TREN WARNA 2019

0
327

Warna-warna baru kembali diluncurkan di awal tahun 2019 oleh berbagai produk cat. Warna abu-abu yang memberi efek menenangkan kabarnya bakal menjadi favorit di 2019.

Baca juga :

Mulai bosan dengan tampilan warna dinding rumah, interior maupun eksterior, mumpung masih di awal tahun, cobalah mencari warna cat tren terbaru 2019. Biasanya setiap awal tahun berbagai produk cat mengeluarkan warna tren terbaru mengikuti tema apa yang diusung. Tren warna yang diluncurkan juga akan menjadi sebuah referensi para desain interior, konsumen dan juga developer untuk menentukan warna cat yang akan digunakan untuk menderorasi ulang bangunan, atau juga untuk cat dinding bangunan baru.

Kansai Paint adalah salah satu merek cat yang tidak ingin kehilangan momen di awal tahun 2019 dengan meluncurkan produk terbarunya. Kansai Paint, brand cat dinding asal Negeri Sakura yang namanya sudah familiar di Indonesia, meluncurkan tren warna terbaru 2019 dengan tema Neutral of The Year. Apa kelebihan dari tren terbaru Kansai Paint ini? Neutral of The Year 2019 memakai chart warna Ravine 62 yang terdapat di palet Luxury. Ravine 62 adalah gabungan warna abu-abu dan beige yang menghasilkan warna ultimate grey. Warna abu-abu sendiri dapat dikategorikan sebagai warna yang netral selain warna putih dan hitam.

Menurut Jemmy Haryono, Senior Brand Manager Kansai Paint, Revine 62 merupakan gabungan warna netral abu-abu dan beige dengan efek menenangkan. Sebagai warna pokok dalam palet Luxury pada tren warna 2019 dari Kansai Paint, Revine dipercaya mampu memberikan efek hangat sekaligus netral sehingga aman dipadukan dengan skema warna lain pada dinding, lantai atau dekorasi ruang lain.

Claire Bond selaku Kansai Paint Colour Ambasador sekaligus Certified Colour Therapist, ikut menambahkan soal efek dari tren terbaru Kansai Paint ini. Menurutnya, sifat dari warna abu-abu yang ditimbulkan oleh orang sekitar yang melihat adalah menenangkan. “Warna netral dipercaya mampu memberikan efek menenangkan dan meningkatkan perasaan nyaman. Selain itu, warna netral juga dipercaya dapat meredam stres dan menciptakan keseimbangan,” ujar Claire Bond.

Sebuah penelitian psikologi oleh Angela Wright dari International Journal of Life Sciences Research pada tahun 2015, mengenai efek warna bagi tubuh manusia dan psikologi menyatakan warna netral seperti abu-abu dianggap mampu membawa keseimbangan dalam pikiran. Terlebih jika dipadankan dengan elemen biru atau putih, warna abu-abu dapat menciptakan suasana rileks yang baik untuk meredam stres.

Spiced Honey

Merek lain yang juga tak ingin ketinggalan mengeluarkan produk terbarunya di 2019 adalah Dulux. Cat dinding dekoratif dari AkzoNobel ini memperkenalkan warna Spiced Honey di tahun 2019. Spiced Honey sebetulnya warna yang lama dikenal sebagai Crème Brulée 00YY 26/200 yang sudah ada sebelumnya di chart warna Dulux. Warna Spiced Honey ditentukan setelah melalui sejumlah penelitiandari para ahli mengenai tren, wawasan, dan perilaku konsumen global.

Oscar Wezenbeek, Managing Director AkzoNobel Decorative Paint South East & South Asia mengatakan warna Spiced Honey yang dipilih sebagai Colour of The Year 2019 melalui pemilihan warna-warna yang diawali di Pusat Estetika Global. Inilah tempat yang bertugas melakukan analisis tren, penelitian warna, desain warna, dan arah seni.

Bahkan, untuk meyakinkan tren cat terbaru ini, AkzoNobel mengumpulkan para desainer profesional dari seluruh dunia untuk datang dan mencoba menggambarkan suasana yang ada pada saat itu. Hasilnya, tren yang sedang dirasakan di masyarakat adalah pembaruan energi, optimisme, serta tujuan hidup. “Kami ingin bertemu dan mengajak mereka untuk membuat kehidupan lebih baik,” ujar Oscar.

Spiced Honey merupakan cerminan dari keinginan tersebut. Sebuah warna yang dapat menenangkan atau memberikan kenyamanan, menstimulasi dan memberikan energi, tergantung dengan cahaya dan warna yang ada di sekitarnya. Warna Spiced diperdiksi akan banyak muncul sepanjang tahun 2019 dalam mode pakaian, arsitektur, serta desain.

Lalu apa kata arsitek tentang tren warna di 2019. Arsitek Ary Indra dari Aboday mengatakan, tren warna saat ini sesungguhnya lebih cenderung pada ketidakpastian tren warna khusus. Pasalnya, warna sesungguhnya mencerminkan karakter dan personal dari masing-masing individu. Setiap individu memiliki karakter dan personal yang berbeda, juga selera dan referensi hidup yang berpeda-beda pula. “Itu sebabnya, warna yang dituangkan dalam sebuah hunian sangatlah beragam sesuai karakter dari pemiliknya,” ujar Ary. ● (Harini Ratna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here