Toyota Housing Bangun Rumah Berteknologi di CitraRaya Tangerang

0
52
toyota housing indonesia
Grand Opening Toyota Housing Technology Showroom & Show Unit Bali Dwipa di CitraRaya Tangerang, Sabtu, (06/07/2019)./ Foto: Salvatore

CitraRaya Tangerang bakal semakin lengkap dengan hadirnya rumah-rumah modern, berkualitas dan sarat akan teknologi. Pengembangan hunian yang direncanakan dalam kawasan premium Bali Dwipa ini terungkap dalam kesepakatan kerjasama antara PT Ciputra Residence dengan Toyota Housing Indonesia, anak usaha dari Toyota Home Corporation (JHC) Jepang.

Baca: Menhub Resmikan Jabodetabek Airport Connexion CitraRaya – Bandara Soetta

Kolaborasi kedua perusahaan pengembang akan mengaplikasikan teknologi dalam pembangunan rumahnya dengan berbagai keunggulannya. Antaralain, struktur bangunan yang tahan terhadap gempa, serta struktur dinding yang juga difungsikan sebagai insulasi panas dan sistem penanggulangan kebocoran.

Dengan menerapkan teknologi tersebut, diklaim mampu memangkas masa pembangunan sebuah rumah menjadi lebih singkat, sehingga dapat diserahterimakan dalam 12 bulan.

Sejatinya Ciputra Residence juga sudah memiliki standard kualitas terbaik pada setiap unit properti yang sudah dibangun. Hal ini juga terlebih ditunjang oleh program EcoCulture yang ada di CitraRaya Tangerang.

Demikian halnya dengan pengembang Jepang, Toyota Housing Indonesia, yang juga memiliki standar teknologi terapan, kualitas serta pengawasan yang ketat dalam setiap detil pembangunannya.

Dengan begitu, menurut President Director PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata, sinergi kedua perusahaan akan menghasilkan hunian yang kualitas dan aplikasi teknologinya lebih sempurna.

Baca: Ciputra Teken MoU Bangun Dua Sekolah Unggulan di Citra Maja Raya

“Standar kualitas yang kami terapkan sudah sangat baik selama ini, dan sudah kita aplikasikan dalam setiap pembangunan di berbagai proyek Ciputra Group. Jepang pun memiliki standardisasi teknologi rancang bangun yang tinggi, terlebih topografi wilayahnya memang rawan gempa,” kata Budiarsa dalam acara Grand Opening Toyota Housing Technology Showroom & Show Unit Bali Dwipa di CitraRaya Tangerang, Sabtu, (06/07/2019).

“Jika teknologi Jepang dikombinasikan dengan standard kualitas tinggi dan pengawasan yang ketat dari Toyota Housing Indonesia, kami yakin ini akan menjadi sebuah kekuatan besar dalam melaksanakan pembangunan di Bali Dwipa,” lanjut Budiarsa.

Menurut Budiarsa, pengembangan proyek kerjasama antar kedua perusahaan pengembang ternama di Jepang dan Indonesia ini nantinya akan menjadi salah satu komponen bisnis dan investasi yang sangat menjanjikan bagi konsumen.

“CitraRaya Tangerang kini telah menjadi rumah bagi lebih dari 65.000 jiwa, berfasilitas lengkap dan dikelilingi lebih dari 500 perusahaan dalam dan luar negeri. Tentunya ini market yang sangat berpotensial dalam menjadikannya sebagai tempat tinggal sekaligus investasi yang sangat menjanjikan,” jelas Budiarsa.

Budiarsa menambahkan, PT Ciputra Residence dan Toyota Housing Indonesia tentunya akan melaksanakan pengawasan yang ketat dalam dalam cluster ini, jauh sebelum desain disepakati bersama. Mulai dari struktur bangunan, penggunaan material, pelaksanaan green building, hingga construction safety. Detil teknologi secara keseluruhannya menjadi acuan dalam setiap gerak pembangunan di kawasan ini.

“Kami melaksanakan pengawasan yang ketat dalam setiap pembangunannya, hal ini untuk memastikan kualitas produk dan lingkungan tetap terjaga dengan baik,” tegasnya.

Teknologi yang Digunakan

President Director Toyota Housing Indonesia Kazutoshi Shibata dalam sambutannya menjelaskan, teknologi rancang bangun perusahaannya memiliki keunggulan yang sudah teruji. Bahkan teknologinya sudah diaplikasikan dalam rancang bangun di berbagai proyek yang dikembangkannya di Jepang dan di Indonesia.

“Kami sangat bangga dapat bekerjasama dengan perusahaan properti terbesar di Indonesia, dan kami harapkan kerjasama yang terjalin saat ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi keberhasilan kedua perusahaan di masa mendatang,” tegas Shibata.

Baca: Perumahan “Jepang” Dibangun di Kota Deltamas

Lebih rinci Shibata menjelaskan, teknologi rancang bangun Toyota Housing Indonesia memiliki keunggulan yang lengkap, mulai dari kualitas dan struktur tahan gempa (steel frame structure), terlebih Indonesia dan Jepang adalah negara yang sama dalam hal risiko gempa.

Kemudian, masih menurut Shibata, rangka baja ringan yang digunakan pun yang berdaya tahan tinggi yang dibuat berdasarkan perhitungan struktur, meningkatkan daya tahan rumah akan gempa. Selanjutnya rangka dilapisi dengan panel GRC untuk menjamin kerataan dinding. Sistem konstruksi ini telah teruji dalam tes tahan gempa di Jepang.

Struktur dinding yang dipakai juga difungsikan sebagai insulasi panas, dimana bagian dinding diisi dengan materi glass wool yang memiliki sifat menghalang panas sehingga suhu di dalam rumah lebih stabil, kesejukan rumah akan lebih terjaga dan mengurangi penggunaan pendingin di dalam ruangan.

Keunggulan lainnya, Toyota melakukan penanggulangan terhadap resiko kebocoran melalui pelapisan membran anti air yang dipasang pada seluruh permukaan atap dan uji ketahanan angin dan hujan. Tes semprot dilakukan di semua unit, sehingga performa ketahanan air dapat terjamin dengan baik.

“Kami juga memiliki qualiity control yang unggul, dengan melakukan pengecekan 247 item sepanjang pembangunan. Setiap unit memiliki garansi 2 tahun terhadap kebocoran dan struktur sebagai bukti rumah berkualitas unggul. Alhasil, dengan teknologi rancang bangun yang kami terapkan mampu memangkas waktu pembangunannya menjadi 12 bulan,” terang Shibata.

Regional Business Center

Dalam perkembangannya kini, CitraRaya terus menunjukan geliat pembangunannya dengan berbagai pengembangan proyek fasilitas baru seiring dengan bertambahnya populasi kota. Hasilnya, CitraRaya kini telah menjelma sebagai salah satu regional business center yang kuat di Barat Jakarta.

CitraRaya semakin melengkapi diri dengan munculnya proyek-proyek prestisius, sebagai wujud komitmen PT Ciputra Residence untuk mengedepankan konsep kota mandiri yang berkesinambungan dan berwawasan lingkungan, sebagaimana tercermin dalam program EcoCulture yang telah digulirkan sejak tahun 2011 lalu.

Baca: AkzoNobel Luncurkan Teknologi Digital untuk Kapal Laut

Ragam fasilitas lainnya juga kini telah melengkapi kawasan CitraRaya. Selain sudah beroperasionalnya EcoPlaza yang menjadi pusat belanja dan lifestyle, di sini juga ada Ciputra Hospital, Toko Buku Gramedia, sekolah, universitas, sarana ibadah, pasar bersih, pusat kuliner, pusat otomotif, hotel, perkantoran, kawasan hiburan keluarga Mardi Gras, Water World dan World of Wonders, hingga perbankan.

Bahkan dalam waktu dekat, CitraRaya juga akan segera mengoperasionalkan Mal Ciputra CitraRaya. ” Ini menunjukan bahwa kawasan Bali Dwipa menjadi salah satu primadona properti yang wajib dimiliki,” tutup Budiarsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here