SUN ROOM

0
383

Setiap bangunan terutama rumah tinggal memerlukan pencahayaan alami pada   ruangannya karena manfaat yang diberikan sangat banyak. Dari segi kesehatan pencahayaan alami dapat memberikan efek baik pada tubuh kita dan menghemat energi penggunaan listrik di pagi dan siang hari.
Namun terkadang cahaya matahari pada siang hari yang masuk memberikan efek panas pada ruangan, dan dapat merusak beberapa barang yang tidak tahan dengan panas, sehingga lebih baik membuat spot ‘’sun room’’ di rumah kita disesuaikan dengan posisi matahari tertutama saat cahaya masuk di pagi atau siang hari.
Cahaya matahari memberikan efek menenangkan pada kita, sangat cocok untuk membuat spot ini pada ruang keluarga atau ruang bersantai sambil menikmati keindahaan alam atau bangunan di sekitar kita.

Bila menyukai gaya Scandinavian, maka pemilihan warna-warna netral yang terang seperti putih pada dinding dengan tambahan parquet pada pemilihan lantai dengan jendela besar sehingga cahaya alami masuk secara maksimal ditambah tanaman-tanaman. Sehingga ruangan ini memberikan kesan hangat, luas dan segar. Ditambah perabot dengan bentukan sederhana yang menjadi ciri khas gaya tersebut.
Pemanfaatan pada ruangan di apartemen, pemandangan dari atas yang dapat  memanjakan mata sehingga ruangan seperti ruang keluarga, untuk bersantai dan beristirahat sambil menikmati pemandangan dan cahaya alami yang masuk, dengan jendela-jendela besar memenuhi dinding. Dengan gaya modern yang memberikan kesan tenang dan sederhana lalu tidak banyak aksesoris, bersih dan simple. Dominan warna putih, hitam dengan bentukan-bentukan geometris pada ruangan.

Pemilihan gaya contemporary classic pada desain, gaya ini tetap mempertahankan ciri khas gaya klasik dengan terdapat profil, ukiran-ukiran namun dengan pemilihan bentukan yang diperingan agar tidak memberikan kesan berat pada ruangan seperti kusen jendela terdapat profil-profil yang khas namun lebih ringan garis-garis yang ditampilkan. Ceiling polos berwarna putih lalu memberikan ukiran-ukiran namun ditempatkan pada pola tirai yang menjuntai sampai lantai.


Selain tirai digunakan sebagai dekorasi, berguna pula bila cahaya matahari yang masuk terlalu terik dan memanfaatkan tirai untuk keamanan di malam hari. Ciri  khas lainnya aksesoris pada setiap sudut ruangan, seperti credenza kecil, cermin, bantal kursi bermotif, dan lampu gantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here