Menyasar Mahasiswa di Semarang Atas

0
41

TAMANSARI CENDEKIA APARTMENT

Sukses dengan landed, Wika Realty bangun apartemen di lingkungan kampus di Tembalang. Dua tower apartemen Tamansari Cendekia bakal menjadi investasi yang menarik.

Sebagai salah satu kota besar di Pulau Jawa, pertumbuhan Kota Semarang tentu tidak kalah dari kota-kota besar lainnya. Potensi Semarang, Ibukota Jawa Tengah ini, terus berkembang cepat seiring pembangunan infrastruktur yang memang sedang digencarkan oleh pemerintah pusat. Semarang termasuk yang sudah menikmati pembangunan tol, yaitu hadirnya Tol TransJawa. Posisi Semarang menjadi center of Java yang menjadi penghubung antara Ibukota Jakarta dengan Surabaya, Jawa Timur.

Posisi Semarang yang dilewati Tol TransJawa ini sayang dilewatkan begitu saja oleh pelaku industri properti. Kehadiran infrastruktur diyakini berimbas pada sektor properti di satu kawasan. Apalagi Semarang adalah salah satu kota tujuan para pelajar menuntut ilmu di berbagai universitas dan perguruan tinggi. Bisa dimaklumi kalau PT Wika Realty tak ingin ketinggalan dengan hadir di kota berjuluk Venetië van Java ini dengan berbagai proyeknya. Sebut saja ada landed house Tamansari Majapahit dan Tamansari Hills yang sukses diserap pasar.

Sukses dengan landed house di Semarang rupanya tidak cukup bagi Wika Realty. Pengembang BUMN ini tertantang untuk membangun highrise residensial. Saat ini Wika Realty membangun apartemen pertamanya di Semarang yaitu Tamansari Cendikia Apartment di kawasan Tembalang. Bukan kebetulan kalau Wika Realty memberi nama apartemennya Tamansari Cendekia. Pasalnya, apartemen yang berada di Semarang atas ini lokasinya dekat dengan beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Diponegoro (UNDIP), Politeknik Departemen Kesehatan dan Politeknik Negeri Semarang. Cukup jelas kalau target yang disasar Tamansari Cendikia yaitu para mahasiswa yang kuliah di berbagai perguruan tinggi tersebut.

Sejak groundbreaking dilakukan progres pembangunan Tamansari Cendikia Apartment terus berjalan. Menurut M Reza Pahlevi, Project Manager Tamansari Cendekia Apartment, pembangunan proyek ini terus dikebut untuk mengejar target serah terima ke konsumen. “Pembangunannya Kami mulai di medio 2018, dan saat ini sudah mencapai lantai enam,” ucap Reza, sembari menambahkan apartemen mulai diserahterimakan di Akhir 2020.

Peluang Investasi

Tamansari Cendekia akan memiliki 2 tower apartemen dengan masing-masing memiliki ketinggian 22 lantai. Saat ini yang sedang dipasarkan adalah tower B sebanyak 864 unit yang terdiri atas dua tipe, yakni studio dan 2 bedrooms. Penjualan tower B sudah mencapai 35 persen. Reza tahu betul, apartemen yang berdiri di sekitaran kampus adalah pasar investasi yang menjanjikan, dan ini berlaku dimana ada pusatpusat perguruan tinggi. Saat ini saja jumlah mahasiswa di UNDIP berkisar di atas atas 45 ribu orang. Setiap tahunnya bertambah sekitar 9 ribuan pendatang yang mayoritas mahasiswa ke area Tembalang. “Mereka yang datang tentunya membutuhkan hunian yang praktis. Inilah peluang yang kami lihat dan kami tangkap,” tegas Reza.

Reza mencoba berhitung bila mahasiswa tinggal di kost sekitar kampus di Tembalang. Harga kost eksklusif sekitar kampus UNDIP sekitar Rp2- 4 juta per bulan per kamar. Bahkan, ada kamar kost yang mencapai Rp7 juta per bulan dengan opsi 1 kamar untuk 2 orang. Walaupun harga terbilang tinggi dengan fasilitas yang minim, tetap saja kost seharga ini selalu full, bahkan waiting list. Jika pemilik unit apartemen Tamansari Cendekia menyewakan dengan harga Rp3-4 juta per bulan, pasti disambut antusias para mahasiswa. “Dengan harga tersebut dan ditunjang fasilitas lengkap, Tamansari Cendekia akan menjadi pilihan menarik. Kalau diambil rata-rata dengan harga jual saat ini maka yieldnya bisa mencapai 9-12 persen per tahun,” papar Reza.

Saat awal dipasarkan, harga perdana untuk tipe terkecil mulai dari Rp280 jutaan atau sekitar Rp15 jutaan per meter persegi (semi gross). Saat ini untuk tipe yang sama harga telah mencapai Rp350 jutaan. Cicilan unit apartemen Tamansari Cendekia saat ini berkisar Rp2 jutaan per bulan. Dengan potensi sewa yang didapat per bulan mencapai Rp3 jutaan per bulan. Reza yakin cicilan tersebut dapat ditutup dari hasil sewannya, bahkan mendapatkan hasil yang lebih. Tidak heran kalau sekitar 90 persen pembeli Tamansari Cendekia adalah para investor.

Tamansari Cendekia saat ini tengah menebar promo hadiah langsung voucher belanja jutaan rupiah. Bahkan ada diskon spesial, apabila pembelian lebih dari satu unit. Beberapa bank yang bekerjasama dengan apartemen ini menawarkan kemudahan dalam hal DP alias uang muka, termasuk tawaran DP sampai nol persen. Jangka waktu cicilan pun bisa mencapai 30 tahun sepanjang masih masuk dalam usia produktif. Adapun perbankan yang telah bekerjasama, yakni Mandiri, BNI, BRI , BTN, juga Maybank dan Nobu.

Dengan target para mahasiswa yang akan menghuni Tamansari Cendekia, apartemen ini didukung oleh berbagai fasilitas untuk kegiatan mahasiswa. Di communal area tersedia discussion room, relaxing room, creative room, adventure room dengan indoor wall climbing, music room, mini theater room. Bagi mahasiswa yang ingin mengakses e-book, jurnal-jurnal serta mengunduhnya, pengelola apartemen menyediakan ruang dengan high speed internet access yang bernama digital world. ● [Pius Klobor]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here