Cara Instan Ubah Tampilan Interior

Terkadang Anda tak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk melakukan makeover. Cukup set ulang furnitur yang ada di ruangan dengan posisi berbeda.

0
76
ubah tampilan interior

Mengubah tampilan interior bisa dimulai dengan mengganti barang yang kecil.

Sudah bosan memandang lukisan yang sama di dinding ruang keluarga Anda? Atau mulai jenuh dengan kelir cat rumah
yang ternyata sudah dua-tiga tahun lebih masih itu-itu saja? Tidak perlu buru-buru membeli yang baru, mungkin Anda cukup mengganti bingkainya dengan warna lain atau bentuk yang berbeda. Proses makeover atau pembenahan ulang memang dibutuhkan untuk mengubah suasana ruang menjadi lebih segar. Anda bisa melakukan makeover mulai dari mengganti satu benda kecil saja atau mengubah konsep ruang secara keseluruhan.

Baca juga, Sinar Mas Land Raih Penghargaan Subroto di Bidang Efisiensi Energi 2021

“Item barang yang paling berpengaruh dalam mengubah konsep ruang adalah soft furnishingnya. Contoh, kita mau menghadirkan visual
perpaduan kota dan nature di kamar. Pilihan warna dan pattern bantalnya juga harus berunsur nature dengan warna vibrant berpadu motif geometris simpel yang disertai warna monokrom di karpet,” kata Yuni Jie, Desainer Interior Jie Design di Jakarta.

Tidak hanya penggantian, penambahan produk seperti lampu meja, bantal kursi, karpet, dan rak serbaguna juga bisa menunjang terbentuknya konsep baru dalam ruangan. “Yang terpenting desain itu harus sesuatu yang jujur, alami, nggak pura-pura dan nggak maksa. Kita bisa menerapkan insipirasi desain dari apapun selama hasil desain tersebut membuat pikiran kita lebih fresh,” tuturnya.

Tips berikut bisa Anda coba untuk memulai reka ulang tampilan rumah secara instan.

Ganti Soft Furnishing

Soft Furnishing

Sarung bantal, kain pelapis kursi atau sofa, tirai, seprai, taplak meja, dan karpet termasuk dalam kategori soft furnishing. Paling mudah dan cepat Anda bisa mengganti tema motif atau warna sarung bantal di rumah secara berkala untuk menghasilkan tampilan ruang yang baru. Kombinasikan dengan taplak meja senada jika diperlukan.

Untuk jangka menengah, tukar karpet lama dan tirai dengan warna atau motif yang lebih trendi. Ganti kain pelapis sofa dalam jangka panjang dengan warna-warna netral agar mudah dikombinasikan atau pilih warna vibrant sebagai aksen ruang. Jika Anda melakukan penggantian soft furnishing, selalu pertimbangkan keserasian antara berbagai unsur yang tampil bersamaan.

Cat Ulang

cat ulang

Lakukan pengecatan ulang pada dinding interior yang sudah mulai kusam dengan cat baru untuk menghadirkan nuansa berbeda. Salah satu sisi dinding bisa juga divariasikan dengan wall décor atau wall paper sebagai aksentuasi.

Filter Aksesoris

Filter Aksesoris

Ruangan bisa terlihat membosankan tanpa aksesoris, tapi bisa juga terkesan berantakan jika terlalu banyak. Lakukan penyortiran terhadap koleksi aksesoris dalam ruangan, kurangi jika terasa memenuhi tempat. Isi dinding yang kosong dengan artwork atau lukisan dalam bingkai simpel untuk membentuk focal point ruang. Tambahkan lampu meja dengan kap menarik di sudut ruang tamu atau di atas nakas di sisi tempat tidur untuk mempercantik.

Tukar Tempat

Tukar Tempat

Terkadang Anda tak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk melakukan makeover. Cukup set ulang furnitur yang ada di ruangan dengan posisi berbeda. Proses tukar tempat furnitur sebaiknya selalu mempertimbangkan jalur sirkulasi dan kenyamanan gerak orang.

Plot Tanaman

Plot Tanaman

Masukkan satu pot tanaman hidup ke sudut ruang interior dan dapatkan sensasi warna hijau yang menyegarkan. Unsur natural tidak
saja menyehatkan, tetapi juga mampu mengubah suasana. ● [Andrian Saputri]