KEIM, Cat Asal Jerman yang ‘Berani’ Tembus Lapis Dinding

0
431

Jika cat organik yang umum digunakan hanya membentuk kulit/lapisan pada dinding, Cat KEIM justru menjadi bagian integral dari permukaan dinding, sehingga membuat cat lebih tahan lama dan tidak mudah pudar. Inilah kelebihan Cat KEIM asal Jerman yang telah terbukti keunggulannya dalam merestorasi sejumlah bangunan bersejarah dunia, terutama bangunan cagar budaya yang telah diakui Unesco.

Keunggulan tersebut, ujar Dicky Fardian, Marketing Director PT Romulo Nusantara Perkasa – distributor tunggal KEIM di Indonesia – terletak pada formulasi bahan yang digunakan, yakni larutan potasium silikat dengan pigmen warna inorganik. Dimana bahan tersebut, kata dia, digunakan untuk menghasilkan lapisan yang menembus lapisan dinding dan bereaksi secara kimia dengan permukaan dinding.

“Cat KEIM ramah lingkungan, tidak mengandung bahan berbahaya dan tahan terhadap cuaca,” katanya. Cat KEIM sudah masuk pasar Indonesia sejak 2014 silam, namun tidak dijual eceran/ritel, melainkan antar perusahaan atau melalui konsultan dan arsitek.

Saat ini produk dari KEIM sudah terbukti keunggulannya dan diakui di dunia, banyak bangunan yang menggunakan produk KEIM pada abad ke-19 masih dalam kondisi sangat baik hingga hari ini. Dapat disaksikan, diantaranya beberapa bangunan dengan gaya Renaisans dari rumah Weisser Adler di Stein am Rhein dan Balai Kota di Schwyz, Swiss yang didekorasi pada tahun 1891; fasad di Oslo (1895) dan di Traunstein, Jerman (1891).

Sementara di Indonesia, beberapa bangunan bersejarah juga telah menggunakan cat yang ditemukan oleh ilmuwan Adolf Wilhelm Keim pada tahun 1878 tersebut. Diantaranya, Museum Bank Indonesia, Jakarta Kota; Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), Jakarta Kota; Gereja Immanuel, Jakarta; Ecoloft Green Resident, Jababeka Golf, Cikarang; Villa New Elang Unilever, Mega Mendung, Puncak; Lab. Siliwangi Plant Unilever, Cikarang; Gedung Rotterdam, Jakarta Kota; Gedung Olveh, Jakarta Kota; Kedai Seni Djakarte, Jakarta Kota; Hotel Omah24, Penjernihan Jakarta; dan masih banyak lagi.

Menyadari harga Cat KEIM lebih mahal dari cat pada umumnya, namun Dicky optimis membaiknya pasar properti Indonesia akan berimbas juga pada peningkatan daya beli produk-produk penunjangnya, seperti cat.

“Dengan semakin tingginya daya beli konsumen, maka kebutuhan akan produk yang lebih berkualitas, aman dan ramah lingkungan diperkirakan juga semakin meningkat,” kata Dicky.

Selain itu, lanjutnya, produk unik yang dimiliki oleh KEIM yang tidak dimiliki oleh produk cat lainnya. Hal ini dapat dilihat dari segi standar kesehatan dan standar keamanan, baik bagi manusia maupun terhadap lingkungan, yang telah dicapai untuk semua produk KEIM.

Sifat utama dari Produk KEIM diantaranya Breathable, Very Low VOC, Non-Flammable, UV Resistance, dan Durable. “Dengan keunikan dan standar yang tinggi tersebut, diharapkan KEIM dapat menjadi pilihan utama untuk merawat dan menjaga bangunan di Indonesia,” tegasnya.

Saat ini lini produk lengkap dari KEIM adalah, Exterior Paint; Interior Paint; Concrete Protection and Repair Product; Stuccos, Lime Renders, Plasters and Fillers; Waterproofing, Pretreatment; Natural Stone & Masonry Restoration & Repair Products; Historic Restoration & Preservation Products; Anti Graffiti & Surface Protection Products; Artist Paints and Products. [pio]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here