Beranda Berita Properti Dicari, Karya Arsitektur dan Desain Tata Udara Terbaik di Indonesia

Dicari, Karya Arsitektur dan Desain Tata Udara Terbaik di Indonesia

0

PropertyandTheCity.com, Jakarta – Produsen AC Daikin, PT Daikin Ariconditioning Indonesia,  mengumumkan ajang Daikin Proshop Designer Awards 2024, kompetisi desain nasional yang memberikan penghargaan kepada para profesional dan mahasiswa arsitektur dan desain interior berbakat untuk terus menciptakan inovasi dalam industri perumahan dan properti komersial.

Ini adalah kompetisi Daikin Proshop Designer Awards keempat kalinya yang diselenggarakan di Indonesia sejak 2020, persis bertepatan dengan perayaan 50 tahun kehadiran DAIKIN di Indonesia. Memplot tema “Expression”, kompetisi ini adalah platform untuk menampilkan karya dalam bidang desain ruang ideal dan inovasi tata udara.

“Kami menggelar kompetisi ini untuk menampilkan bakat-bakat terbaik dalam desain dan inovasi serta menyediakan platform bagi para arsitek dan desainer berbakat agar mereka bisa menampilkan karya dan proyek-proyek yang luar biasa,” ujar Shinji Miyata, Presiden Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia.

Kompetisi melibatkan desainer dan arsitek ternama sebagai juri, yakni Tan Tik Lam dan Alex Bayusaputro. Turut pula dalam panel juri ini, Daniel Mananta sebagai salah satu selebriti Indonesia yang memiliki kecintaan terhadap arsitektur dan desain berkelanjutan. 

Seluruh juri akan memilih proyek yang paling menonjol. Pengumpulan karya dibuka sejak 18 Mei hingga 31 Agustus 2024. Para pemenang akan diumumkan dalam acara pemberian penghargaan pada bulan November 2024. Kompetisi terbuka untuk mahasiswa dan arsitek perorangan dan proyek, desainer yang ingin membuat perubahan besar dan inovatif di dunia desain Asia Pasifik.

“Penekanan penilaian ada pada karya yang menonjolkan desain layak huni dan sehat, jadi desainnya harus betul dulu lalu didukung penggunaan AC dan lain-lain,” tutur salah satu juri dan arsitek kenamaan Tan Tik Lam menjawab PropertyandTheCity.com, dalam Media Briefing Daikin Proshop Designer Awards 2024 di Shangri-La Hotel, Jumat (17/5/2024).

Selaju dengan keberadaan AC Home Central DAIKIN yang menjadi produk utama DAIKIN Proshop, maka kategori perlombaan dikerucutkan menjadi dua, yaitu hunian dan bangunan usaha seperti kafe dan restoran. Selain itu dilansir kategori desain konseptual, dimana peserta ditantang untuk mendesain hunian atau ruang usaha di lahan seluas 1000 m2. 

“Memberi peluang besar bagi tiap peserta untuk melampaui batasan dalam mengekspresikan ide sebuah ruang ideal dengan kolaborasi pada sisi estetika dan teknologi DAIKIN dalam tata udara,” ungkap Miyata. 

Kompetisi ini mendapat dukungan penuh dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta. 

Presenter kondang Daniel Mananta mengaku bangga dapat turut terlibat menjadi juri kompetisi tahunan yang digelar Daikin ini.

Pengalaman pribadi terkait upaya efisiensi energi di rumah dalam penggunaan perabot elektronik? Apa yang sudah dilakukan. Menurutnya, penggunaan AC dalam keseharian tidak jadi soal apabila bijak dalam menggunakannya, termasuk memilih produk AC yang efisien dan hemat energi.

“Saya tinggal di apartemen yang desain ruangannya tidak banyak menggunakan listrik. Beberapa kali meeting di balkon apartemen, udaranya enak. Saya tipikal kalau pakai AC itu harus efisien mengingat tinggal di Jakarta itu punya kekhawatiran besar terhadap polusi dan efek gas rumah kaca. Daikin menjadi salah satu solusi atas problem tersebut karena teknologi hemat energinya sudah terbukti. Sebab itu, keterlibatan saya sebagai juri di Daikin Proshop Designer Awards 2024 adalah untuk mensosialisasikan tata udara yang benar dan baik kepada para arsitek generasi berikutnya, supaya mereka punya tanggung jawab terkait kekhawatiran kita terhadap kondisi bumi di masa mendatang. This is the best opportunity, harapannya cucu kita kelak bisa menikmati Indonesia lebih baik,” papar panjang Daniel, menutup pembicaraan.

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini