MEKSIKO SUKSES MEREFORMASI SISTEM PAJAKNYA

0
492

Meksiko menjadi salah satu negara di Amerika Tengah yang pertumbuhanya ekonominya banyak ditunjang hasil tambang.
Reformasi pajaknya berhasil meningkatkan wajib pajak warga Meksiko.

Jangan membayangkan Meksiko seperti di film-film Hollywood yang penuh dengan adegan kekerasan seputar mafia narkoba. Negeri ini memiliki banyak lokasi wisata yang memesona mata dan peninggalan bersejarah bangsa Maya. Bukan hanya bangsa Mesir saja yang memiliki piramid, bangsa Maya pun memiliki piramid. Bahkan, sudah memiliki sistem kalender ribuan tahun silam. Peradaban bangsa Maya sudah ada hampir 3.000 tahun silam.

Meksiko yang merdeka dari Spanyol pada 16 September 1810, terletak di benua Amerika bagian utara. Wilayahnya berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala dan Belize di sebelah tenggara, Samudra Pasifik di barat dan Teluk Meksiko serta Laut Karibia di sebelah timur. Meksiko adalah negara terbesar ketiga di Amerika Latin dengan luas wilayah1.972.550 km persegi.

Jumlah Penduduk Meksiko pada akhir tahun 2016 mencapai 127.927.966 jiwa. Penduduk Meksiko terdiri atas orang Mestis, Indian, Amerika dan Kaukasia. Sebagian besar penduduk Meksiko menganut agama Katolik Roma. Sedangkan sisanya menganut agama Kristen Protestan. Bahasa nasional adalah bahasa Spanyol, yang menjadi bahasa yang banyak digunakan penduduk Meksiko. Di luar bahasa Spanyol masyarakat Meksiko ada yang memakai bahasa Nahuatl, Maya, Mixteco, dan Zapoteco.

Meksiko yang bentuk pemerintahannya republik presidensial terbagi dalam 31 negara bagian.  Setiap pemerintah negara bagian Meksiko memiliki gubernur dan anggota legislatif terpilih.  Berdasarkan konstitusi tahun 1917, menyebutkan kepala negara dan kepala pemerintah Meksiko dijabat oleh seorang presiden yang dipilih untuk masa jabatan 6 tahun dan hanya bisa dipilih untuk satu kali periode.

Transportasi

Sebuah sistem angkutan umum atau alat transportasi massal cepat dimiliki oleh Pemerintah Kota Meksiko dan disewakan kepada Sistema de Transporte Colectivo (STC). Konstruksi sistem transportasi massal cepat ini dibangun tanggal 19 Juni 1967 dan dioperasikan pada tanggal 4 September 1969. Alat transportasi massal ini merupakan sistem metro pertama dan terbesar di Kota Meksiko. Sistem angkutan cepat Kota Meksiko memiliki 12 jalur dan 195 stasiun dengan total panjang rel mencapai 226,49 kilometer. Setiap harinya kereta cepat metro mampu mengangkut 4,4 juta penumpang pertahun.

Pada akhir tahun 2016 lalu, pemerintah Distrik Federal telah mengumumkan akan pembangunan jalur angkutan cepat STC terbaru sebanyak 12 Jalur. Sistem STC ini dibangun untuk mengoperasikan jarak tempuh sekitar 26 kilometer ke arah bagian tenggara Kota Meksiko. Untuk angkutan umum pemerintah Kota Meksiko telah membuat taksi khusus untuk wanita yang berwarna merah muda. Taksi khusus wanita di Meksiko dikendarai supir wanita. Pembayaran tarif taksi sesuai argometer yang ada di mobil.  Munculnya taksi khusus wanita ini terkait dengan adanya laporan 1.300 pengaduan wanita Meksiko yang mengalami  pelecehan seks di kendaraan umum dan taxi.

Properti

Memiliki pesona alam yang indah menjadi pendorong besarnya permintaan properti hunian mewah, khususnya yang berlokasi dekat pantai Meksiko. Lokasi properti mewah di dekat pantai banyak diminati oleh warga negara asing maupun warga Meksiko sendiri. Kota Meksiko sendiri selalu menjadi incaran para investor properti dari luar negeri. Selain Kota Meksiko, ada beberap kota lainnya yang juga menjadi incaran untuk pengembangan properti hunian, seperti apartemen dan hotel mewah, yaitu di wilayah Cancun, Acapulco dan Mazatlan. Properti di tiga wilayah ini setiap tahun menjadi perburuan para investor properti karena pesona pantainya yang indah.
Perkembangan bisnis properti di Meksiko dalam dua tahun terakhir ini (2015-2016) menunjukkan tren positif. Sementara itu, rata-rata harga rumah termurah dengan dua kamar tidur di kawasan Kota Meksiko mencapai 390.000 dolar AS. Saat ini, properti  paling mahal yang dijual di Meksiko berada di wilayah San Pedro Garza Garcia di Monterrey, Zapopan di Guadalajara dan Acapulco.
Menurut data dari Global Property Guide, pada akhir tahun 2015 dan memasuki awal tahun 2016, harga rumah di Meksiko kenaikannya mencapai 6,38 persen per tahun. Di Meksiko warga negara asing dapat membeli properti, tetapi lokasinya sudah ditentukan oleh pemerintah.  Warga negara asing dilarang membeli properti yang berada dalam radius 50 km dari garis pantai atau 100 km dari perbatasan internasional Meksiko.

Perekonomian

Meksiko adalah salah satu negara dari 20 negara di dunia yang perekonomiannya sangat kuat dan sudah lama menjadi anggota G20.  Pertambangan menjadi salah satu penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Meksiko. Negeri dengan topi khas Sombrero ini merupakan penghasil perak terbesar di dunia. Selain perak hasil tambang lainnya adalah emas, batubara, tembaga, minyak bumi, dan gas alam.  

Cadangan minyak bumi dan gas alam Meksiko terdapat di sepanjang Pantai Teluk Meksiko. Lima belas persen luas wilayah Meksiko adalah lahan pertanian seperti kopi, tembakau, gandum, padi, coklat, tebu, dan kapas. Sektor Perikanan berada di teluk California yang hasilnya berupa ikan tuna, udang, ikan sarden. Sedangkan sektor Perindustrian Meksiko antara lain semen, tekstil, baja dan barang elektronik.

Khusus untuk sektor perdagangan, Meksiko sangat tergantung dengan Amerika Serikat. Ketika Presiden Amerika Donald Trump berencana membangun tembok di perbatasan Meksiko untuk mencegah masuknya imgran dari Meksiko ke negeri Paman Sam ini, pemerintah Meksiko menentang habis-habisan. Hubungan Meksiko dengan AS memang sedang memanas terkait rencana Trump membangun tembok sepanjang 2000 mil yang membatasi AS dan Meksiko. Pasalnya, AS bersama Meksiko dan Kanada terikat perjanjian NAFTA, yang menjamin perdagangan bebas antara ketiga negara ini.

Dalam tiga tahun terakhir ini nilai ekspor barang dan jasa Meksiko ke AS mencapai 81 miliar dolar AS. Sementara impor barang dari AS ke Meksiko semakin menurun dalam tiga kuartal terakhir setelah sebelumnya mencatatkan pertumbuhan positif selama bertahun-tahun.
Untuk menggenjot pendapatan negaranya, Pemerintah Meksiko telah memperbarui perjanjian pajaknya dengan beberapa negara termasuk Indonesia, khususnya mengenai penghindaran pajak berganda dan pencegahan penggelapan pajak yang berasal dari pajak penghasilan.  Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto seperti dikutip dalam laman britannica.com, menjelaskan bahwa Meksiko sedang gencar-gencarnya melakukan reformasi struktural. Salah satu reformasi yang dilakukan adalah reformasi pajak yang berhasil meningkatkan jumlah wajib pajak di Meksiko.
“Reformasi di bidang perpajakan membuat negara kami lebih kuat dalam mengumpulkan pajak. Hal ini membuat negara kami memiliki dana untuk berinvestasi sehingga banyak membuka lapangan pekerjaan,” kata Nieto.
Tony Seno Hartono, senior staff National Technology Officer Microsoft Indonesia, dalam presentasi mengenai teknologi cloud, seperti dikutip dari situs laman indexnesia.co, mengatakan negara Meksiko telah berhasil membangun infrastruktur yang mampu menunjang sistem perpajakan online lembaga perpajakan negaranya. “Meksiko menargetkan pendapatan negara dari pajak dalam jumlah besar. Pemerintah Meksiko telah memikirkan bagaimana cara terbaik untuk membuat infrastruktur pajak online. Indonesia wajib belajar kepada Meksiko kalau soal perpajakan,” ujar Tony.
Destinasi Wisata


Cuixmala adalah pantai yang dikelilingi hutan, laguna dan berbagai macam flora serta fauna. Posisi Cuixmala berada di tepi Pantai Costalegre. Cuixmala dikelilingi vegetasi subur dengan pasir pantainya yang keemasan serta vila-vila mewah. Total luas pantai Cuixmala sekitar 131,42 kilometer persegi. Terdapat 1.200 jenis tanaman, 270 burung, 70 mamalia, 68 reptil, 19 amfibi dan ribuan jenis serangga serta invertebrate.
Tollan City adalah salah satu  tempat wisata unggulan di Meksiko. Di kota ini  kabarnya banyak ditemukan bukti peninggalan bangsa Atlantis. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat langsung patung-patung antlantean yang merupakan situs arkeologi. Kota Tullan menjadi salah satu fakta  peradaban bangsa Meskiko.
Cancun adalah pantai di bagian selatan Meksiko, tepatnya di negara bagian Quintana Roo, Munisipalitas Benito Juarez. Posisi pantai terletak di pesisir pantai laut Karibia. Nama Cancun berasal dari bahasa Meksiko kuno yang berarti ular emas. Pantai Cancun bila dilihat dari udara seperti ular yang meliuk-liuk berwarna keemasan karena terkena pantulan cahaya matahari. Pantai Cancun masuk dalam daftar tempat tujuan wisata bulan madu para pengantin baru. [Wawan]

info proyek perumahan terkini www.propertipedia.asia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here