Beranda Berita Properti Bukan Sekadar Kemana-Mana Gampang, Sewa Apartemen Penting Perhatikan Hal Ini

Bukan Sekadar Kemana-Mana Gampang, Sewa Apartemen Penting Perhatikan Hal Ini

0

PropertyandtheCity.com, Jakarta -Apartemen telah menjadi hunian yang sedang trend di kalangan masyarakat menengah atas di Indonesia. Meski demikian, tidak semua apartemen mereka beli. Banyak diantara mereka yang menyewa apartemen untuk memenuhi kebutuhan agar dekat dengan tempat pekerjaan atau dekat dengan kampus untuk menempuh pendidikan.

Untuk mencari hunian yang nyaman, praktis, dan sesuai dengan kebutuhan, maka solusi terbaik adalah dengan sewa apartemen bulanan menjadi pilihan yang menarik. Dengan sistem pembayaran sewa bulanan, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar jika dibandingkan membeli atau sewa tahunan.

Dengan sewa secara bulanan maka kamu lebih fleksibel jika terjadi perubahan kebutuhan atau ketidaknyamanan dalam lingkungan. Namun, memilih apartemen yang tepat dengan sistem pembayaran sewa bulanan bukanlah hal yang mudah. Untuk memudahkan kamu mencari apartemen untuk di sewa kamu bisa mengunjungi Pinhome yang memberikan banyak pilihan apartemen dan pastinya memiliki keamanan dan kenyamanan yang menjadi prioritas.

Untuk memilih apartemen sewa bulanan maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membayar yuang sewa, berikut beberapa tips dan panduan untuk memilih apartemen sewa bulanan yang sesuai dengan kebutuhan kamu, diantaranya adalah:

1. Menetapkan Anggaran yang Tepat

Anggaran adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih apartemen sewa bulanan. Selain biaya sewa, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya kehidupan lainnya seperti utilitas, transportasi, dan makanan. Tentukan anggaran yang realistis berdasarkan pendapatan kamu dan pastikan tidak melebihi batas kemampuan finansial.

Jangan lupa untuk menghitung dengan cermat seluruh biaya yang dikenakan selain dari biaya sewa seperti uang kebersihan, keamanan, dan fasilitas lainnya, hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami kesulitan keuangan di kemudian hari.

2. Lokasi yang Strategis

Saat memilih apartemen sewa bulanan, perhatikan juga lokasinya. Pilihlah apartemen yang memiliki aksesibilitas yang baik ke tempat-tempat penting seperti tempat kerja, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Lokasi yang strategis akan memudahkan mobilitas kamu  dan menghemat waktu serta biaya transportasi.

Selain itu, perhatikan juga keamanan lingkungan sekitar apartemen tersebut. Karena keamanan menjadi poin yang sangat penting untuk sebuah hunian, apalagi jika kamu tinggal bersama keluarga.

3. Fasilitas yang Tersedia

Sebelum memutuskan untuk menyewa apartemen bulanan, periksa fasilitas yang disediakan oleh apartemen tersebut. Beberapa fasilitas yang umumnya ditawarkan adalah tempat parkir, kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain, dan keamanan 24 jam.

Pastikan fasilitas-fasilitas ini sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi fasilitas tersebut agar dapat digunakan dengan nyaman.

4. Survei Lokasi dan Kondisi Unit

Sebelum mengambil keputusan, lakukan survei langsung ke lokasi apartemen yang akan disewa. Periksa kondisi bangunan, ruang unit apartemen, dan fasilitas yang ada. Pastikan semuanya sesuai dengan yang dijanjikan dan tidak ada kerusakan atau masalah yang perlu diperhatikan.

Survei langsung akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apartemen tersebut dan membantu kamu membuat keputusan yang tepat.

5. Peraturan dan Kebijakan Apartemen

Setiap apartemen memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda. Sebelum menyewa, pastikan kamu memahami dengan baik peraturan yang berlaku di apartemen tersebut. Perhatikan aturan tentang hewan peliharaan, larangan merokok, jam malam, dan kebijakan lainnya yang mungkin mempengaruhi kenyamanan kamu selama tinggal di apartemen.

Pastikan kamu siap mematuhi peraturan tersebut sebelum menyewa apartemen.

6. Cek Legalitas dan Reputasi Pengembang

Cek legalitas dan reputasi pengembang apartemen adalah langkah penting dalam memilih apartemen sewa bulanan yang tepat. Pastikan pengembang apartemen memiliki izin dan surat-surat legalitas yang lengkap. Selain itu, cari tahu juga reputasi pengembang tersebut melalui penelitian online dan ulasan dari penghuni sebelumnya.

Pengembang yang memiliki reputasi baik akan memberikan jaminan kualitas dan pelayanan yang baik kepada penyewa.

7. Kesepakatan Tertulis

Sebelum menandatangani kontrak sewa, pastikan kamu memiliki kesepakatan tertulis dengan pemilik apartemen. Kesepakatan tertulis akan melindungi hak-hak kamu sebagai penyewa dan memberikan kejelasan mengenai kewajiban dan tanggung jawab kedua belah pihak. Bacalah dengan teliti semua ketentuan dalam kesepakatan tersebut sebelum menandatanganinya.

8. Kebijakan Pembatalan dan Perpanjangan Kontrak

Perhatikan juga kebijakan pembatalan dan perpanjangan kontrak sewa apartemen. Pastikan kamu memahami ketentuan-ketentuan ini sebelum menyewa. Beberapa apartemen mungkin memiliki persyaratan khusus untuk pembatalan kontrak sebelum waktu yang ditentukan, sedangkan yang lain mungkin memiliki kebijakan perpanjangan kontrak yang ketat.

Pastikan kamu memahami dan setuju dengan kebijakan ini sebelum melakukan transaksi sewa. Hal ini sangat penting, jangan sampai kamu melanggar peraturan yang ada, dikarenakan kamu tidak membaca kebijakan secara cermat.

9. Tinjau Ulang Kontrak Sewa

Setelah setuju dengan semua ketentuan dan memilih apartemen yang tepat, tinjau kembali kontrak sewa dengan seksama sebelum menandatanganinya. Pastikan semua informasi dan ketentuan yang telah disepakati tercantum dengan jelas dan benar dalam kontrak.

Jika ada hal yang tidak kamu  pahami atau tidak sesuai dengan kesepakatan awal, jangan ragu untuk meminta klarifikasi atau melakukan negosiasi. Hal ini lebih baik, dari pada kamu asal tanda tangan dan berakibat merugikan diri sendiri.

10. Serahkan Dokumen dan Pembayaran

Setelah menandatangani kontrak sewa, serahkan dokumen-dokumen yang diminta oleh pemilik apartemen. Biasanya dokumen yang diminta adalah KTP, surat keterangan penghasilan, dan sebagainya. Selain itu, lakukan pembayaran pertama sesuai dengan kesepakatan pembayaran yang telah disepakati.

Pastikan kamu menjaga salinan dokumen-dokumen tersebut untuk keperluan administrasi dan sebagai bukti transaksi.

11. Perhatikan Masa Sewa

Periksa dengan cermat masa sewa yang tercantum dalam kontrak. Pastikan kamu memahami berapa lama akan menyewa apartemen tersebut. Jika kamu  berencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang lebih lama, pastikan kontrak sewa dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Jika kamu membutuhkan fleksibilitas, cari apartemen yang menawarkan kontrak sewa yang lebih pendek atau bulanan.

12. Jaga dan Penuhi Kewajiban sebagai Penyewa

Setelah menempati apartemen, jaga dan penuhi kewajiban kamu  sebagai penyewa. Patuhi peraturan apartemen, jaga kebersihan dan kerapihan unit apartemen, dan hindari tindakan yang merugikan pemilik atau penghuni lainnya. Jika ada masalah atau kerusakan dalam unit apartemen, segera laporkan kepada pemilik agar dapat segera ditangani.

Itulah beberapa tips dan panduan ketika kamu akan memilih sewa apartemen bulanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Pastikan kamu meneliti dengan cermat sebelum mengambil keputusan, agar bisa menikmati tinggal di apartemen dengan nyaman dan aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini