ROOFTOP, REHAT SEJENAK DI ATAP RUMAH

0
60
atap rumah
Rooftop garden di atas memiliki konsep modern tropical

Liburan merupakan momen yang selalu dinanti dikala tuntutan pekerjaan mulai menumpuk. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan meluangkan waktu sejenak, mengasingkan diri dari padatnya ibukota untuk menikmati ketenangan alam. Banyak cara yang ditempuh untuk menikmatinya, salah satunya dengan duduk bersama keluarga maupun sahabat dan menikmati eloknya paras bumi kita. Atap rumah banyak spot yang mampu menghadirkan suasana tersebut, salah satunya spot yang ditawarkan adalah rooftop. Pada desain rooftop di atas, suasana ketenangan alam sungguh dihadirkan, ditambah point kebersamaan yang mampu tercipta sambil menikmatinya.

Baca : SMART ELEGANT

Rooftop garden di atas memiliki konsep modern tropical, terlihat dari pemilihan material dan warna yang dihadirkan dengan kesan bersih dan rapi. Material lantai menggunakan kayu parket yang sangat cocok dengan situasi outdoor, karena tahan terhadap cuaca dan tidak menimbulkan genangan air setelah hujan. Selain itu parket sendiri memberikan kesan hangat dari warna yang dimilikinya, serta menambah kesan tropis pada ambiance rooftop. Pagar pembatas yang menggunakan material besi dengan finishing cat minyak hitam. Pada sekeliling area rooftop ditempatkan banyak pot tanaman yang memberikan kesan segar dari warna hijau tanaman. Suasana rooftop ini tidak menonjolkan banyak warna yang mencolok, dikarenakan pemandangan yang dapat Sungguh paket yang lengkap untuk sekadar meneguk segelas kopi, melarikan diri dari hiruk pikuk deadline pekerjaan di ibukota.

Rooftop ini memiliki area yang leluasa bagi pengguna untuk menikmati pemandangan dan bersantai. Gaya modern yang diambil diterapkan pada penataan yang sederhana. Rooftop digunakan untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga dan dapat digunakan untuk makan bersama. Meja makan dan kursi dengan material besi mempermudah perawatan. Pengguna akan dengan mudah membersihkan dan merawat furniture tersebut.

Simak : Review Proyek Landmark Residence Bandung – Sirkulasi Heat Pump

Penggunaan warna dan material yang senada membuat pusat perhatian tertuju pada pemandangan sekitar. Terutama saat malam hari. Ruang dengan suasana yang menunjang untuk bersantai dan menikmati makan malam yang hangat bersama keluarga. Penggunaan payung pada area rooftop dapat mengurangi teriknya panas matahari pada siang hari dan melindungi dari hujan. Tidak terdapat banyak tanaman namun pada lantai dapat diaplikasikan rumput sintetis, dan pot berisi tanaman yang cukup besar dan tinggi sudah mewakili suasana taman.

Desain rooftop menggunakan langgam tropical modern, terlihat dari pemilihan warna dan material alami yang mempresentasikan karakteristik langgam tropical, serta pemilihan bentuk furniture yang geometris yang mempresentasikan karakteristik langgam modern. Pada setiap sudut rooftop ditumbuhi tanaman besar dan tinggi, tanaman dengan nuansa hijau mengikuti di sekitar pot tanaman. Tanaman yang cukup rimbun ditemani dengan nuansa coklat pada pemilihan lantai. Kesan natural juga diaplikasikan pada dinding yakni penggunaan bata ekspos.

Rooftop bisa menjadi tempat menemukan inspirasi baru, tempat mencari ketenangan seorang diri. Jadi pada area rooftop sebenarnya peletakan furniture sebutuhnya saja. Pada gambar terdapat kursi santai dan side table untuk meletakkan secangkir minuman hangat. Pemilihan material furniture pun yang mampu menahan keadaan diluar. Tidak ada area perlindungan dari sinar matahari atau pun hujan. Untuk menambah ketenangan pada rooftop diciptakan suasana kebun. Rooftop ditumbuhi rumput sebagai lantai pijakan. Disudut rooftop rumput dibiarkan meninggi, sehingga terlihat tumbuh alami. Di sekeliling teralis ditumbuhi tanaman yang merambat.

Balkon yang berfungsi sekaligus sebagai rooftop, pada area ini ditumbuhi pohon yang cukup besar dengan pot. Sepertinya pohon itu akan terus bertambah tumbuh besar. Sambil memandangi pemandangan dari rooftop, dapat duduk santai dengan sofa material yang cocok untuk di luar ruangan bewarna cerah, orange. Pilihan lantai paving block juga cukup menarik dan disekeliling lantai ditumbuhi rumput dan tanaman menjalar hingga keluar teralis. Teralis besi bewarna hijau, nampak menyatu dengan warna tumbuhan merambat.

Rooftop juga dapat difungsikan sebagai area komersial. Pada gambar rooftop di atas dilengkapi dengan fasilitas duduk dengan bentuk yang berbeda, seperti meja bar, dinning chair dan kursi santai menghadap ke arah teralis. Teralis dengan material kaca, seolah tak ada batas antara rooftop, dapat menikmati pemandangan dengan leluasa. Pemilihan furniture yang bewarna dipadukan dengan lantai karpet rumput sintetis, warna cerah pada dinding seperti kuning dan merah. Rooftop ini menjadi tempat me-recharge semangat dan pikiran kembali.

Rooftop menjadi alternatif tempat pertemuan acara besar dengan kapsitas orang yang terbatas. Pemilihan furniture dengan warna gelap di antara hamparan rumput sintetis, menjadikan atap rumah terlihat cukup luas dan elegan. Tumbuhan dengan box yang ditempatkan sesuai posisinya menjadikan tanaman tumbuh rapi dengan pilihan bunga lavender berwarna unggu, dan sebagai pusat dari suatu kegiatan. Terdapat area backdrop dengan tumbuhan merambat dan berbunga. Di sisi kiri dan kanan ditambahkan vas bahan metal sebagai objek dekoratif.

Rooftop dengan ukuran minimalis bisa dimanfaatkan sebagai media tanam tumbuhan yang terbaik saja, sehingga perawatannya lebih dapat diperhatikan. Tanaman dapat tertata rapi tidak tumbuh sembarangan pada area rooftop yang terbatas. Walaupun kecil area rooftop masih bisa menjadi area santai dengan pemilihan furniture yang tepat. Pilihlah furniture, yang membuat atap rumah tidak terlihat penuh. Furniture bahan kayu dan berukuran sedang, serta dapat dilipat saat tidak digunakan adalah pilihan yang tepat pada atap rumah kecil ini. Lantai menggunakan rumput sintetik supaya tidak tumbuh sembarangan yang dapat membuat balkon terlihat sembraut. Cukup pilih tanaman yang asli dan tumbuh rapi.

(Rina Renville Founder De’Stijl Cipta Kreasi Interior Designer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here