OLX Luncurkan Jual-Beli Properti Baru Online

0
250
Direksi OLX Properti Baru

OLX memutuskan untuk mulai fokus pada penjualan properti online. Hal ini sudah dilakukan sejak tahun lalu. Diketahui kategori properti menjadi salah satu kategori dengan supply dan demand tertinggi di OLX. Dari data pengunjung OLX dapat dilihat dalam satu bulan, setidaknya terdapat 95.000 penjual dengan 340.000 iklan properti yang di pasarkan melalui platform OLX.

Dari jumlah tersebut 80 persennya adalah penjual properti secara individu, sementara sisanya merupakan agen properti yang ada di Indonesia. Ignasius Ryan Hasim selaku Head of Real Estate OLX Indonesia mengatakan, “sejak tahun lalu OLX berfokus pada kategori penjualan properti. Dengan fokus ini, OLX berkomitmen untuk menyediakan beragam pilihan properti bagi calon pembeli, salah satunya dengan meluncurkan Properti Baru.”

Properti Baru merupakan sebuah inisiatif dari OLX dalam bekerja sama dengan developer pilihan untuk menyediakan hunian yang beragam. Melalui kerja sama ini, calon pembeli tidak hanya disuguhkan dengan pilihan apartemen dan rumah second, tetapi juga properti baru yang masih dalam tahap pengembangan. Dengan demikian, mereka memiliki cukup pilihan sebelum memutuskan untuk membeli hunian.

OLX Property Expo di Skywalk Pondok Indah Mall

Selain meluncurkan penjualan properti online melalui propertibaru.id, OLX dengan serentak menggelar event OLX Property Expo yang berlokasi di skywalk Utara lantai 2 Pondok Indah Mall sejak tanggal 25 Februari hingga 03 Maret 2019. Hal ini dilakukan untuk menghubungakan secara langsung calon pembeli dengan developer.

Dalam hal ini OLX bekerja sama dengan 14 developer terpilih untuk mempromosikan produk perumahannya di OLX Property Expo, seperti Alam Sutera, Sinarmas Land, Ciputra, dan masih banyak lagi.

Salah satu dari pengembang, yaitu Citraland Cibubur yang ditemui pada saat acara peluncuran Properti Baru, Galih P.S. Putri selaku Marketing Manager Citralend Cibubur mengatakan, “kami tertarik bekerja sama dengan OLX sebagai platform jual-beli terbesar di Indonesia. Hal tersebut tentunya membantu kami selaku developer dalam memasarkan proyek-proyek kami.”

Data Jual-Beli Properti Online di OLX

Diketahui dari data pencarian di platform OLX, terdapat 610.000 yang mencari properti seperti rumah, apartemen, dan tanah setiap bulannya. Dari jumlah iklan yang terpasang di OLX dapat diketahui pula supply di daerah Jabodetabek.

Untuk iklan perumahan dijual paling banyak ditemukan di wilayah Bekasi Kota sebanyak 133.000 iklan terpasang per bulan. Sementara itu untuk apartemen paling banyak diiklankan di area Jakarta Selatan, yaitu sebanyak 3.000 iklan terpasang per bulan. Untuk penjualan tanah, di OLX wilayah Depok Kota menjadi area dengan jumlah iklan terbanyak, yaitu 4.900 iklan terpasang per bulan.

Dari harga jual, Jakarta Utara menempati peringkat pertama sebagai area dengan harga jual rata-rata termahal di OLX, yaitu Rp. 17,2 juta per meter persegi. Sedangkan untuk harga jual rata-rata terendah bedara di wilayah Bekasi Kabupaten, yaitu Rp. 8 juta per meter persegi.

Beda lagi untuk harga apartemen wilayah Jakarta Selatan menjadi wilayah dengan harga jual termahal di OLX, yaitu Rp 21,4 juta per meter persegi. Untuk harga apartemen terendah berada di wilayah Bekasi dan sekitarnya dengan harga jual rata-rata Rp. 12 juta hingga Rp. 14 juta per meter persegi.

Tidak hanya menawarkan beragam pilihan properti dan harga, OLX juga menawarkan kecepatan bertransaksi jual-beli properti. “Kecepatan menjual properti di OLX dapat dilihat dari durasi pemasangan iklan hingga diturunkannya iklan tersebut oleh pemilik properti. Seperti jenis apartemen rata-rata iklan tayang 22 hari iklan rumah 24 hari, dan iklan tanah sekitar 26 hari. Ini lah yang menjadi alasan bagi penjual properti, baik pemilik maupun agen properti memercayakan OLX sebagai platform online untuk beriklan properti”, tutup Ignasius Ryan Hasim.

Sayangnya OLX belum menyediakan sistem pembayaran yang terhubung secara langsung dengan perbankan di Indonesia. “untuk saat ini kami hanya menyediakan platform untuk bertemu secara online pembeli dan penjual properti, sedangkan untuk transaksi jual-beli dapat dilakukan secara masing-masing penjual atau agen properti, atau developer dengan bank yang mereka tunjuk masing-masing,” lanjut Ignasius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here