Beranda Berita Properti Memperingati Hari Listrik Nasional Ke-78, Enlit Asia Resmi Gelar Pameran Energi Terbesar...

Memperingati Hari Listrik Nasional Ke-78, Enlit Asia Resmi Gelar Pameran Energi Terbesar di Indonesia

Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 – Enlit Asia 2023 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, pada 14-16 November 2023 untuk menunjukkan dukungan, solusi, serta berkolaborasi dalam upaya mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission 2060.

13
0
Peresmian dan pembukaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 – Enlit Asia 2023 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, pada 14-16 November 2023.
Peresmian dan pembukaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 – Enlit Asia 2023 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, pada 14-16 November 2023. (Dok. Enlit Asia 2023)

Jakarta, Propertyandthecity.com – Komitmen pemerintah untuk mendorong transisi energi dan menetapkan target Net Zero Emission pada 2060 terus ditingkatkan. Transisi energi ini juga menjadi komitmen pemerintah untuk memperluas akses terhadap teknologi yang terjangkau dan bersih sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi berkelanjutan dan lebih hijau. Para pemangku kepentingan di sektor energi berkumpul dalam pameran energi terbesar di Indonesia dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 – Enlit Asia 2023 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, pada 14-16 November 2023 untuk menunjukkan dukungan, solusi, serta berkolaborasi dalam upaya mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission 2060.

Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nezar Patria, Dirjen Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Yudo Dwinanda Priadi, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman Hutajulu, Ketua Dewan Pengawas MKI sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero), Bapak Darmawan Prasojo, CEO of Clarion Events Asia, Richard Ireland dan Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), Evy Haryadi, Sekretaris Jenderal MKI  & Ketua Pelaksana HLN78, Arsyadany G. Akmalaputri.

Dalam rangkaian acara pembukaan hari ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh:

  • PT PLN Persero dan China Southern Power Grid International (HK) Co Limited
  • PT PLN Persero dan Hitachi Sakti Energy Indonesia
  • PT PLN Persero dan Electricite De France
  • PT PLN Persero dan GE Vernova
  • PT PLN Persero dan Danish Energy Agency
  • PT PLN Persero dan Huawei

Ketua Dewan Pengawas MKI sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mengatakan, “Saat ini kita menghadapi tantangan baik dari sisi kebijakan, strategi, inovasi teknologi, hingga risiko investasi. Di sini kita tidak hanya mengidentifikasi tantangan namun juga bersama-sama menjawab tantangan perubahan iklim dengan berbagai cara. Ini adalah tantangan global yang harus dihadapi bersama dengan demikian kita bisa mengatasi hal itu dengan berkumpul pada acara hari ini. Hari ini ada event yang sangat luar biasa yaitu Enlit Asia 2023 bekerja sama dengan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia yang menyelenggarakan pameran hingga CEO dialogue untuk saling berbagi peran dalam menghadapi perubahan iklim ini. Kita yang tadinya terfragmentasi menjadi bersatu dan kompak  berkolaborasi dalam hal strategi, teknologi, dan investasi bersama-sama sehingga tantangan yang kita hadapi dalam perubahan iklim ini bisa kita selesaikan satu persatu. Ini adalah salah satu event yang luar biasa dengan antusiasme dari para peserta dan terlihat dari berbagai CEO yang hadir dari seluruh dunia. Kita semua akan berbagi ide dan inovasi untuk bersama-sama mendinginkan bumi.”

Dalam sambutan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yang diwaikili oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman Hutajulu disebutkan bahwa untuk mencapai target NZE tersebut pemerintah telah menetapkan beberapa program pengembangan energi terbarukan sebagai strategi jangka Panjang ketenagalistrikan nasional, yang tercantum dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN). Acara Enlit Asia 2023 bersamaan dengan Hari Listrik Nasional ke-78, merupakan wujud dari semangat bersinergi dan dedikasi untuk keberhasilan transformasi sektor ketenagalistrikan mencapai target transisi energi menuju NZE.

CEO of Clarion Events Asia Richard Ireland mengatakan, “Enlit Asia 2023 tidak hanya sekedar acara energi di tingkat regional. Acara ini merupakan tempat berkumpulnya para pelaku industri energi dan kelistrikan dalam satu wadah dan mencari solusi inovatif bersama dalam rangka mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission. Enlit Asia 2023 memberikan kesempatan bagi para ekshibitor dan pengunjung untuk melakukan networking dan membahas isu-isu terbaru terkait energi. Ada lebih dari 200 pembicara yang terlibat dalam rangkaian acara. Setidaknya lebih dari 12.000 pengunjung akan hadir dalam tiga hari pameran Enlit Asia 2023. Kami berharap acara yang berlangsung pada 14 hingga 15 November 2023 di ICE BSD ini dapat menjadi momen untuk menyatukan suara antar pemangku kepentingan sehingga target transisi energi dan Net Zero Emission dapat dikejar.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini