Beranda Marketing Breaktrough AGILITY IS MUST!

AGILITY IS MUST!

10
0
Agilitas

Golden Property Awards telah menjadi referensi utama sekaligus pencapaian tertinggi para pelaku bisnis properti di Indonesia untuk melihat kualitas proyek dikembangkan.

baca juga, Ingin Punya Rumah Tapi Gaji UMR, Ini Pilihan Rumahnya

Tema Property: Mission Possible yang dipilih saat ini tidak terlepas dari kondisi pasar properti yang sempat terimbas akibat pandemi namun
tetap tumbuh luar biasa. Ke depan dengan ancaman resesi global membuat pasar properti menghadapi tantangan yang lebih besar lagi. Namun dibalik semua tantangan yang ada, akan membuat pasar properti lebih kuat dan tangguh.

The past is an illusion. You must learn to live in the present and accept yourself for what you are now. What you lack in flexibility and agility you must make up with knowledge and constant practice. – Bruce Lee

Adakah kisah pencapaian yang menarik dari perhelatan akbar Golden Property Awards 2023?

Bila kita diijinkan untuk membedah pencapaian salah satu developer peraih penjualan terhebat di Tahun 2023. Kita semua tahu penjualannya yang dibukukan sangat fantastis dan hanya dalam kurun waktu yang singkat, infonya hanya dalam waktu setengah tahun. Menjadi terlihat sangat luar biasa karena peta dan situasi kompetisinya di ruang yang sangat padat pesaing, dipenuhi dengan para pengembang besar dengan brand ternama di daerah tersebut.

Dan hebatnya pengembang tersebut mampu memanfaatkan situasi dan momentum untuk mendapatkan ceruk pasar yang cukup besar di sekitaran daerah tersebut. Walaupun lokasinya telihat seperti di tepian area dari para pengembang besar lainnya, apalagi ditambah para pengembang pesaing juga bersamaan sedang mengembangkan produk yang setara. Tidak menyurutkan pengembang ini berupaya untuk mendapatkan hasil pencapaian yang baik.

Wow! Melihat dan mendengarkan kisahnya yang mengagumkan, kita berapresiasi membanggakan atas segala pencapaiannya yang luar biasa. Sepertinya jadi membuat kita jadi penasaran, apa sih rahasianya?

Kalau boleh menebak-nebak sepertinya sangat sederhana sekali yakni, Agilitas! Agilitas (Agile) sendiri berarti sebuah organisasi atau perusahaan bisa bergerak cepat dan leluasa. Iya, saat ini memang kelincahan adalah sebuah keharusan.

Apa saja point penting dalam sebuah agilitas pemasaran? Bila kita perusahaan yang ingin bergerak lebih maju terdepan, tentunya memiliki visi perusahaan dan kepemimpinan yang ‘lincah’, ditambah kesigapan support system-nya serta tim pemasaran yang ramping.

Visi perusahaan sepertinya sudah tidak relevan lagi untuk menjadi pengembang terbesar, namun berani mensederhanakannya, untuk lebih relevan menjadi pengembang yang lincah dan adaptif. Persaingan industri properti saat ini tidak hanya berbicara tentang bagaimana bisnis bisa lebih sukses dari pesaing. Tapi, bagaimana perusahaan dan pemimpin perusahaan bisa mengambil keputusan untuk berupaya relevan dengan
kondisi pasar.

Dalam hal ini, visi perusahaan yang lincah menjadi point penting yang harus dimiliki oleh pengembang. Agilitas sendiri berarti sebuah organisasi atau perusahaan bisa bergerak cepat dan leluasa.

Untuk menjalankan visi perusahaan yang lincah, mutlak dibutuhkan kepemimpinan yang lincah. Pemimpin yang lincah menjadi kunci transformasi bagi perusahaan di tengah berbagai perubahan. Lebih dari sekadar kepemimpinan yang baik, yang tidak hanya mendorong dan mempromosikan perubahan, melainkan melakukan perubahan.

Gaya kepemimpinan dan bagaimana kepemimpinan memengaruhi budaya perusahaan menjadi peluang dan tantangan besar dalam kesuksesan transformasi perusahaan. Kepemimpinan lincah menjadi salah satu gaya kepemimpinan perusahaan yang dapat mendorong anggota untuk bergerak secara cepat, tanggap, adaptif, dan mampu memberikan dampak yang positif kepada perusahaan.

Kepemimpinan yang lincah mampu memberdayakan support system agar lebih maksimal dan optimal. Support system di industri properti sangatlah kompleks, bukan hanya berkaitan dengan kegiatan proyek saja, tetapi juga secara operasional dan pelayanan secara menyeluruh.

Tim pendukung yang benar-benar melakukan kerja keras secara profesional dan sistematis dari identifikasi, desain, perencanaan, produksi,
kemasan dan proses penyajian serta pelayanan yang prima. Membangun analisis data secara real time. Dalam membangun agilitas perusahaan, data sangat dibutuhkan untuk membaca kondisi terkini yang terjadi pada kompetitor, konsumen, dan lanskap bisnis.

Support system tim yang bekerja harus terdesentralisasi, artinya semua orang dalam tim pendukung bisa berinisiatif dalam memilih atau mengambil pekerjaannya. Menjadi bagian organisasi besar harus menerapkan sebuah kultur pengembangan yang fleksibel. Berani mendesain dan bereksperimen yang cepat. Yang terakhir, supporting system harus memberikan pilihan mana keputusan yang akan menghasilkan output terbesar.

Agilitas tidak melihat kinerja dari proses, tapi dinilai dari outcome yang dihasilkan. Kinerja justru dilakukan sesingkat, sesederhana, dan setepat
mungkin untuk menghasilkan outcome yang besar bagi perusahaan.

Kisah terakhir di ujungnya dalam proses mendeliver outcome tersebut adalah tim pemasaran yang ramping. Dalam hal ini, tim pemasaran sebagai frontliner hanyalah ada tim inti saja. Di bawah direktur pemasaran di proyek hanyalah ada sales manager, koordinator agen properti dan supervisor marketing komunikassi. Organisasi tim pemasaran ini murni berfungsi dan bertugas hanya di satu proyek ini, sehingga sangat lincah dan fokus.

Mengapa bisa sangat ramping dan efektif? Seperti diceritakan di atas, kebutuhan internal keseluruhan seperti urusan dapur proyek dalam memasak dan menyiapkan produk secara baik sudah dikerjakan secara lincah juga oleh segenap tim kantor pusat. Dan kebutuhan eksternal, untuk promosi dan markom sudah terbantukan oleh pihak ketiga yang diupayakan dan termonitor baik oleh supporting system.

Begitu pula dengan agen properti, jumlahnya juga sangat banyak. Hubungan relasionalnya terjaga sangat baik, secara kultural citra pengembang memberikan dukungan dan pelayanan yang sangat baik.

Penutup, di industri properti sangatlah tidak mudah untuk pengembang memenangkan persaingan di zaman hyper kompetitif, bisa dikatakan salah satu kunci keberhasilannya adalah agilitas. Selain modal utama tentang memiliki nama besar pengembang, tetapi agilitas adalah kunci utama kemampuan memaksimalkan dan memanfaatkan momentum.

Agilitas sebuah keharusan! Terutama visi dan kepemimpinan pengembang, membuat pasar properti lebih kuat dan tangguh. Mission Possible!
Sallute, Sukses luar biasa untuk segenap pengembang yang meraih penghargaan di Golden Property Awards 2023.

Firman Cecak
Praktisi dan Edukator Kreatif Pemasaran Branding Idea- Creative Marketing Founder @berbedapembeda #BeraniKreatif 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini