SAATNYA RILEKS DI ATAS BALKON

0
448
Balkon

Balkon merupakan faktor penting pada bagian rumah bertingkat yang membuat tampilan rumah akan terlihat lebih indah. Balkon berfungsi sama dengan teras yang ada dilantai bawah yakni untuk bersantai dan sekaligus tempat sirkulasi udara. Hanya saja balkon memiliki kelebihan yakni dapat melihat pemandangan dengan jarak pandang yang lebih luas.

Balkon dengan konsep natural dengan memadukan bahan-bahan alami dengan bentuk furniture yang simple. Peletakan tanaman di kedua sisi dapat menambah kesan natural dan sejuk pada balkon. Konsep seperti ini cocok digunakan untuk yang menyukai tanaman, bentuk-bentuk sederhana namun tetap memberikan kesan manis pada balkon.

Motif yang beragam pada bantal bench dan warna softmemberikan kesan yang santai dan tidak membosankan karena penggunaan material kayu pada bench, lantai, dan dinding. Penggunaan warna hitam pada pagar teralis polos secara vertical dengan material besi.
Pemilihan tanaman pada balkon sangatlah penting untuk menghindari cahaya matahari maksimal, pemilihan tanaman yang tidak terlalu tinggi dan juga pemilihan jenis tanam yang tumbuh merambat membuat balkon semakin rindang dipenuhi tanaman-tanaman. Atap balkon yang transparan berfungsi untuk melindungi dari hujan tetapi tidak dapat melindungi dari panasnya sinar matahari, balkon ini secara keseluruhan bernuansa terbuka karena efek dari pemilihan material atap.

Balkon

Selain itu terdapat pula side table berbentuk box kayu yang menyatu dengan bench. Side table ini tidak hanya berfungsi untuk meletakan barang di atas permukaannya saja, namun juga berfungsi sebagai media tanam tumbuhan. Untuk memaksimalkan luas area balkon yang terbatas sebagai tempat bersantai namun tetap didukung dengan element tumbuhan.
Konsep balkon modern, memadupadankan warna-warna netral dengan warna yang kontras seperti merah dan hitam dan juga minim elemen dekor yang tidak berlebihan sehingga dapat memberikan kesan berwarna dan menyenangkan pada balkon. Material lantai yang mengkilap bewarna hitam diimbangi dengan ceiling bewarna putih yang simple dengan tambahan lampu spotlight untuk menerangi balkon pada malam hari.

Pagar teralis polos secara horizontal berbentuk pipa dengan warna silver menguatkan kesan modern pada balkon, pemilihan furniture seperti bench dan ayunan untuk melengkapi suasana bersantai pada balkon juga menentukan konsep yang ingin diberikan pada balkon, konsep modern memberikan tampilan lebih futuristik.

BAlkon

Pemandangan balkon adalah taman dengan pohon-pohon yang tinggi, sehingga tidak dibutuhkan lagi unsur tanaman pada balkon untuk menemani suasana santai. Balkon yang berfungsi sebagai ruang tambahan pada rumah karena menyatu dengan ruangan sebelah yang hanya dibatasi pintu kaca.
Desain balkon natural modern dengan nuansa kayu. Teras Minimalis dengan ukuran yang sempit memang membingungkan untuk di dekorasi. Elemen penting seperti kursi, meja dan tanaman hijau tentu ingin dihadirkan di teras depan atau belakang rumah. Sayangnya perumahan sederhana tidak memiliki porsi yang cukup besar untuk mendirikan taman duduk-duduk yang rimbun.

Balkon ini memiliki luas yang tidak cukup besar. Sehingga pilihannya tidak menggunakan furniture yang bisa digunakan sebagai fasilitas duduk- duduk bersantai di balkon. Balkon dibuat seperti halaman rumah dengan tambahan elemen batu, dan rumput yang seperti suasana sebenarnya halaman bawah. Untuk membatasi dengan balkon sebelah dibuatlah sebuah partisi dari kayu yang ukurannya cukup tinggi, digunakan juga sebagai tempat hanging display tanaman.

Partisi kayu dengan arah horizontal dibuat seirama dengan pagar teralis, pagar teralis juga dimanfaatkan sebagai tempat menggantungnya tanaman-tanama. Batu-batu alam secara tidak langsung adalah sebagai media pembatas antara teralis dan area rumput yang dapat diduduki secara lesehan seperti konsep tamsya ditaman.

Sebuah balkon juga bisa dibuat rimbun dengan tanaman- tanaman yang biasa terdapat di teras rumah. Jika ukuran balkon cukup besar bisa ditambahkan dengan furniture sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati udara luar. Namun karena balkon pada hunian ini sangat kecil dan hanya dimanfaatkan sebagai taman dengan berbagai macam tumbuhan seperti bunga yang bewarna warni dan letakkan pada lantai balkon.

Pada umumnya, balkon lebih kecil dari teras. Balkon dimasukkan pada sebuah hunian sebagai upaya untuk memperluas ruang tamu di luar bangunan utama. Segelintir perumahan baru saat ini menambahkan unsur balkon sebagai pemanis eksterior. Balkon yang terletak di lantai dua, terhubung dengan jendela besar atau pintu yang ada di dalam area hunian.

Balkon sangat mungkin didekorasi menjadi menarik, bahkan dapat menjadi salah satu ruang tambahan yang menawan. Dapat memanfaatkannya sebagai ruang baca, ruang santai, area keluarga.
Balkon difungsikan sebagai area tambahan untuk bersantai menikmati suasana luar, atau hanya sekadar bercerita ringan, pemilihan kursi yang dipakai adalah kursi selayaknya kursi teras rumah, yang difungsikan tidak untuk duduk berlama-lama dapat dilihat dari bentuk kursi. Unsur dekoratif yang ada pada balkon pun sangat minimalis hanya sebuah pot dengan ukuran sedang dan ditanami tumbuhan hijau setinggi teralis. Teralis berbentuk simple dengan arah verikal dan bewarna putih sepadan dengan warna dinding balkon dan ceiling.●

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here