PUPR Bangun Rusunawa Barak Mini Ponpes di Tangerang

Rusunawa Barak Mini ini dibangun dengan panjang bangunannya 24 meter dan lebar sekitar 8,2 meter. Rusunawa yang dibangun dengan anggaran Rp2,5 miliar tersebut menampung 56 santri.

0
108
ponpes barak mini
PUPR bangun Rusunawa Barak Mini untuk Ponpes di Kabupaten Tangerang./ dok. PUPR

Propertyandthecity.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan inovasi dalam mengembangkan rumah susun sewa (Rusunawa). Kali ini, di lahan yang terbatas, PUPR membangun Rusunawa Tipe Barak Mini di Pondok Pesantren Raudlatussalam yang berada di Desa Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pembangunan Rusunawa Pondok Pesantren Raudlatussalam dilaksanakan pada tahun 2019 lalu dan saat ini sudah rampung. Rusun satu tower dua lantai dengan tipe Barak Super Mini memiliki unit hunian terdiri dari empat barak dan telah dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur susun sebanyak 28 unit dan juga lemari sebanyak 28 unit. Pembangunan rusunawa tersebut menelan biaya sebesar Rp2,5 miliar.

Baca: Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Rusunawa Institut Ilmu Al Qur’an

Rusunawa Barak Mini ini dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas. Panjang bangunannya 24 meter dan lebar sekitar 8,2 meter. Luas keseluruhan bangunan totalnya 196,8 meter persegi dan dapat menampung 56 santri. Diharapkan para santri dan pengasuh Ponpes Yayasan Raudlatussalam untuk dapat memanfaatkan hunian vertikal tersebut dengan sebaiknya-baiknya untuk menuntut ilmu.

“Alhamdulillah pembangunan Rusun ini telah selesai dan siap untuk di huni santriwati. Kami mengucapkan terima kasih yang kepada Kementerian PUPR yang telah merealisasikan serta mengawasi pembangunan rusun ini mulai dari awal sampai selesai,” ujar Pimpinan Ponpes Raudlatussalam TB Abdussomad, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR, Senin (23/3/2020).

Baca: Menteri Basuki Resmikan Rusunawa Unpad

Rusun santri umumnya memiliki 8-12 kamar tipe barak yang dapat menampung sekitar 216 santri/mahasiswa. Sedangkan Rusun Mahasiswa menggunakan kamar tipe 24 yang dapat dihuni 2 orang. Adapun Rusun ASN diperuntukan bagi ASN yang belum menikah maupun yang sudah berkeluarga. Pada umumnya memiliki 3-4 lantai dengan tiga tipe kamar yakni tipe 24, 36 dan 45 dan jumlah unit sebanyak 36-58 unit.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here