Optimalkan Rumah Hook

0
434

Rumah hook adalah istilah untuk rumah yang terletak di ujung jalan. Jenis rumah ini cenderung memiliki dua fasad yang terletak di setiap ujung blok pada komplek perumahan ataupun pertigaan dan juga perempatan jalan. Letaknya yang berada di ujung jalan berdampak pada aspek kenyamanan dan keamanan. Keuntungan yang didapatkan pada rumah hook berkaitan dengan aspek kenyamanan karena keberadaan dua fasad yang memungkinkan rumah memiliki banyak bukaan sehingga sirkulasi udara pada rumah jenis ini sangat baik.
Selain itu, keuntungan yang akan didapatkan pada rumah jenis ini adalah area penghijauan yang luas. Hal tersebut dikarenakan posisi rumah ini berada di tanah atau lahan yang terletak di garis sepadan bangunan (GSB) dan garis muka rumah (GMR). Sisa lahan yang ada dapat menjadi kelebihan lahan yang bisa digunakan sebagai lahan terbuka yang ada di antara pagar atau dinding rumah. Namun ada juga dampak buruk yang dapat ditemukan pada rumah jenis ini terkait keamanan.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rumah hook tentunya memungkinkan keberadaan dua fasad. Alasan tersebut meningkatkan probabilitas keberadaan sistem bukaan seperti jendela dan pintu yang banyak. Jika peletakkannya dan rencananya tidak tepat, akan sangat merugikan sistem keamanan pada rumah jenis ini.

Baca juga :

Keamanan
Biasanya rumah hook memiliki area sisa lahan yang cukup luas dan terkadang tidak dioptimalkan pemakaiannya oleh pemilik rumah. Terdapat dua aspek yang harus diperhatikan dalam perancangan rumah ini sebelum mulai dekorasi fasad yang estetis yakni aspek keamanan dan kenyamanan. Aspek keamanan, tentunya berkaitan dengan keselamatan pribadi dan harta benda pemilik rumah. Rumah hook cenderung beresiko tinggi kecurian yang tentunya sangat mengganggu keselamatan jiwa dan harta benda pemilik. Untuk itu, perencanaan peletakkan bukaan seperti jendela dan pintu akses keluar masuk pengunjung harus sangat diperhatikan.
Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan jendela build in yang tidak dapat dibuka tutup di lantai 1 rumah Anda. Rencanakan pintu utama rumah Anda di salah satu fasad saja. Gunakan material yang tidak mudah dirusak dan memiliki durabilitas yang tinggi seperti tempered glass pada jendela dan kayu solid pada pintu.

Selanjutnya, aspek yang tidak kalah penting dengan keamanan adalah aspek kenyamanan. Rumah memang harus aman, tetapi jika Anda tidak nyaman dengan penggunaan elemen interior rumah, Anda pun tidak akan kerasan untuk tetap tinggal. Kenyamanan sangat berkaitan dengan respon motorik pengguna rumah. Seluruh indera manusia dapat merespon  semua aspek kenyamanan yang terdapat pada bangunan rumah. Indera penglihatan akan merespon aspek estetika dan indera perasa akan merespon temperatur yang akan ditemukan pada aspek sirkulasi.
Rumah hook membuat pengguna punya kesempatan untuk memiliki dua fasad dan lahan hijau yang luas. Anda dapat membuat kedua fasad tersebut lebih estetis dengan memaksimalkan keberadaan jendela di lantai dua, membuat balkon, bermain dengan perancangan atap, atau membuat vertical garden pada tembok fasad yang kosong. Sedangkan jika Anda telah membeli kelebihan dari sisa lahan, Anda dapat membangun sebuah kolam untuk penghias rumah atau area bermain untuk anak-anak. Sehingga fungsi area tersebut dapat digunakan untuk keluarga Anda secara optimal. Namun, jika tidak dapat memakai lahan tersebut untuk menjadi area taman untuk pohon atau tanaman kecil yang membuat rumah Anda asri. ●

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here