CERITA DI TIMUR JAKARTA MASIH PANJANG

0
122

Apa yang mendorong cepat pulihnya properti di timur Jakarta?

Jumlah pengembang di timur Jakarta lebih banyak dibandingkan di barat dan selatan. Harga properti di timur Jakarta juga masih under price jika dibandingkan dengan daerah lain, terutama di barat Jakarta. Artinya, kemungkinan kembalinya timur Jakarta pasca covid-19 bisa lebih cepat. Ditambah lagi saat ini banyak pembangunan infastruktur yang mengarah ke timur Jakarta. Itu sebabnya, kita tidak kaget ketika membuat webinar bersama REI, REI mengatakan sekitar 47 persen total supply residensial berada di timur Jakarta. Artinya, daerah timur Jakarta adalah wilayah yang paling cepat pulih.

Baca juga, Modernland Cilejit Dukung Pengembangan Hunian TOD

Ada beberapa infrastruktur yang penting yang sudah selesai tahun 2020 dan akan selesai, seperti Tol Jakarta-Cikampek elevated yang sudah selesai. Kalau dulu ke Cikarang bisa 2-3 jam karena ada kontruksi pembangunan infrastruktur tol, sekarang hanya 1 jam. Di tahun ini juga akan ada infrastuktur baru ring road JORR 2 Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Tanjung Periok juga akan selesai. Ini akan membantu tahun 2020 ini. Belum lagi LRT, MRT, Tol Cikampek Selatan. Pelabuhan Patimban, dryport, double track kereta api. Jadi masih banyak sekali.

Harga yang masih menarik di timur Jakarta, dan ini yang banyak dicari orang terutama kaum milenial. Basis perekonomian di timur Jakarta sendiri sudah kuat karena menjadi basis kawasan industri terbesar di Indonesia. Dan ini menjadi daya saing yang kuat. Daya saing terbaru ternyata di timur Jakarta itu punya jumlah pengembang, bahkan pengembang besar, mungkin yang terbaik di Indonesia. Ini disinergikan dalam konsorsium. Mudah-mudahan melalui pemasaran dan marketing yang bersinergi, akan mengulangi cerita sukses di barat Jakarta. Jadi, cerita di timur Jakarta masih panjang.

Cepat pulihnya juga apakah karena pengembang di timur Jakarta
lebih cepat beradaptasi dengan kondisi saat ini?

Ini menariknya, di timur Jakarta kebetulan kita sudah ambil ancangancang untuk bersama-sama membentuk konsorsium di timur Jakarta. Kita sudah terpikir untuk memakai momentum yaitu momentum pembangunan infastruktur besar-besaran dan terencana dengan baik ke timur Jakarta. Kita lebih siap dulu secara mental untuk kondisi seperti sekarang ini.

Di luar yang sudah disebutkan, apakah ada peran pemerintah untuk
membantu memasarkan timur Jakarta?

Peran pemerintah adalah mereka sangat tertarik dengan timur Jakarta. Faktanya ada ide Bekapur, ada ide segitiga Rebana. Tetapi semuanya ibaratnya masih terpetak-petak tidak singkron. Dari hasil webinar dengan REI dan jajaran pemerintah seperti PUPR kelihatan sekali antusias pemerintah, mereka sangat mengharapkan para developer di timur Jakarta bersatu. Kalau semua bisa bersatu maka pemerintah akan lebih mudah mensinergikan program-program mereka. Saya pikir perhatian pemerintah sudah cukup baik, mungkin bisa dibawa ke level yang lebih tinggi kalau sama-sama.

Ada rencana Bekapur, segitiga Rebana tetapi tidak jelas kelanjutannya. Apakah ini yang melatarbelangi terbentuknya Mapanesia?

Tidak seperti itu penyebabnya, mungkin ada salah satu tetapi itu bukan alasan utama. Sebetulnya semangat terbentuknya konsorsium ini dilakukan karena masing-masing developer merasakan penderitaan yang sama. Kita ada satu kesamaan semangat dimana kita rasakan timur Jakarta image-nya masih kurang baik. Dulu image kawasan industri di timur Jakarta terlalu kuat, kemudian image sebagai kawasan macet karena dulu infrastruktur di timur Jakarta ketinggalan.

Sekarang dengan adanya infrastruktur yang besar-besaran masuk ke timur Jakarta, kita para pengembang di timur Jakarta juga merasakan sinergi dan momentum. Mungkin cerita terbentuknya konsorsium itu kita memakai momentum ini untuk bersama-sama mempromosikan timur Jakarta.

Apa target terbentuknya Mapanesia ini?