Metland Bangun Ability Hub, Wadah Pelatihan Bagi Disabilitas

Ability Hub di Metland Cibitung ini dibangun di atas lahan seluas 5000 meter. Selama dua tahun, kaum disabilitas akan mendapatkan pendampingan dan pembekalan pengetahuan dalam hal manajemen produksi, operasional, keuangan dan pemasaran.

0
441
Ability Hub di cibitung
Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara melakukan groundbreaking pembangunan Ability Hub, workshop untuk memfasilitasi penyandang disabilitas di Metland Cibitung, Senin (16/12/2019)./ Foto: dok. Metland

PropertyandTheCity.com, [CIBITUNG] – Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara meresmikan dimulainya pembangunan Ability Hub, workshop untuk memfasilitasi penyandang disabilitas di Metland Cibitung, Senin (16/12/2019). Pembangunan kompleks pelatihan tersebut digagas oleh PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui Yayasan Metropolitan Peduli (YMP).

Ability Hub di Metland Cibitung ini dibangun di atas lahan seluas 5000 meter. Fasilitas ini nantinya bertujuan untuk para penyandang disabilitas dapat menyalurkan keterampilannya dengan memproduksi barang kerajinan dan konsumsi, serta memasarkannya.

Thomas J. Angfendy, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk mengatakan, semua warga negara termasuk para penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang sama di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, walaupun para disabilitas mempunyai keterbatasan fisik, hal itu bukanlah hambatan untuk berkarya.

Baca: Resmikan Stasiun Metland Telaga Murni, Menhub Apresiasi Pengembang

“Dengan memberikan bekal keterampilan usaha dan manajemen, kita bisa membantu penyandang disabilitas untuk dapat menghidupi dirinya sendiri, tanpa harus bergantung pada orang lain,” jelas Thomas.

Peserta program Ability Hub sendiri merupakan para penyandang disabilitas yang sebelumnya telah mendapatkan pembekalan keterampilan kerja dari Balai Besar Kementrian Sosial RI. Nantinya, para peserta Ability Hub akan dilatih untuk menjadi pelaku usaha atau entrepreneur dalam bidang produksi barang yang terkait dengan keterampilan yang dimilikinya. Mulai dari industri pembuatan kaki/tangan palsu, pembuatan hotel amenities, kerajinan tas souvenir/goodie bag, pembuatan batik, percetakan ATK dan lain sebagainya.

Selama program berjalan, para peserta akan mendapatkan pendampingan dan pembekalan pengetahuan dalam hal manajemen produksi, operasional, keuangan dan pemasaran selama maksimal dua tahun. Setelah periode tersebut, peserta program Ability Hub diharapkan untuk dapat menjadi pelaku usaha yang mandiri, sehingga dapat membuka usahanya di lokasi lain. Tempat yang ditinggalkan kemudian akan menjadi wadah bagi peserta-peserta Ability Hub yang baru.

Baca: Bidik Ekspatriat Jepang, Vasanta Pasarkan Tower Chihana

Ability Hub sendiri dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kontribusi Metland dalam kegiatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2019. Melalui program ini juga, Metland turut mendukung para penyandang disabilitas dalam lingkup akses pemasaran untuk barang-barang yang telah diproduksi, seperti menjalin kerjasama dengan berbagai marketing channel, mengikuti pameran dan eksibisi, serta bekerjasama dengan badan sosial internasional.

Adapun selain itu, pelaku usaha difabel dapat menggunakan lokasi usaha yang disediakan oleh Metland secara cuma-cuma, atau tanpa dikenakan biaya sewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here