Beranda Travel and City ANDA HARUS MENGETAHUI INI SEBELUM BERLIBUR KE ISLANDIA

ANDA HARUS MENGETAHUI INI SEBELUM BERLIBUR KE ISLANDIA

2
0
Islandia

Jika ada negara yang pasti bisa merebut hati dan imajinasi para pelancong, itu pasti Islandia. Sebuah negara Nordik kecil di Samudera Atlantik
Utara, ini adalah sebuah pulau terisolasi yang penuh dengan pemandangan dramatis.

baca juga, Jalankan CSR Inovatif, Sinar Mas Land Borong 4 Penghargaan CSR Excellence Award 2024

Berlibur ke Islandia akan memperkenalkan Anda pada lebih banyak keajaiban alam daripada hampir setiap pulau kecil lain di planet ini. Di sini Anda akan menemukan pusat aktivitas gunung berapi, lahan lava, gletser, geiser, fjord hijau, dan bahkan makhlukmakhluk peri (ya, peri!). Tidak begitu lama yang lalu, Islandia masih relatif tidak dikenal oleh para pelancong umum. Tetapi kabar keindahan mistis pulau ini menyebar seperti api selama dekade terakhir, dan berbagai kegiatan menakjubkan di Islandia telah kokoh menjadi salah satu destinasi ekowisata paling populer di dunia.

Untungnya, meskipun perjalanan ke Islandia telah berkembang pesat, negara ini berhasil menghindari menjadi klise pariwisata massal. Negara ini menekankan untuk melestarikan dan melindungi lingkungan yang rapuh dan telah berhasil mencapai keseimbangan yang halus antara menjaga otentisitas lanskap liar dan belum tersentuh sambil tetap memudahkan akses bagi wisatawan.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Islandia, berikut adalah 30 hal yang harus Anda ketahui sebelum berangkat:

TEMPAT MENARIK DI ISLANDIA

1. Gunung Berapi
Posisi Islandia di antara dua lempeng tektonik berarti negara ini memiliki salah satu konsentrasi gunung berapi aktif tertinggi di dunia. Ada 30 sistem gunung berapi aktif di Islandia, dan rata-rata negara ini mengalami satu letusan setiap lima tahun. Sebagian besar waktu ini tidak berbahaya (mereka dikenal sebagai “Erupsi Wisatawan”), menawarkan kesempatan foto spektakuler sambil menyebabkan kerusakan minimal. Tetapi letusan Gunung Eyjafjallajökull pada tahun 2010 mengirimkan abu vulkanik melonjak di seluruh Eropa, yang mengganggu perjalanan udara di seluruh dunia. Gunung berapi paling populer untuk dikunjungi di Islandia termasuk Helka (yang telah meletus lebih dari selusin kali sejak zaman pemukiman Viking), Eyjafjallajökull, dan Öræfajökull (gunung tertinggi di Islandia). Ditutupi oleh gletser luas, Snæfell juga
merupakan gunung berapi yang harus dilihat: Ini menjadi terkenal di seluruh dunia setelah Jules Verne menggambarkannya dalam bukunya A Journey to the Center of the Earth.

2. Air Terjun
Dengan begitu banyak gunung yang dramatis dan curah hujan antara 20-80 inci setiap tahun (bagian Selatan lebih basah), keputusan terberat Anda akan menjadi mempersempit daftar air terjun Islandia terbaik yang akan dikunjungi. Islandia memiliki keberagaman air terjun yang besar,
menawarkan segalanya mulai dari air terjun glasial (yang merupakan hasil air leleh yang mengalir dari gletser) hingga yang merobek lewat jurang dan jatuh dramatis ke pantai pasir hitam. Beberapa air terjun paling mencolok di negara ini termasuk Dettifoss, yang merupakan air terjun terbesar dan paling kuat di Eropa. Ada juga Selfoss, air terjun berbentuk tapal kuda yang terletak di sungai glasial yang sama dengan Dettifoss, dan Godafoss, yang dijuluki “Air Terjun Para Dewa” (dinamai selama Islandia beralih ke Kekristenan). Svartifoss juga patut dicatat: Ini adalah air terjun yang sangat indah yang jatuh dari tebing dramatis dari kolom basalt hitam pekat.

3. Taman Nasional
Islandia memiliki tiga taman nasional, meskipun yang terbesar dari ketiganya sekarang terbentuk dari yang dulunya lima taman terpisah.
Taman Nasional Thingvellir memiliki sejarah terpanjang: Inilah tempat pertemuan Parlemen tertua di dunia pertama kali diadakan, dan karena itu diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman ini memiliki danau terbesar di Islandia, di mana Anda dapat snorkeling atau menyelam di antara dua lempeng tektonik yang mewakili pemisahan geografis Amerika Utara dan Eropa. Taman Nasional Snæfellsjökull adalah satu-satunya yang berada di sepanjang garis pantai di Islandia. Ini menawarkan berbagai lanskap sehingga Anda dapat menghabiskan waktu di pantai, mengunjungi gletser, dan masuk ke gua lava, semua dalam satu hari! Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Taman Nasional Vatnajökull adalah taman nasional terbesar di seluruh Eropa. Ini memberikan akses ke Hvannadalshnjúkur, gunung tertinggi di Islandia, dan berbagai air terjun, termasuk Dettifoss dan Svartifoss.

4. Kota & Kota Kecil di Islandia, Islandia tidak hanya tentang alam liar. Ada juga berbagai kota kecil yang menawan dan kota-kota lebih besar (meskipun Reykjavik dianggap kecil jika dibandingkan dengan sebagian besar ibu kota lain). Sebagian besar pelancong terbang ke Reykjavik, dan Anda sebaiknya menyisakan setidaknya dua hari untuk menjelajahi kota pantai yang berwarna-warni ini.

Akureyri adalah kota lain yang patut dicatat: Terletak di sisi lain negara dari Reykjavik, dikenal sebagai ibu kota Utara Islandia. Kota ini terletak di tengah-tengah sejumlah pegunungan yang indah dan merupakan basis utama negara untuk menonton ikan paus.

Hvammstangi adalah kota lain yang tidak boleh Anda lewatkan. Kota kecil dengan sekitar 580 penduduk ini merupakan berhenti menawan di sepanjang Jalan Cincin yang terkenal di dunia, dengan laut di satu sisi dan bukit yang indah di sisi lain.

Anda juga sebaiknya mencoba mengunjungi Hofn, sebuah kota kecil di tepi pantai dari mana Anda dapat mengunjungi laguna gletser yang cantik, Jökulsárlón; Vik, sebuah desa kecil yang menjadi rumah bagi pesawat terdampar terkenal di Islandia di pantai pasir hitam; dan Seyðisfjörður, dengan rumah tradisional yang indah mendukung sebuah fjord dramatis.

5. Menikmati Cahaya Utara, Cahaya Utara adalah salah satu alasan terbesar untuk mengunjungi Islandia pada musim dingin. Pada malam
yang cerah, Anda dapat melihatnya di sebagian besar wilayah negara ini mulai dari akhir September hingga awal April. Namun, penting untuk diingat bahwa, sebagai fenomena alam, melihatnya tidak pernah dijamin.

Berikan diri Anda setidaknya beberapa hari di negara ini jika Anda berencana untuk mengejar Cahaya Utara. Sebaiknya bergerak sejauh mungkin dari batas kota: Jumlah polusi cahaya yang minimal akan memungkinkan cahaya bersinar lebih jelas.

Taman Nasional Pingvellir terkenal karena menawarkan pemandangan spektakuler dari Cahaya Utara.

6. Melakukan Pendakian
Pendakian adalah salah satu cara terbaik untuk mendekat dan pribadi dengan lanskap alam Islandia yang dramatis.

Negara ini menawarkan berbagai jalur hiking, melalui ekosistem yang sangat beragam. Dengan jalur pendakian yang membawa Anda melalui lahan lava, lapangan es gletser, padang rumput, dan padang pasir hitam, pilihan medan hiking di sini sangat luas dan beragam.

Jalur pendakian yang sudah mapan di seluruh negara dapat berkisar dari beberapa jam hingga beberapa minggu, jadi penting untuk meneliti jalur mana yang ingin Anda tempuh. Yang paling populer termasuk jalur di Taman Nasional Jökulsárgljúfur, Skaftafell, dan jalur Laugavegur selama empat hari.

7. Mengelilingi Jalan Cincin
Road trip adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan keindahan alam Islandia, dan Anda dapat dengan mudah mengunjungi sebagian besar negara ini dengan mengikuti satu jalan.

Jalan Cincin sepanjang 1300 kilometer melingkupi seluruh negara, membawa Anda melewati semua tempat yang disebutkan di atas. Jalan Cincin akan menjadi rute utama Anda, tetapi ada banyak jalan sekunder yang bercabang dari jalan raya, menuju desa-desa lokal dan objek wisata yang patut dikunjungi sepanjang perjalanan.

8. Waspada Terhadap Makhluk Gaib!
Makhluk gaib adalah bagian besar dari lanskap budaya di Islandia, dan banyak penduduk setempat masih percaya pada keberadaan Huldufolk, atau makhluk tersembunyi. Kepercayaan akan keberadaan makhluk gaib memicu protes lingkungan hingga hari ini.

Baik itu membangun jalan umum atau rumah baru, jika konstruksi yang diusulkan memiliki potensi untuk mengganggu kehidupan makhluk gaib yang diyakini hidup di jalannya, hal itu kemungkinan besar akan memicu protes publik.

9. Berendam di Air Panas
Islandia dikaruniai berbagai mata air panas alami dan laguna geothermal, sehingga berendam di air panas merupakan bagian prominent dari budaya Islandia. Hampir setiap kota Islandia memiliki kolam renang geothermal outdoor, dengan hot tub, sauna, dan mungkin bahkan spa mewah di lokasi tersebut.

Blue Lagoon adalah situs geothermal paling terkenal dan mapan di negara ini. Tetapi jika Anda tidak ingin berendam bersama ratusan turis lainnya, pilihlah banyak mata air panas alami lain yang tersebar di seluruh pedesaan.

Etiket cukup ketat untuk berendam di mata air panas atau kolam renang umum Islandia, jadi sangat baik untuk membaca protokol air panas agar Anda tidak melanggar aturan.

10. Coba Aktivitas Petualangan Luar Ruangan
Didefinisikan oleh keindahan alamnya, Islandia adalah negara yang sempurna untuk menjelajahi olahraga petualangan luar ruangan. Ada berbagai pilihan, apakah Anda tertarik berkuda, berkendara salju, berjalan dengan sepatu salju, atau menjelajah dengan Super Jeep.

Meskipun olahraga petualangan dapat dinikmati di hampir semua negara saat ini, hanya ada sedikit tempat di dunia di mana Anda akan dikelilingi oleh pemandangan yang begitu spektakuler seperti di Islandia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini