Widijanto Managing Director AKR Land Development

0
250

Widijanto Managing Director  AKR Land Development

“Untuk itu dalam mengeluarkan produk haruslah jeli. Selain lokasi, pasar yang dituju juga harus dicermati dengan detil, apa kebutuhan dan keperluannya.”

Bergantian tahun merupakan sebuah momentum untuk melihat ada apa disana. Begitu pun dalam sebuah bisnis, seperti apa harapan sekaligus kendala yang akan dihadapi. Tahun ini masalah suku bunga dan iklim politik tentunya akan menjadi barometer bagi kelangsungan bisnis properti. Tak dipungkiri, pengetatan pembiayaan properti melalui Loan to Value (LTV) sedikit mempengaruhi pasar properti dalam setahun belakangan ini, namun tetap ada peluang untuk tetap berkompetisi meluncurkan produk baru.

Kelas menengah tetap menjadi pasar yang gemuk, tapi perlu kecermatan dalam menyasar kelas ini. Logikanya, kelas menengah Jakarta tentunya beda dengan kota lain. Begitu pun antara satu kota dengan kota lainnya juga beda. Karena dari harga lahan, aturan ketinggian bangunan dan lainnya berbeda-beda. Untuk itu dalam mengeluarkan produk haruslah jeli. Selain lokasi, pasar yang dituju juga harus dicermati dengan detil, apa kebutuhan dan keperluannya, vertikal atau landed.

Untuk 2015 ini, AKR Land masih melanjutkan proyek-proyek yang sudah diluncurkan tahun sebelumnya. Seperti di Manado, Sulawesi Selatan yakni Grand Kawanua International City dan Gallery West di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Rencananya Grand Kawanua pada tahun ini akan dikembangkan tahap dua berupa proyek landed house dengan jumlah 1.000 unit. Sebelumnya, proyek yang luasnya mencapai 300 hektar ini telah mengoperasikan shopping mall Grand Kawanua City Walk. Kedepannya, hotel, apartemen, dan perkantoran juga akan berdiri di proyek skala kota ini.

Sementara di Gallery West, saat ini penjualan apartemennya sudah mencapai 70% dari total 370 unit. Selain memasarkan unit yang tersisa, Gallery West juga memasarkan ruang perkantoran seluas 30 ribu m2 yang penjualannya telah mencapai 50% untuk strata title dan sewa. Tahun ini beberapa kota seperti Gresik, Surabaya, dan Bandung akan menjadi bagian dari ekspansi AKR Land.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here