PRAHA “Surat Dari Praha”

0
51
Praha

Menikmati keindahan Kota Praha lewat film Surat Dari Praha rasanya tidak cukup. Nikmati romantisnya Praha, kota yang paling banyak dikunjungi kelima di Eropa.

Baca Juga :

Pernah menonton film Surat Dari Praha yang dibintangi antara lain Rio Dewanto, Widyawati, Tyo Pakusadewo. Film drama romantis tahun 2016 ini menghadirkan kisah dengan latar belakang Kota Praha. Penonton seakan dibawa ke abad pertengahan dengan keindahan Kota Praha yang dipenuhi bangunanbangunan tempo doeloe dengan jalan-jalan berbatu conblock ciri khas kota-kota di Eropa. Romantisme Eropa bisa Anda rasakan lewat film Surat Dari Praha yang dibalut dengan suasana Kota Praha.

Sekilas melihat ke belakang, sejarah Kota Praha dimulai pada masa Romawi. Kemudian mulai berkembang pada era Gothic, Renaissance, dan Baroque. Kota ini pernah menjadi ibu kota Kerajaan Bohemia, juga sempat menjadi kediaman para raja, seperti Charles IV. Saat ini, Kota Praha menjadi kota terbesar ke-14 di Uni Eropa, dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta dan 2,6 juta penduduk metropolitan.Terletak di barat laut Negara Republik Ceko, tepatnya di tepi sungai Vltava, Praha memiliki empat musim seperti kota lain di negara-negara Eropa.

Sebagai ibukota negara, bisa dimaklumi kalau ekonomi di Kota Praha menjadi tulang punggung Republik Ceko. Diketahui total PDB di Praha tahun 2018 berjumlah 44,1 juta euro. Di tahun yang sama juga Praha menyumbang PDB negara Ceko sebesar 24,9 persen dan menjadikan kota ini memiliki tingkat ekonomi regional dengan kinerja tertinggi di negara itu. Menurut Eurostat Regional Yearbook 2017, Kota Praha mejadi kota dengan tingkat kinerja terbaik ketujuh di Eropa.

Kota Praha selain menjadi pusat ekonomi Negara Ceko, juga menjadi pusat hubungan ekonomi multinasional di seluruh negara. Diketahui bahwa sebagian besar lembaga keuangan dan perusahaan asing berbasis di Praha. Posisi ini ikut memengaruhi tingkat kesuburan ekonomi daerah Praha. Bidang jasa dan industri produksi memegang peran aktif di Praha sebagai penggerak ekonomi. Untuk industri tersier di Kota Praha menyedot pekerja sebanyak 80 persen dari total penduduknya. Sedangkan untuk tingkat pengangguran di kota ini cukup sedikit sekitar 1,7 persen.

Ke Dua Belas di Dunia

Walaupun terbilang kota dengan bangunan-bangunan tua, tetapi jangan salah dalam hal transportasi publik. Praha ternyata memiliki tingkat penggunaan transportasi publik tertinggi di dunia, dengan 1,2 miliar perjalanan penumpang per tahun. Infrastuktur transportasi umum di Praha sudah tertata rapih dan terintegrasi satu sama lain. Infrastruktur transportasi publik Praha dibawah naungan Prazska Integrovana Doprava (PID). Transportasi Praha terdiri dari Prague Integrated Transport of Prague Metro yang memiliki tiga jalur, yaitu A, B, dan C dengan panjang lintasan 65 km, dan total 61 stasiun pemberentian.

Sistem Trem Praha memiliki 22 jalur trem, yaitu jalur yang diberi nomor 1 hingga nomor 26. Bus Praha memiliki sekita 130 jalur bus, dengan sistem penomoran 100 hingga nomor 299. Terdapat juga kereta komuter S, trem jarak jauh, dan kapal feri yang berdermaga di Sungai Vltava. Untuk stransportasi Trem di Praha adalah yang terpanjang ke dua belas di dunia, yaitu sepanjang 142 km, dengan rolling stock terdiri dari 857 gerbong.

Semua transportasi umum di Praha memiliki sistem tiket umum terintegrasi yang dapat dipakai semua model transportasi umum. Tiket paling dasar dapat dibeli untuk sekali perjalanan dengan durasi 30 hingga 90 menit perjalanan. Sedangkan untuk tiket wisata jangka pendek tersedia untuk periode tiga hari. Jika ingin menggunakan tiket terusan jangka panjang dapat dibeli pada sistem tiket kartu pintar Litacka. Tiket jangka panjang tersebut memiliki beberapa pilihan periode aktifasi, yaitu dari satu bulan, tiga bulan, dan untuk satu tahun.

Semua pelayanan transportasi umum tersebut dijalankan oleh Perusahaan Transportasi Publik Praha dan juga beberapa perusahaan swasta lain. Seperti Penyelenggara Regional Transportasi Terpadu Praha memiliki operasi waralaba feri di Sungai Vltava yang juga merupakan bagian dari transportasi umum dengan tarif umum. Untuk layanan taksi melakukan penjemputan di jalan-jalan atau lokasi penjemputan yang sudah diatur.

Kota Kelima di Eropa

Kota Praha boleh bersyukur karena menjadi kota yang paling sedikit mengalami kerusakan dibandingkan kota-kota Eropa lainnya saat Perang Dunia ke-2 berkecamuk. Kondisi ini menguntungkan bagi peninggalan bangunan bersejarah di Kota Praha yang relatih masih terjaga keutuhannya. Kalau Anda berkunjung ke Praha bisa menyaksikan salah satu arsitektur yang paling murni dan beragam di dunia, dari bangunan Romawi, Gothic, Renaissance, Baroque, Art Noveau, Neo-Klasik, dan Ultra Modern.

Tidak heran kalau kemudian Praha menjadi kota di Eropa yang paling banyak dikunjungi kelima setelah London, Paris, Istanbul, dan Roma. Sejarahmya yang kaya menjadikan kota ini banyak diminati wisatawan nasional maupun internasional. Di tahun 2017 Praha menerima kunjungan wisatawan internasional kurang lebih 8,4 juta pengunjung per tahun. Sedangkan dengan biaya kehidupan yang relatif rendah, Praha menjadi tujuan populer ekspatriat untuk pindah ke Eropa.

Destinasi wisata yang populer di Praha adalahOld Town Square terletak di jantung sejarah Kota Praha, yaitu di antara Wenceslas Square dan Charles Bridge. Old Town Square atau Alun-alun Kota Lama Praha ini dikelilingi oleh bangunanbangunan tua yang indah dan memiliki sejarah yang panjang. Di sekitar alunalun juga terdapat Jewish Quarter atau Jewish Town atau Josefov, Praha. Jewish Quarter adalah sebuah area kecil bekas perkampungan Yahudi. Selain bangunan bersejarah yang menjadi daya tarik. Di alun-alun ini juga terdapat jam astronomi yang merupakan jam astronomis tertua di Eropa.

Sistem pajak Kota Praha sama dengan yang diterapkan di seluruh negara Ceko. Perubahan perundang-undangan perpajakan di Ceko sukup sering terjadi dan menjadi hal yang umum karena perekonomian Ceko yang dinamis. Nilai Pajak PPN sendiri standard yang diterapkan di Uni Eropa yaitu sebesar 21 persen. Untuk tingkat pendapatan tertinggi dihasilkan dari pajak penghasilan, kontribusi jaminan sosial, pajak pertambahan nilai dan pajak perusahaan. Diketahui pada tahun 2015 total pendapatan pajak mencapai 670 miliar koruna Ceko, yaitu sekitar Rp4,11 triliun. Total pendapatan tersebut merupakan 36,3 persen dari PDB Negara Ceko.

Pajak Properti dan tanah dibayarkan setiap satu tahun sekali, biasanya dikenakan pada pemilik tanah dan bangunan. Namun untuk bangunan yang disewakan pajak akan ditanggung oleh penyewa. Cara menghitung nilai pajak bangunan adalah didasarkan pada luas lahan yang ditempati. Nilai pajak bangunan berkisaran 2 koruna Ceko hingga 10 koruna Ceko per meter persegi, yaitu setara dengan Rp1300 hingga Rp6200 per meter persegi.

Harga Standar Internasional

Harga Properti Di Kota Praha mulai melonjak naik pada tahun 2017. Ini tidak lepas dari kebijakan perdana menteri terpilih ketika Andrej Babis yang menaikkan harga jual properti tidak lama setelah resmi menjadi Perdana Menteri Ceko pada Oktober 2017. Harga untuk properti di Kota Praha naik ke level standard internasional. Beberapa agent properti lokal mengatakan harga properti di pusat kota tua Praha mencapai 13.000 dollar AS per meter persegi, yaitu setara dengan Rp181 juta per meter persegi.

Sedangkan untuk harga flat bekas di Praha naik hingga 18 persen di tahun 2017. Kenaikan tersebut adalah yang terbesar sepanjang tiga tahun terakhir di Praha. Sebelumnya kenaikan harga properti per tiga tahun terakhir hanya mencapai 11 persen pertahunnya. Agen penjualan properti lokal berani menjual apartemen dengan dua kamar tidur yang berlokasi di pusat kota tua Praha dengan harga 384 juta dollar AS yaitu setara dengan Rp5 miliar. Sedangkan untuk di daerah Jeseniova di Distrik 3 Praha, apartemen dua kamar dihargai dua kali lipat dari harga di pusat kota tua Praha. Di sisi lain, kenaikan harga properti mendorong keluarga muda dan pembeli rumah pertama untuk keluar dari pusat Kota Praha dan mencari lokasi yang lebih ke pinggir kota yang harganya masih terjangkau.

Sampai pada tahun 2018, harga properti masih naik terutama di lokasi yang berdekatan dengan stasiun Metro. Untuk harga rata-rata apartemen baru dan yang sudah direnovasi di seluruh jaringan Metro Praha naik hingga 40 persen. Peningkatan tertinggi terjadi pada apartemen yang berdekatan dengan stasiun Metro jalur A, yaitu rata-rata naik 15 persen. Untuk harga flat naik hingga 100 ribu koruna Ceko per meter persegi, yaitu setara dengan Rp 61 juta per meter persegi. ● (Harini Ratna/dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here