Real Estate Australia Group Akuisisi iProperty Group

0
217

Real Estate Australia Group Akuisisi iProperty Group

Real Estate Australia (REA) Group Limited, perusahaan media digital multinasional spesialis properti mengumumkan penyelesaian akuisisi iProperty Group, pemilik dan operator portal properti nomor 1 di Asia. Akuisisi ini memastikan posisi REA Group sebagai pemimpin pasar dalam industri properti online di wilayah Asia Pasifik.

Sebelumnya, pada 2014 lalu, REA Group telah mengakuisisi 17,22% sahan iProperty Group, kemudian pada Juli 2015 meningkatkan kepemilikan saham menjadi 22,7%. Baru pada November 2015, REA Group kembali membeli sisa saham dengan harga 4 USD per lembar atau setara dengan AUD$ 578 juta. Keseluruhan nilai saham iProperty Group berada di kisaran AUD$ 750.8 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun.

“Tanggal 28 Januari lalu telah diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) bahwa REA mengambil alih seluruh saham iProperty Group. Dan pada 2 Februari diputuskan melalui sidang di pengadilan Australia. Baru 16 Februari final REA akuisisi 100% saham iProperty,” kata Ignatius Untung, Country General Manager Rumah123, di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Chief Operating Officer International and Developer REA Group Limited, Arthur Charlaftis mengatakan, akuisisi ini merupakan langkah maju dan bagian dari strategi REA Group di pangsa pasar dunia, terutama di Asia.

“Langkah ini merupakan game-changer untuk industri kami dan merupakan refleksi dari visi REA Group. Dengan populasi lebih dari 500 juta orang, Asia Tenggara adalah pasar properti dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Apalagi kaum menengah pun tumbuh cepat dan memiliki ketertarikan tinggi memasuki pasar properti,” kata Charlaftis.

iProperty Group telah beroperasi dan menjadi pemimpin pasar properti di 6 negara, yakni di Hong Kong, Indonesia, Thailand, dan Malaysia, serta di Singapura dan Filipina.

“Kami memiliki sinergi yang kuat dengan REA Group dan akuisisi ini adalah akselerator utama karena secara signifikan akan meningkatkan profil pertumbuhan kedua perusahaan. Di sisi lain, akuisisi ini memberikan konsumen, para pembeli properti dan investor kesempatan untuk memasuki pasar properti yang lebih luas,” kata Chief Executive Officer of the iProperty Group Georg Chmiel.

“Akuisisi ini menjadikan posisi REA Group sebagai top-tier pemain global di industri properti,” sambung Charlaftis.

Dengan memiliki kultur customer-consumer centric dan kemampuan yang kami miliki, sambung Charlaftis, kami yakin mampu memanfaatkan sumber daya kami di seluruh dunia untuk memberikan hasil yang lebih unggul bagi para pelanggan.

Melalui akuisisi ini, Rumah123.com sebagai salah satu situs properti terbesar di Indonesia yang juga bagian dari grup iProperty mengumumkan perubahan homepage dan sejumlah konten pada websitenya. [pio]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here