Kementerian PUPR Tetapkan Lokasi 19 Balai PPP

Tugas Balai PPP adalah melaksanakan pembangunan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, prasarana, sarana dan utilitas umum, serta koordinasi penyediaan lahan dan pengembangan hunian.

0
106
pupr bedah rumah di bengkulu dan 19 balai ppp
Tahun ini Kementerian PUPR akan melaksanakan bedah 2.000 RTLH di Bengkulu./ Foto: PUPR

Propertyandthecity.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) telah menetapkan 19 lokasi Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (Balai PPP) Direktorat Jenderal Perumahan. Keberadaan Balai tersebut diharapkan dapat mempermudah koordinasi serta mendorong pelaksanaan pembangunan perumahan dalam Program Sejuta Rumah di Indonesia.

“Kami telah membentuk Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR di 19 lokasi di Indonesia. Lokasinya tersebar dari Aceh sampai Papua Barat,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Baca: Bentuk Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan, PUPR Dorong Program Sejuta Rumah

Dadang menjelaskan, pengangkatan pejabat Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Direktorat Jenderal Perumahan juga telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1080/KPTS/M/2020 tanggal 19 Juni 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administrator di Kementerian PUPR.

“Pembentukan 19 Balai PPP ini juga menjadi bagian dari reformasi biroktrasi yang dilaksanakan Ditjen Perumahan guna mendorong program perumahan di Indonesia. Kami juga telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM), lokasi kantor, sarana, dan prasarana Balai PPP,” terangnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Perumahan, Balai PPP berkedudukan di sejumlah provinsi di Indonesia. Para Kepala Balai PPP yang telah dilantik oleh Menteri PUPR nantinya akan segera melakukan koordinasi dengan kepala daerah guna mengetahui apa saja program perumahan yang perlu ditindaklanjuti oleh Kementerian PUPR sesuai kebutuhan dan perencanaan yang ada.

Baca: Kementerian PUPR: Program Sejuta Rumah Bantu Masyarakat Hadapi Pandemi Covid-19

Tugas Balai PPP, imbuhnya, melaksanakan pembangunan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, prasarana, sarana dan utilitas umum, serta koordinasi penyediaan lahan dan pengembangan hunian.

Sedangkan fungsi antara lain menyusun program dan anggaran pelaksanaan pembangunan serta rencana teknis pembangunan, melaksanakan pembangunan pengawasan dan pengendalian teknis pembangunan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi pembangunan, mengelola data dan informasi pelaksanaan pembangunan, melakukan koordinasi dan dukungan penanggulangan pasca bencana serta penyediaan lahan dan pengembangan lahan.

“Fungsi lainnya adalah melaksanakan fasilitasi serah terima asset serta melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga balai dan tugas lain oleh Direktur Jenderal Perumahan,” terangnya.

Baca: Tol Desari Seksi II Resmi Beroperasi, Seksi III Awal 2021

Berikut adalah lokasi 19 Balai PPP Kementerian PUPR:

  1. Balai PPP Wilayah Sumatera I: wilayah kerja NAD yang berkedudukan di Banda Aceh, dengan kepala balai Teuku Faisal Riza.
  2. Balai PPP Wilayah Sumatera II: wilayah kerja Sumatera Utara, berkedudukan di Medan, dengan kepala balai Rusli.
  3. Balai PPP Wilayah Sumatera III: wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, yang berkedudukan di Padang, dengan kepala balainya adalah Zubaidi.
  4. Balai PPP Wilayah Sumatera IV: wilayah kerja Bengkulu dan Jambi, berkedudukan di Jambi dengan kepalanya adalah Indra M. Sutan.
  5. Balai PPP Wilayah Sumatera V: dengan wilayah kerja adalah Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung. Berkedudukan di Palembang, dengan ketua balai A. Darwis.
  6. Balai PPP Wilayah Jawa I: wilayah kerja Banten dan DKI Jakarta. Berkedudukan di Jakarta dengan kepala balai Bisma Staniarto.
  7. Balai PPP Wilayah Jawa II: wilayah kerja Jawa Barat. Berkedudukan di Bandung dengan kepala Kiagoos Egie Ismail.
  8. Balai PPP Wilayah Jawa III: wilayah kerja meliputi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Berkedudukan di Semarang dengan kepala balai Mochamad Mulya Permana.
  9. Balai PPP Wilayah Jawa IV: wilayah kerja meliputi Jawa Timur dan Bali. Berkedudukan di Surabaya dengan kepala Suparman.
  10. Balai PPP Wilayah Nusa Tenggara I: wilayah kerja meliputi Nusa Tenggara Barat. Berkedudukan di Lombok dengan kepala Rini Dyah Mawarty.
  11. Balai PPP Wilayah Nusa Tenggara II: wilayah kerja meliputi Nusa Tenggara Timur. Berkedudukan di Kupang dengan kepala Yublina Dila Bunga.
  12. Balai PPP Wilayah Kalimantan I: wilayah kerja Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Berkedudukan di Pontianak dengan kepala Andy Suganda.
  13. Balai PPP Wilayah Kalimantan II: wilayah kerja Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Berkedudukan di Samarinda dengan kepala balai adalah Nursal.
  14. Balai PPP Wilayah Sulawesi I: wilayah kerja Sulawesi Utara dan Gorontalo. Berkedudukan di Manado dengan kepala Hujurat.
  15. Balai PPP Wilayah Sulawesi II: wilayah kerja Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Berkedudukan di Palu dengan kepala balainya adalah Suko Wiyono.
  16. Balai PPP Wilayah Sulawesi III: wilayah kerja meliputi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Berkedudukan di Makassar dengan kepala balai Sugiharjo.
  17. Balai PPP Wilayah Maluku: wilayah kerja Maluku dan Maluku Utara. Berkedudukan di Ambon dengan kepala balai Yones Yubilia Biring.
  18. Balai PPP Wilayah Papua I: wilayah kerja Papua. Berkedudukan di Jayapura dengan kepala balai Omri Sianturi.
  19. Balai PPP Wilayah Papua II: wilayah kerja Papua Barat. Berkedudukan di Manokwari dengan kepala balai Yance Pabisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here