Relaksasikan Tubuhmu di Kolam Renang

0
40

Mengendurkan otot-otot tubuh yang penat paling nikmat bila dilakukan dengan berendam di kolam renang. Ada lima pilihan desain kolam renang yang bisa melengkapi rumah Anda.

Baca Juga :

Liburan merupakan momen yang selalu dinanti dikala tuntutan pekerjaan setiap hari. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan meluangkan waktu sejenak, mengasingkan diri dari padatnya ibukota untuk menikmati ketenangan alam. Banyak cara yang ditempuh untuk menikmatinya, salah satunya dengan duduk bersama keluarga maupun sahabat dan menikmati eloknya alam Indonesia. Banyak spot yang mampu menghadirkan suasana tersebut. Salah satunya spot yang ditawarkan adalah area kolam renang. Pada desain kolam renang di kanan bawah, suasana ketenangan alam sungguh dihadirkan, ditambah point kebersamaan yang mampu tercipta saat menikmatinya.

Kolam renang ini menghadirkan konsep modern tropical, terlihat dari pemilihan material dan warna yang dihadirkan dengan kesan bersih dan rapi. Material lantai menggunakan kayu parket yang sangat cocok dengan situasi outdoor karena tahan terhadap cuaca dan tidak menimbulkan genangan air. Selain itu, parket sendiri memberikan kesan hangat dari warna yang dimilikinya, serta menambah kesan tropis.

Sekeliling kolam ditumbuhi dengan tumbuhan yang lebat dan tinggi, menambah kesejukan saat melakukan aktivitas berenang, karena kolam renang berada pada luar ruangan dan tanpa atap. Pada dinding depan terdapat outdoor waterfall sebagai pembatas dan juga memberikan estetika yang menyegarkan mata. Pemilihan furniture menggunakan rotan sintesis dengan dominasi warna terang dengan sedikit aksen putih.

Air merupakan kebutuhan utama dalam siklus kehidupan manusia. Air sangat dekat dengan kehidupan pribadi setiap manusia, baik untuk kebutuhan biologis, maupun kesenangan atau hobi. Penyajian elemen air dalam hunian dapat berbentuk kolam renang, kolam ikan, maupun waterfall yang menghasilkan suara alami air.

Kehadiran kolam dalam rumah dapat membantu menurunkan suhu ruang, karena udara panas yang masuk ke dalam rumah akan diredam oleh elemen air dan udara di dalam ruang menjadi lebih sejuk. Selain manfaat kesejukan dalam rumah, kolam juga memiliki manfaat bagi psikologis penghuni, yaitu menghadirkan ketenangan. Suara gemercik di tengah ketenangan yang dihasilkan oleh pertemuan air dengan air, yang biasa dihadirkan dalam bentuk air mengalir atau cipratan air dalam kolam.

Kehadiran kolam dalam rumah dapat membantu menurunkan suhu ruang, karena udara panas yang masuk ke dalam rumah akan diredam oleh elemen air dan udara di dalam ruang menjadi lebih sejuk. Selain manfaat kesejukan dalam rumah, kolam juga memiliki manfaat bagi psikologis penghuni, yaitu menghadirkan ketenangan. Suara gemercik di tengah ketenangan yang dihasilkan oleh pertemuan air dengan air, yang biasa dihadirkan dalam bentuk air mengalir atau cipratan air dalam kolam.

Pemilihan elemen dan material yang pas akan menciptakan suasana kolam yang dapat menyatu dengan konsep hunian. Pada kolam renang ini diciptakan suasana yang sangat alami dapat terlihat pada dinding samping yang ditumbuhi tanaman merambat dan pemilihan elemen kayu pada lantai dan pagar pembatas. Ukuran kolam yang minimalis ditambahkan fasilitas duduk untuk bersantai dan berjemur dibawah terik matahari, serta terdapat kursi taman dan dilengkapi dengan payung untuk berteduh.

Konsep perancangan kolam sebaiknya disesuaikan dengan konsep hunian itu sendiri. Hunian atau rumah tinggal bergaya minimlis akan lebih tepat dipadukan dengan kolam dalam rumah dengan konsep minimalis. Konsep kolam mini memiliki aksen yang sederhana dengan motif tile kecil nuansa putih. Ukuran kolam disesuaikan dengan luas ruang atau bangunan. Ini dimaksudkan agar sebuah ruang tidak kehilangan fungsinya. Pasalnya, jika terlalu luas ruangan yang digunakan akan kehilangan makna estetika maupun fungsional karena space yang diberikan untuk kolam terlalu kecil.

Kolam renang ini berbentuk seperti huruf U dengan tangga menuju dasar kolam. Pemilihan warna lantai yang beragam, memberi batas wilayah secara langsung. Di area kolam terdapat sudut untuk bersantai ada sofa dan coffee table yang dihiasi dengan penutup atas berupa kain yang menjuntai dan melengkung. Ini menambah unsur estetika area kolam renang. Tak ketinggalan dilengkapi dengan tanaman hijau yang menjalar memenuhi dinding dan beberapa pohon berukuran sedang.

Desain balkon menggunakan langgam industrial, terlihat dari pemilihan warna dan material yang mempresentasikan karakteristik langgam industrial. Serta pemilihan bentuk kolom penyangga atap kolam renang yang geometris yang mempresentasikan karakteristik industrial. Material lantai yang digunakan di sekitar kolam renang adalah keramik dengan permukaan sedikit kasar. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan-kecelakaan kecil seperti terpeleset pada saat berjalan di atasnya. Warna netral digunakan pada dinding, lantai dan reiling.

Disamping area kolam renang terdapat area keluarga yang dibatasi dengan pintu kaca. Sehingga ruangan terasa menyatu dan terlihat luas, karena sebenarnya area kolam renang ini tidak memiliki area yang cukup luas disekitarnya untuk bersantai. Tidak terdapat tambahan fasilitas duduk untuk menikmati suasana kolam. Apabila ingin menikmati suasana kolam dapat duduk di area ruang keluarga.

Kolam renang tampak kanan atas memiliki area yang leluasa untuk menikmati pemandangan dan bersantai. Gaya modern yang diambil diterapkan pada penataan yang sederhana. Posisi kolam renang yang berada dekat dengan ruang makan sekaligus bisa untuk bersantai bersama dengan keluarga sambil makan bersama. Pada area kolam renang berdekatan dengan dapur memberikan suasana berbeda yang biasanya kolam renang menampilkan view ruang keluarga.

Layout ruangan terlihat efektif dengan kolam renang berukuran minimalis dan di sekeliling kolam hanya ditumbuhi rumput untuk berjalan mengelilingi kolam. Penggunaan warna dan material yang senada membuat pusat perhatian tertuju pada pemandangan sekitar. Terutama saat malam hari. Ruang dengan suasana yang menunjang untuk bersantai dan menikmati makan malam yang hangat bersama keluarga. ●

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here