SENTUHAN MOSAIK DI RUMAH ANDA

0
15

Mosaik tile masih banyak diminati untuk di teras atau kamar mandi. Penempatan furniture harus disesuaikan dengan mosaik yang dipasang.

Memasang lantai atau dinding dengan mosaic tile yang cantik kini masih diminati oleh masyarakat. Mosaik tetap banyak diminati karena tampilannya yang unik dan cantik. Mosaik merupakan susunan kecil dari potongan keramik yang disusun berdasarkan pola-pola tertentu hasil kreasi para desainer. Mosaik sifatnya modular, artinya disambung-sambungkan menjadi satu.

Pemasangan mosaic tile bisa diteras rumah, dapur kering, kamar mandi. Di kamar mandi tinggal dipilih bidang mana yang akan dibuatkan aksen, misalnya, di belakang kloset, di belakang shower. Termasuk di kolam renang bakal cantik bila dipasang mosaik. Tema mosaik bisa bermacam-macam, ada tema bunga, daun-daunan, permainan warna. Mosaik dengan nuansa Islami banyak digemari, biasanya dipasang di teras rumah atau di foyer.

Salah satu mosaik nuansa Islami yang pernah terkenal adalah mosaik bertema Maroko. Desain mosaik Maroko selain unik juga kompleks mulai dari bentuk sampai warna. Yang khas dari mosaik Maroko bisa untuk aksen dinding dan lantai. Di semua ruang mulai dari teras sampai ruang tamu bisa memakai mosaik Maroko. Bila Anda tidak ingin hanya tampil satu desain, Mosaik Maroko bisa dipadanankan dengan desain modern kontemporer karena modern kontemporer punya warna yang cerah. Tetapi sebaiknya jangan dipadukan dengan desain minimalis karena desain mosaik Maroko bertolak belakang dengan minimalis.

Yang harus diperhatikan penempatan furnitur harus disesuaikan dengan mosaik yang dipasang. Hal yang harus diperhatikan jangan sampai furnitur menutup mosaik yang dipasang baik di lantai maupun di dinding. Jenis mosaik untuk di lantai ruang dalam dengan di teras atau ruang terbuka tentu berbeda. Untuk mosaik unpolished karena kasar lebih tepat di pasang di luar ruangan, seperti teras rumah. Sehingga bila basah oleh air hujan pun tidak licin.

Tips Seputar Mosaik

Ketika memilih warna mosaik, pertimbangkan suasana atau kesan yang timbul dari warna tersebut bila di pasang di dalam rumah, yakni kehangatana atau kesejukan dan intensitas warna. Sebagai produk homogenous tile, mosaik memiliki daya serap air yang rendah, sehingga tidak diperlukan lagi untuk perendaman dalam air seperti pada umumnya. Ketika memilih nat, pertimbangkan warna yang senada dengan mosaik yang akan dipasang.

Nat putih cocok dengan nuansa Mediterania. Nat gelap cocok dengan warna-warna cerah. Jika Anda tidak yakin, nat abu-abu mungkin menjadi pilihan terbaik. Perawatan mosaik seperti pada bodytile biasa menggunakan kain lap basah, tak perlu diguyur dengan air. Lakukan pembersihan segera jika mosaik di dinding atau lantai terkena noda. ● (Hendaru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here