Beranda list Property Spot 5 JALAN TOL TERPANJANG DI INDONESIA

5 JALAN TOL TERPANJANG DI INDONESIA

0

5 JALAN TOL  TERPANJANG  DI INDONESIA

Jalan Tol Cikampek – Palimanan yang akan dioperasikan saat Ramadhan tahun ini menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Pembangunan jalan tol yang sudah rampung ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut lima jalan tol terpanjang yang beroperasi di Indonesia, versi Majalah Property and The City.

TOL CIKAMPEK – PALIMANAN

Jalan Tol Cikampek – Palimanan (Cikapali) dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sedaya. Jalan bebas hambatan yang melewati Cikampek hingga Brebes ini dibangun dengan kombinasi beton dan aspal sepanjang 116,75 km, dan menjadikannya sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia. Jalan tol yang dibangun sejak Desember 2011 tersebut diprediksi bakal mengurangi kemacetan lalulintas di Pantura hingga 40 persen.

TOL JAKARTA – MERAK

Jalan Tol Jakarta-Merak melintasi Jakarta Barat hingga Pelabuhan Merak, Provinsi Banten. Tol yang dibangun pada tahun 1984 ini memiliki panjang 98 km yang terbagi atas dua bagian, yakni Jalan Tol Jakarta-Tangerang yang dikelola PT Jasamarga (Persero) pada km 0,0 sampai dengan 26,3, dan Jalan Tol Tangerang-Merak yang dikelola PT Marga Mandalasakti, mulai dari km 26,3 hingga km 98,0.

TOL PURBALEUNYI

Jalan Tol Purbaleunyi dibangun sepanjang 88 km yang menghubungkan Purwakarta dan Cileunyi. Jalan ini melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kota dan Kabupaten Bandung. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang titik temunya berada di km 67, tepatnya di Simpang Susun Dawuan. Keberadaan jalan tol ini memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan Bandung dan sekitarnya.

TOL JAKARTA-CIKAMPEK

Jalan tol Jakarta-Cikampek dibangun sepanjang 83 km dan mulai dioperasikan pada 1988. Jalan yang melintasi beberapa kota di kawasan Pantura, mulai dari Jakarta, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta ini merupakan jaringan tol Trans Jawa yang juga terkoneksi dengan Tol Cikapali.

TOL JAGORAWI

Jagorawi atau Jakarta-Bogor-Ciawi merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 1973 dan beroperasi 1978. Saat ini, jalan tol sepanjang 59 km yang dikelolah oleh PT Jasa Marga tersebut terkoneksi dengan Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road.(Jkt,15/17/2015)

{jcomments on}

Website | + posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini