PARKIR MUDAH DAN PRAKTIS

0
138

APLIKASI PARKEE

Parkee adalah layanan reservasi dan pembayaran parkir digital. Mampu menghemat waktu hingga 60 persen dalam mencari area parkir.

Masalah parkir kendaraan adalah problem di kota-kota besar. Ketersediaan hunian apartemen yang mampu menampung penghuni banyak, terkadang tidak diimbangi lahan parkir yang mencukupi oleh pihak pengembang apartemen tersebut. Akhirnya pakir menjadi problem bagi penghuni apartemen karena kapasitas lahan parkir yang tidak mencukupi bagi kendaraan roda empat milik penghuni apartemen.

Berbagai terobosan di industri properti dilakukan agar orang menghindari penggunaan kendaraan pribadi. Konsep hunian transit oriented development (TOD) yang saat ini sedang booming di Jakarta, juga sebagai upaya mengurangi orang menggunakan kendaraan pribadi. Tinggal di apartemen yang menempel di stasiun KRL atau LRT cukup berjalan kaki ke moda transportasi massal. Puluhan apartemen dengan konsep TOD tumbuh bak jamur di musim hujan. Tetapi inipun tidak mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi roda empat secara signifikan.

Pembangunan area parkir memang terus bertambah mengikuti pembangunan gedung perkantoran atau apartemen. Ini tidak bisa dihindari karena pengguna gedung perkantoran atau apartemen sebagai pihak pertama yang menggunakan area parkir untuk kendaraannya. Tetapi harus dipikirkan area parkir yang lebih modern. Termasuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan dan kenyamanan dari fasilitas yang sudah ada.

PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark), salah satu perusahaan manajemen parkir nasional termasuk yang cukup intens memikirkan persoalan parkir kendaraan. Bahkan, konsep terbaru CentrePark, sebuah perusahaan anak bangsa yang didirikan tahun 2009 ini kini mulai merambah pada penyediaan gedung khusus perparkiran yang dirancang lebih modern. Ragam inovasi dengan teknologi yang lebih modern juga siap diaplikasikan, salah satunya adalah dengan menggandeng Parkee, sebuah aplikasi online khusus perparkiran.

Parkee adalah layanan reservasi dan pembayaran parkir digital. Melalui aplikasi tersebut, pemilik kendaraan dapat memesan terlebih dahulu lahan parkir di gedung atau tempat yang akan dituju. “Di aplikasi ini kita dapat melihat dan memantau ketersediaan parkir ketika mencari lokasi parkir,” ungkap Direktur Parkee Wilson Sumanang belum lama ini.

Selain itu, lanjut Wilson, pembayaran parkir juga dapat dengan mudah ilakukan melalui Parkee. Tahap awal, Parkee menggandeng sejumlah e-wallet (kartu uang elektronik) seperti LinkAja, GoPay dan Dana. “Bila parkir di area yang dikelola CentrePark dan membayar parkir menggunakan aplikasi Parkee, konsumen akan mendapat sejumlah potongan harga,” ujar Wilson.

Cara pembayarannya pun sangat mudah. Henry King, VP SmartPay and Technology CentrePark menjelaskan, pengguna tinggal scan struk kode QR sebelum keluar parkir, lalu melakukan transaksi dengan satu dari dua dompet digital yang ada. “Bayar parkir jadi lebih gampang,” imbuhnya.

Beberapa pusat perbelanjaan yang telah menerapkan inovasi teknologi ini, seperti QBig Mall di BSD City, Tangerang; Mall Artha Gading di Kelapa Gading, Jakarta Utara; CentrePoint di Medan, Sumatera Utara dan lain sebagainya.

Parkee tidak hanya sebagai alternatif pembayaran parkir, tapi juga merupakan solusi untuk permasalahan kemacetan dan polusi. Bahkan, melalui aplikasi tersebut, konsumen bisa menghemat waktu hingga 60 persen. “Mulai dari cari lokasi parkir, scan tiket, hingga pembayaran dan lainnya. Semuanya bisa dilakukan, hanya melalui Aplikasi Parkee,” sambung Charles R Oentomo, President Director PT Centrepark Citra Corpora.

Menginstal Parkee cukup mudah. Pengguna tinggal download aplikasi Parkee di ponsel pintarnya melalui Google Playstore. Sementara iOS masih dalam tahap pematangan. “Tahap awal memang dengan CentrePark, ke depannya bisa dipakai untuk bayar parkir di luar CentrePark,” lanjut Wilson.

Sepanjang tahun 2019, CentrePark menargetkan aplikasi Parkee bisa diterapkan di 80 area parkir di Jakarta dan wilayah sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Hingga kuartal pertama 2019, aplikasi Parkee sudah diterapkan sedikitnya di 60 lokasi parkir yang dikelola oleh CentrePark. ● [Pius Klobor]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here