TORONTO PERGESERAN TREN PROPERTI KANADA

0
384

Sebagai kota terbesar di Kanada, Toronto dihuni oleh berbagai etnis dunia. Tak heran kalau properti di Toronto diminati oleh orang asing yang ingin menetap.

Kanada merupakan negara industri dan teknologi maju dalam pengadaan energi dikarenakan tersedianya bahan bakar fosil, energi nuklir, dan tenaga hidroelektrik. Ekonominya bergantung pada banyaknya sumber daya alam dan perdagangan. Secara historis Kanada dikenal sebagai Dominion of Canada yaitu sebuah negara paling utara di Amerika Utara. Pemerintahannya berbentuk monarki konstitusional yang dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi. Ibu kota Kanada adalah Ottawa. Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.

Bahasa Inggris masih menjadi bahasa yang paling banyak digunakan, namun Statistik Kanada menyebutkan ada beberapa bahasa yang juga dominan. Bahasa China, Portugis, dan Italia adalah tiga di antaranya yang juga banyak digunakan. Bahasa nasional Kanada yaitu bahasa Perancis, bahkan hanya diucapkan oleh 1,4 persen dari seluruh Torontonian.
Kota terbesar di Kanada adalah Toronto. Kota Toronto dihuni lebih dari 200 kelompok etnis berbeda. Mereka menyebut diri dengan Torontonian. Tidak hanya soal bahasa, diversitas etnis ini juga berimbas pada kuliner dan festival budaya di Toronto. Toronto adalah kota tempat restoran yang menyajikan berbagai masakan khas negara-negara di dunia, mulai dari India, Italia, Meksiko, Thailand, dan tentunya China.

Toronto juga menjadi rumah bagi berbagai festival tahunan seperti South Asian Heritage Festival of Mississauga, Portugal Week, Scotiabank Carribean Carnival Toronto, Toronto International Brazil Festival, hingga Tarantella Festival khas masyarakat Italia bagian selatan. Selain itu, kota ini juga terkenal sebagai salah satu kota penyelenggara festival film ternama di dunia, yaitu Toronto Film Festival.

 

Wisata Belanja

Berlibur ke Kota Toronto akan memberikan pengalaman multikultural yang luar biasa. Toronto adalah kota menawan yang kaya akan unsur seni. Tempat pertunjukkan teater, musik, seni, museum, restoran dan pertokoan kelas atasmenyatu apik di kota sebelah selatan Provinsi Ontario ini.  Beberapa tempat wisata shopping di Toronto yang bisa dikunjungi wisatawan seperti.

  • CityFact25-2Kensington Market tak hanya sekadar pasar, tapi juga ada tempat makan seperti halnya toko-toko. Tak cuma Kensington, biasanya di tiap distrik kota punya pasar. Distillery District punya pasar yang buka tiap Minggu. Ada pula St Lawrence Market ini tempat terbaik untuk mencari makanan segar, kerajinan tangan, dan cinderamata, serta aneka benda antik.
  • The Eaton Centre adalah mal terbesar di Toronto. Ada 250 toko di mal itu. Terletak di 220 Yonge Street.
  • Bloor Street West, di sini Anda bakal menemukan barang-barang bermerek seperti Breitling, Swarovski, Hermes, sampai Prada. Ingin suasana lain berbelanja, Anda bisa sambil jalan-jalan dari Queen Street West, ke Granville, lalu ke Bathurst streets. Sepanjang perjalanan Anda bisa menemukan busana vintage dan indie, alat-alat tulis unik, dan mainan anak-anak yang menarik.
  • The Hudson’s Bay Company adalah perusahaan tertua di Kanada yang memiliki banyak cabang di Toronto dan ribuan di seluruh Kanada. Terletak di seberang Toronto Eaton Centre. The Bay menyediakan berbagai macam pakaian dan peralatan rumah tangga, juga tempat untuk makan. The Bay terkenal dengan selimutnya yang dijuluki Hudson’s Bay Blanket.
  • Pecinan lokasinya di Spadina dari King Steet sampai College. Tempat ini menyediakan mulai dari perhiasan, pakaian, hingga peralatan rumah tangga. Tak cuma barang, jangan lewatkan berbagai makanan yang lezat di restoran-restorannya. Ada ratusan restoran yang tak hanya menyajikan masakan khas China, tapi juga khas Vietnam, dan cita rasa Asia lainnya.

Selain wisata belanja, wisatawan juga dapat menikmati panorama Danau Ontario yang juga menjadi nilai tambah bagi para turis yang menyenangi wisata perkotaan. Di sepanjang jalan, Anda dengan mudah mendapati warga Irlandia, Italia, Filipina, hingga Tionghoa yang berbicara dengan bahasa daerah masing-masing. Lebih dari 140 bahasa dan dialek ada di Kota Toronto.

Properti di Toronto

Kota Toronto dan Vancouver merupakan dua kota di Kanada dengan penjualan rumah paling tinggi sepanjang tahun. Penjualan rumah di Vancouver mengalami peningkatan sekitar 38 persen lebih tinggi pada bulan Oktober 2016 dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data dewan Real Estat Vancouver, sebanyak 2.321 rumah terjual pada bulan November. Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu 2015 yang terjual hanya 1.686 rumah.

Penjualan rumah di Toronto mengalami peningkatan hingga 13,9 persen pada bulan November dibandingkan tahun lalu. Rumah keluarga tunggal dan kondominuim menjadi hunian favorit bagi pembeli. Harga jual rumah rata-rata di Toronto adalah sekitar 538 ribu Dolar AS pada bulan November. Ini mengalami peningkatan sekitar 11,3 persen dibanding tahun lalu. “Meskipun pertumbuhan harganya tinggi, pembayaran hipotek bulanan harga rumah tetap terjangkau bagi rumah tangga,” kata Presiden Dewan Real Estat Toronto, Dianne Usher.

Penjualan rumah pada bulan Oktober 2015 malah mencapai titik tertinggi kedua dalam enam tahun terakhir. Asosiasi Real Eastate Kanada melaporkan, jumlah transaksi penjualan rumah bulan lalu meningkat 1,8 persen dari bulan sebelumnya, mencapai 42.964 unit. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak Mei 2015. Keuntungan bisnis properti didorong oleh penjualan rumah di Toronto dan Vancouver.

Sementara per Oktober 2015, penjualan rumah di Vancouver naik 7,7 persen menjadi 3.785 unit dari September 2015. Jika dibandingkan secara tahunan, volume penjualan rumah tumbuh 19,3 persen. Sementara, penjualan di Toronto meningkat 3 persen menjadi 8.588 unit. “Kenaikan harga di Vancouver dan Toronto menyumbang seperempat populasi nasional juga menandakan kian rentan terhadap koreksi,” ujar Doug Porter, Chief Economist BMO Capital Markets seperti dilansir Bloomberg.

Melesatnya penjualan rumah di kedua wilayah Kanada dipicu oleh utang konsumen yang mencetak rekor. Ditambah dengan pemangkasan suku bunga oleh Bank Sentral Kanada selama dua kali dalam setahun, telah menggairahkan pasar properti dalam negeri. Di sisi lain, rendahnya suku bunga memicu kekhawatiran tentang gelembung perumahan. Lembaga perumahan nasional Kanada, Canada Mortgage and Housing Corp mengingatkan pada bulan lalu bahwa terdapat tanda-tanda kelebihan pasokan di beberapa kota Kanada.

Menurut Knight Frank, seperti dilansir dari laman CNBC, data sepanjang 2015 hingga per September, harga rumah di Kanada mampu tumbuh 5,6 persen. Angka tersebut tercatat lebih tinggi bila dibandingkan dengan keseluruhan AS yang tercatat hanya tumbuh 4,9 persen di AS. Adapun nilai properti di kota-kota besar Kanada seperti Toronto dan Vancouver telah melonjak, sebagian karena adanya suku bunga rendah yang telah membuat hipotek menjadi lebih terjangkau.

Perpajakan Toronto

Sebuah perusahaan real estat di Toronto dikabarkan semakin laku keras karena banyak Warga Negara Asing yang mulai mencari tempat baru untuk berinvestasi. Pasalnya, terdapat pungutan baru terhadap pajak atas properti di Vancouver sebesar 15 persen. Sehingga orang asing lebih memilih membeli properti di Toronto. Salah satu agen real estat di Toronto, Derek Ladouceur mengungkapkan bahwa orang asing tidak mungkin mau membayar pajak 15 persen. Jadi, ada kemungkinan besar mereka akan berinvestasi pada lahan yang baru, yaitu real estat di Toronto.

“Saya memprediksi semua harga untuk segmen pasar perumahan di Toronto akan naik, mulai dari kondominium hingga rumah untuk keluarga tunggal. Namun, tentu saja untuk segmen kelas atas, dimana investor asing biasa memarkirkan uangnya,” ujar Derek.

Senada dengan Derek, agen real estat lainnya bernama Dianne Usher juga mengatakan bahwa banyak investor yang sebagian besar merupakan orang asing yang telah mencari properti investasi ke Toronto karena nilai rumah di Vancouver telah mencapai angka yang terlalu tinggi. Toronto juga memiliki banyak kelebihan untuk berinvestasi, seperti lingkungan politik yang stabil dan tarif jaminan yang cukup rendah. Inilah yang membuat Toronto memikat hati banyak investor. [Wawan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here