Suteja Sidarta Darmono

0
236

SUTEJA SIDARTA DARMONO

President Director PT. Grahabuana Cikarang

“Kreativitas merupakan bagian strategi yang terus dikembangkan terkait semakin ketatnya persaingan industri properti.”

Tahun lalu laju bisnis properti sedikit tertahan yang dirasakan juga oleh Jababeka Cikarang yang juga memasarkan kawasan industri. Penjualan kavling industri sedikit terganggu lantaran hajatan politik tahun lalu. Hampir semua lini bisnis industri properti terganggu, investor seperti menahan bisnisnya dan lebih memilih mencari aman.

Sementara untuk properti residensial juga sedikit terganggu, penyebab lainnya karena aturan Loan to Value (LTV). Ada beberapa kasus yang terjadi saat konsumen telah mengajukan aplikasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kemudian dibatalkan. Pembatalan ini lantaran ada ganjalan dalam persyaratan yang di tetapkan BI tersebut. Untuk itu Jababeka Cikarang akan lebih memaksimalkam pola penjualan dengan konsep tahapan atau cicilan langsung ke developer.

Kreativitas merupakan bagian strategi yang terus dikembanghkan terkait semakin ketatnya persaingan industri properti. Tahun 2015 tentunya akan ada perbedaan. Jababeka Cikarang telah mempersiapkan beberapa proyek untuk dilempar ke pasar, seperti di kawasan bussiness district-nya yang akan dikembangkan mixed use development. Berdiri di area seluas 12 hektar proyek ini terdiri atas pusat belanja, perkantoran, apartemen, dan juga kondotel. Proyek ini menyasar kelas menengah-atas yang ada di Cikarang yang jumlahnya terus meningkat dan juga didukung oleh keberadaan ekspatriat dengan jumlah lebih dari 10 ribu orang.

Tak hanya itu, properti residensial juga akan digenjot pembangunannya. Cluster baru akan banyak diluncurkan dengan rentang harga berkisar antara Rp500 juta ke atas. Terkait komposisi produk, harga kelas menengah yang berkisar di bawah Rp1 miliar jumlahnya lebih banyak. Ini dilakukan terkait potensi pasar yang memang lebih besar dan Jababeka Cikarang melihat ini sebagai sebuah peluang. Apalagi saat ini kawasan Koridor Timur terus menggeliat, pembangunan properti menjamur di kawasan yang memiliki kekuatan ekonomi dari sektor industri ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here