Beranda Berita Properti Consumer Choice Awards, Bangkitnya Properti Ditahun Ayam Api

Consumer Choice Awards, Bangkitnya Properti Ditahun Ayam Api

0

Situs properti Rumah123.com kembali menggelar acara Consumer Choice Awards (CCA) 2016, setelah sukses pada CCA 2015 lalu. CCA diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi untuk para developer properti Indonesia, sekaligus juga menjadi refrensi bagi konsumen dalam mencari properti. Acara tahunan kedua yang digelar di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (26/1/2017) malam tersebut juga sebagai pertanda kembali bangkitnya iklim properti tanah air.

Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung mengatakan, CCA 2016 digelar bersamaan dengan optimisme tahun 2017 yang penuh dengan pengharapan akan sektor properti.

[Baca: Rebound Properti di Tahun Ayam?]

“Bukan asal berharap, tren rebound ini sudah mulai terlihat jelang akhir 2016. Dalam data yang diolah Business Intelligent Rumah123, tercatat adanya growth yang sangat baik dari sisi penjualan properti sesuai data kami. Total pertumbuhan penjualan pada 2016 naik mencapai 180 persen dibanding 2015,” ujar Untung kepada media, jelang acara tersebut.

Menurut data yang sama, lanjut Untung, terlihat pula adanya kenaikan nilai penjualan yang mencengangkan pada unit landed house. Kenaikan tersebut, lanjut Untung, nyaris menyentuh 200 persen, tepatnya 192 persen. Pertumbuhan minat konsumen terhadap rumah jangkung atau apartemen juga tak kalah pesat. Penjualan apartemen tumbuh mencapai 178 persen.

Tren peningkatan penjualan, lanjut Untung, terjadi mulai semester II-2016. “Dan itu terus meningkat pada bulan-bulan akhir 2017, sekitar jelang akhir tahun, di mana tertinggi terjadi pada Oktober 2016,” katanya menambahkan.

Tak hanya penjualan, Rumah123 juga mencatatkan pertumbuhan proyek. Banyak developer besar melanjutkan yang sempat tertunda, atau bahkan membangun proyek-proyek baru. Tak sedikit dari developer-developer tersebut juga kembali menggiatkan iklannya di situs no.1 di Indonesia ini.

136 Kategori

Dalam acara CCA tersebut, dibagikan sebanyak 136 penghargaan, baik kepada developer di wilayah Jabodetabek, maupun kota-kota besar lainnya, termasuk perbankan yang terlibat aktif dalam mendukung pengembangan properti Indonesia.

[Baca: Gelar Consumer Choice Awards, Rumah123.com Unsung Konsep Berbeda]

CCA tahun kedua sedikit berbeda dengan 2015 lalu. Menurut Untung, selain menggandeng pihak-pihak dengan kredibilitas tinggi, seperti MARS, Majalah SWA, dan Kompas.com, pemenang juga tak lagi ditentukan oleh juri, melainkan konsumen.

“Tahun 2015 lalu kita masih menggunakan juri, meski dari kalangan non properti. Tapi tahun ini, konsumenlah yang menentukan para pemenangnya, karena justru merekalah yang tahu properti seperti apa yang lebih layak,” jelas Untung.

Periode penilain CCA dilakukan sepanjang tahun 2016 yang dimulai April 2016, bertepatan dengan event besar Rumah123.com, yakni Festival Properti Indonesia. Total visitor selama proses penilaian tersebut sebanyak 22.374.000. CCA kali ini juga akan menambah jumlah kategori pemenang, menjadi 136 kategori dari 92 tahun lalu. Sementara metode yang digunakan dalam survei tersebut, yakni digital consumer behavior, yang merupakan metode yang menggunakan data aktual non-survei ketertarikan konsumen terhadap lebih dari 300 proyek di Indonesia.

“Hasil digital consumer behavior dianggap cukup mempresentasikan perilaku konsumen Indonesia dengan penetrasi akses internet, menurut Asosiasi Penyedia Jasa Internet (APJI), sudah mencapai 51,8%. Dengan metode ini juga keunggulan data lebih valid,” kata Untung.

Beberapa data yang cukup mengejutkan dalam CCA kali ini, lanjut Untung, ternyata nama besar pengembang tidak lagi punya pengaruh besar terhadap proses survei ini. “ Dari data kami, sekitar 40% berasal dari pengembang besar, sisanya justru dari pengembang kecil ataupun yang baru,” tegasnya. [pio]

Website | + posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini