Toto Rilis Desain Terbaru Karya Jaime Hayon

0
237
desain toto terbaru dari hayon
Jaime Hayon, desainer asal Spanyol (kiri) didampingi Tony Suryanto, Marketing Planning Department Manager Toto (kanan) menjelaskan karya terbarunya pada produk kamar mandi Toto./ Foto: Toto

Tren menunjukkan bahwa peran dan fungsi ruang kamar mandi telah bertambah seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan desain interior. Area ini kini dirancang untuk mendukung kebutuhan penghuni dalam memanjakan diri.

Sehingga mulai dari pemilihan warna, pemilihan dan instalasi perangkat, penataan cahaya, baik sebagai aksen maupun penerangan utama, merupakan bagian dari keseluruhan tata estetika interior kamar mandi.

Baca: KAMAR MANDI DI KAMAR TIDUR UTAMA

Untuk itu inovasi desain menjadi referensi dan inspirasi penting dalam membangun rumah. Dan Toto, produsen toilet ternama itu pun memahami perkembangan terkini dan terus berinovasi menciptakan desain terbarunya.

Salah satu karya desain terkini Toto adalah karya Jaime Hayon, desainer dan seniman asal Madrid, Spanyol. Sistem dan teknologi Toto yang modern dan terdepan menjadi sebuah tantangan teknis tersendiri bagi Hayon, yang kemudian dijawab dengan sebuah koleksi dengan desain yang mengedepankan kesederhanaan dan kemurnian bentuk.

Kreativitas dan pengetahuan Hayon akan keterampilan pengrajin (artisan skills) berhasil mendorong banyak batas-batas media dan fungsi dan menghasilkan koleksi dan karya-karya yang beragam. Hayon memadukan kecintaannya terhadap konservasi keterampilan kerajinan dalam karyanya untuk perusahaan-perusahaan tradisional kelas atas.

Bahkan Majalah Times menobatkan Hayon sebagai salah satu dari 100 desainer yang paling relevan saat ini. Juga majalah Wallpaper mencantumkan Hayon sebagai salah satu desainer yang paling berpengaruh.

Baca: Perluas Jaringan, Velospace Ajak Desainer Interior Daerah Bergabung

“Bagi saya, proyek ini merupakan sebuah proses dalam menemukan kesederhanaan dari segi desain dan kecanggihan dari segi fungsi. Artinya, perlu ada keselarasan antara sisi visual dan dekoratif dengan sisi fungsi yang efisien,” ujar Hayon kepada media saat peluncuran koleksi terbaru Toto By Hayon di Jakarta, Selasa (30/4/2019) lalu.

Kedua sisi, lanjutnya, harus terajut menjadi sebuah desain utuh yang klasik, bertahan dan berkelanjutan. Menurut Hayon, Toto adalah perusahaan terbaik di dunia dalam hal teknologi dan sistem sehingga keahlian menjadi dasar dan esensi penting dari koleksinya.

“Tantangannya bagi saya adalah menciptakan sebuah desain eksterior dalam bentuk yang murni dan sederhana dan bisa beradaptasi dengan segala bentuk desain interior,” jelas Hayon.

“Penuh” dan “Kosong”

desain produk toto dari jaime hayon
Produk Toto terkini karya desain ternama Jaime Hayon sangat mendukung fungsi dan kenyamanan dari ruang kamar mandi./ Foto: Toto

Karena rancangan kali ini berkaitan dengan fungsi tubuh, inspirasi Toto By Hayon ini pun datang dari tubuh manusia itu sendiri. Hayon memutuskan bahwa setiap elemen desainnya harus mencerminkan lekuk tubuh manusia.

Baca: TACO Hadirkan Solusi Desain Interior Terjangkau

Konsep penting lainnya dari koleksi, desain terkini Toto ini adalah ide “penuh dan kosong”. Ide “penuh” yang datang dari bentuk tubuh secara utuh, mencerminkan bentuk dari perabot itu. Sementara ide “kosong” yang berasal dari kerangka tubuh, dituangkan dalam perangkat keran dan pipa agar fokus pada elemennya sebagai fungsi.

“Karya Hayon telah dikenal di dunia seni dan desain. Gaya desainnya yang riang dan gembira selalu memadukan rasa hormat yang tinggi terhadap keterampilan kerajinan,” kata Tony Suryanto, Marketing Planning Department Manager TOTO.

Menurutnya, Hayon telah bekerja dengan sederetan produsen keramik, kaca, marmer, kayu, dan lainnya di dunia, untuk menciptakan perabotan-perabotan dekoratif, dan perangkat penerangan. Desain interiornya yang memukau telah menghiasi hotel dan museum dengan ruang-ruang yang mencerminkan kosmos dunia Hayon yang elegan dan luas.

Baca: Pertama di Indonesia, SCG Luncurkan COTTO Sanitary Ware

“Kolaborasi adalah sesuatu yang ia jalani dengan penuh semangat. Hayon menciptakan sebuah dialog visual baru yang memadukan keahlian dan tradisi. Hayon menciptakan sebuah mahakarya untuk Toto,” ungkap Tony.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here