SUSURI JALAN SETAPAK DI RUMAHMU

0
141

Taman adalah pelengkap di rumah, bisa di depan, samping atau belakang. Jalan setapak untuk selusuri taman menambah cantik taman rumah.

1 Taman merupakan bagian pelengkap bagi sebuah hunian. Taman ini dipenuhi tumbuhan tertata rapi, yang juga berfungsi sebagai tempat bersantai keluarga. Tersedia bangku taman yang dilengkapi jalan setapak. Jalan ini ada di antara rumput dan tanah. Supaya tidak mengotori kaki dibuatlah jalan setapak dengan jenis material batu alam yang disusun dengan jarak yang sama. Penyusunan ini untuk kenyamanan melangkahi kaki.

2 Halaman belakang rumah tampil cantik dengan taman yang dikombinasikan dengan kolam. Jalan setapak dibuat seakan melayang di atas air. Cukup menarik dengan ukuran yang pas sebagai pijakan dan warna mencolok dengan air. Pijakan berbentuk persegi panjang dengan susunan selang seling. Pada kiri kanan jalan setapak terdapat tanaman yang tertata rapi berbentuk kotak. Jalan setapak dibuat di atas air karena dari pintu belakang rumah langsung ditemui kolam, lalu taman.

3 Pada umumnya taman terdiri dari unsur tumbuhan bunga dan rumput. Rumput difungsikan untuk membuat taman terlihat hijau ditambah bunga yang indah warna warni. Beberapa rumah menjadikan halaman sebagai pemanis eksterior. Halaman belakang, misalnya, biasanya dapat dilewati melalui pintu belakang rumah atau pintu samping. Untuk menuju halaman ini, menggunakan jalan setapak dari batu alam dengan ukuran yang berbeda beda. Tersusun rapi di antara batu kerikil coklat dan tanaman rumput yang berkelompok.

4 Pemilihan tanaman pada halaman sangatlah penting untuk menghindari cahaya matahari maksimal. Pemilihan material jalan setapak juga penting untuk keserasian halaman dan ketahanannya. Jalan setapak ini terdiri dari lempeng beton sederhana. Arahnya dari pintu samping menuju halaman belakang. Lempeng beton ini sangat hemat biaya, namun tetap terlihat indah. Lempengan disusun melengkung di antara kerikil kuning. Tampak pohon berdaun rindang yang tidak terlalu besar.

5 Menggunakan paving block untuk jalan setapak adalah hal yang biasa. Paving block bewarna merah dengan pinggiran batu alam, lalu rumput sering dijumpai di taman. Yang menarik dari taman ini adalah pertemuan dua buah paving block karena arah pasang yang berbeda ketika dipertemukan. Jadi, walaupun paving block tampak biasa-biasa saja, tetapi masih bisa dikreasikan dengan cara pemasangannya.

6 Konsep halaman ini memadu padankan warnawarna netral dengan warna yang kontras seperti merah dan hitam. Tampak elemen dekor yang tidak berlebihan sehingga dapat memberikan kesan berwarna dan menyenangkan. Pada halaman terdapat tanaman dalam pot bunga atau pun langsung pada tanah. Di area yang tidak cukup luas ini tetap membutuhkan jalan setapak untuk menyiram tanaman yang ada. Material jalan setapak yang digunakan terbuat dari papan kayu bewarna alami kayu diletakkan di antara batu kerikil bewarna putih. Tampak menyatu dengan tumbuhan yang ada.

7 Halaman rumah ini didominasi dengan warna putih. Biasanya halaman rumah dipenuhi dengan rumput namun pada halam ini dipenuhi kerikil. Walaupun kerikil merupakan bahan yang berbahan keras dan bisa langsung menjadi pijakan, tetapi sebuah halaman tetaplah butuh jalan setapak. Jalan setapak tampak tidak beraturan, bentuk yang berbeda namun tetap pada keselarasan. Namun penyusunan jalan setapak berkelompok di setiap areanya. Di sisi jalan setapak terdapat tumbuhan hijau yang rimbun namun tidak terlalu tinggi.

8 Halaman rumah biasanya menjadi pelengkap sebuah rumah, tetapi tetap memiliki unsur yang penting yaitu supaya rumah tidak terlihat gersang. Halaman juga berfungsi sebagai media tanaman tumbuhan bunga dan rumput. Halaman biasanya juga menjadi jalur alternatif untuk pintu samping menuju rumah. Sebagai pijakan menuju rumah, dibuat jalan setapak yang biasanya berbahan keras, seperti terbuat dari beton. Beton dicetak tipikal, lalu disusun di atas rumput secara teratur. Rina Renville (Founder De’Stijl Cipta Kreasi Interior Designer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here