi sekitar satu juta foto makanan. Pendeteksian dan identifikasi bahan makanan didasarkan pada model pembelajaran mendalam. Model pembelajaran ini terus dipeprbaharui dari waktu ke waktu untuk meningkatkan keakuratannya.

Dengan daftar makanan yang tersedia dan dapat diedit di layar Family Hub™+, pengguna juga dapat menambahkan informasi tanggal kedaluwarsa secara manual untuk barang-barang yang ingin mereka pantau, dan lemari es ini akan mengirimkan peringatan melalui layar LCD 32 inci untuk barang-barang yang akan kedaluwarsa sebelum waktunya.

Gambar dari list makanan yang dihasilkan oleh AI Vision Inside pada Family Hub™+
Gambar dari list makanan yang dihasilkan oleh AI Vision Inside pada Family Hub™+

Selain itu, dengan bantuan fitur Fridge Manager, yang memantau status filter air di dalam kulkas dan menginformasikan kapan filter harus diganti, layar Family HubTM+ memungkinkan pembelian filter air baru dengan cepat dan sekali klik dari Amazon (layanan khusus di US).

Kegunaan layar ini tidak berhenti sampai di situ. Anyplace Induction Cooktop dan Slide-in Range terbaru dari Samsung memiliki layar LCD 7 inci di mana pengguna dapat menelusuri resep yang telah dipilih dan disimpan dari Family HubTM+ untuk membantu menyiapkan makanan.

Anyplace Induction yang baru juga meningkatkan fungsi memasak dasar termasuk pemanasan panci dan wajan yang efektif dan tanpa batas di bagian mana pun dari kompor tersebut, berkat teknologi koil lembaran induksi Samsung.

Selain itu, dengan menggunakan Anti-Scratch Glass sebagai pengganti kaca keramik standar, pengguna tidak perlu khawatir akan menggores permukaan induksi saat memindahkan peralatan masak.

Aplikasi Samsung Food – yang kini dapat diakses di Family Hub™+, Anyplace Induction Cooktop, dan Slide-in Range, juga menghadirkan beberapa fitur AI yang telah disempurnakan. Fitur ‘Personalize’ yang didukung oleh Food AI yang telah disempurnakan membantu pengguna untuk menyesuaikan resep yang sesuai dengan kebutuhan diet mereka di luar yang sebelumnya tersedia – vegan, fusion – untuk mengakomodasi diet bebas gluten, pescatarian, bebas-susu, dan diet lainnya.

Baca juga: Terapkan Konsep Ramah Lingkungan, GIIC Kota Deltamas Diakui Dunia Internasional

Sementara itu, fitur baru ‘Image-to-Recipe’ (layanan langganan berbayar Samsung Food+) dengan Vision AI yang canggih kini dapat mengenali makanan dan berbagai bahan makanan dari foto dan mengeksplorasi hidangan yang dapat dibuat dengan bahan-bahan tersebut.

Terakhir, Tailored Meal Plan menganalisis informasi pengguna dengan menghubungkan ke profil Samsung Health (layanan tersedia atas persetujuan pengguna) mereka untuk membuat makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka.

Peralatan dan Fitur Terkoneksi dengan AI untuk Dapur yang Lebih Baik Setiap Hari

Dengan Bespoke 4-Door Flex™ Refrigerator yang dilengkapi dengan AI Family Hub™+ sebagai pusatnya, ekosistem makanan terkait erat dengan fitur-fitur AI pada produk dapur dan layanan Samsung Food saling terhubung dan menunjang satu sama lain, sehingga pengguna bisa lebih relate dengan dengan persediaan makanan mereka sepanjang hari dan memberikan pengalaman dapur yang pintar dan terkoneksi.

Samsung Food juga terhubung dengan Samsung Health (tersedia setelah kuartal 1 tahun 2024) untuk memberikan manfaat bagi kehidupan pengguna. Layanan ini menggunakan informasi kesehatan yang dikumpulkan dari Samsung Health untuk menyarankan resep yang sehat dan sesuai. Setelah itu, pengguna dapat mengirimkan instruksi memasak untuk resep tersebut ke berbagai peralatan dapur mereka hanya dengan beberapa kali menekan tombol.

Kemudian ada Tap View (Akan tersedia setelah kuartal 2 tahun 2024. Hanya model yang berlaku) yang menawarkan kenyamanan yang lebih baik dengan memungkinkan pengguna untuk mirroring tampilan smartphone Galaxy mereka ke layar Family Hub™+ dengan mudah.

Selain itu, pengguna juga dapat menikmati aplikasi YouTube dan TikTok (Tersedia setelah kuartal 2 tahun 2024 melalui pembaharuan software) di layar kulkas untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan hiburan.

Semua kemajuan ini dibangun untuk mencapai tujuan yang lebih besar dari Samsung dalam memperluas ekosistem makanan berbasis AI yang terhubung tanpa batas, dengan fokus utama untuk memberikan pengalaman dapur yang unggul kepada pengguna dengan mudah. (*)

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini