Kantongi Sertifikat Karbon Netral, Mowilex Indonesia Komitmen Lestarikan Lingkungan

0
46
mowilex indonesia
Talkshow “Mowilex Carbon Neutral Certified” dan Program Inisiatif Berkelanjutan Mowilex di Kantor Mowilex, Jakarta Barat, Rabu (30/10/2019). Hadir antaralain (kiri-Kanan): Imam B Prasodjo, Penasihat Senior Menteri KLHK RI; Susy Nurmayanti, Kepala Bidang Standardisasi Produk KLHK RI; Niko Safavi, President Director PT Mowilex Indonesia; Anna Yesito Wibowo, Marketing Department Head PT Mowilex Indonesia ; dan Todd Frank, Director of South East Asia, SCS Global./ Foto: Mowilex

Mowilex Indonesia adalah perusahaan manufaktur pertama di Indonesia dan satu-satunya produsen cat di negara ini yang memiliki sertifikasi karbon netral.

Baru-baru ini, SCS Global Services – badan sertifikasi internasional – telah mengeluarkan sertifikat karbon netral terhadap produk Mowilex. Dengan demikian, PT Mowilex Indonesia adalah perusahaan manufaktur pertama di Indonesia, dan satu-satunya produsen cat di negara ini yang memiliki sertifikasi karbon netral.

Baca: Musim Hujan Tiba, Pilih Cat Pelapis Anti Bocor yang Lebih Sempurna Melindungi Rumah

Prestasi tersebut diaprsiasi sebagai langkah maju perusahaan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Imam B Prasodjo, Penasihat Senior Menteri Kementrian Lingkungan Hidup dan Kuhutanan (KLHK) Republik Indonesia mengatakan, ini adalah awal pergerakan untuk mendorong perusahaan lain agar turut memroduksi produk ramah lingkungan.

“Ini adalah bagian dari awareness sekaligus action terhadap isu lingkungan, karena Mowilex adalah yang pertama,” kata Imam dalam talkshow “Mowilex Carbon Neutral Certified” dan Program Inisiatif berkelanjutan Mowilex di Kantor Mowilex, Jakarta Barat, Rabu (30/10/2019).

Lebih lanjut menurut Imam, saat ini masih banyak produk cat yang masih memiliki kandungan berbahaya, terutama terhadap anak-anak. Dia lantas menyinggung adanya temuan bahwa banyak Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta yang menggunakan cat berbahan timbal berlebih.

“Sehingga ini juga kita edukasi dan dorong masyarakat agar sadar menggunakan produk yang aman. Beli produk bukan hanya karena kualitas tapi ada value di sana. Nilai pentingnya adalah produk yang ramah lingkungan. Jangan sampai justru berbahaya bagi kesehatan kita, terutama anak-anak,” terangnya.

Lebih lanjut Nicole Munoz, Direktur Pelaksana, Layanan Sertifikasi Lingkungan SCS Global Services menjelaskan, pihaknya melakukan evaluasi untuk menghitung emisi yang dihasilkan oleh Mowilex, yang mencakup semua lokasi dan operasinya.

Nicole menjelaskan, Mowilex mengimbangi jejak karbonnya berdasarkan CarbonNeutral Protocol yang dikembangkan oleh Natural Capital Partners, pemimpin global yang memelopori proses sertifikasi dan mulai mengembangkan protokol ini pada tahun 2002.

Baca: Signify Indonesia Luncurkan Lampu LED Ecolink

“Mowilex telah melewati tonggak penting di negara ini, dimana konsumen mencari sosok pemimpin dan perusahaan yang bertanggung jawab,” kata Nicole

Langkah Nyata

sertifikat karbon netral kepada mowilex
Penyerahan Sertifikat Karbon Neutral oleh Todd Frank, Director of South East Asia SCS Global (kanan) kepada Niko Safavi, President Director PT Mowilex Indonesia (kiri), di Kantor Mowilex, Jakarta Barat, Rabu (30/10/2019)./ Foto: Mowilex

Dalam kesempatan tersebut, Mowilex Indonesia mengumumkan inisiatif keberlanjutan utamanya yang dilakukan dengan bantuan perusahaan induknya yang berbasis di Singapura, Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd. (ACE). Inisiatif keberlanjutan Mowilex berfokus pada pengurangan emisi karbon, pengurangan plastik, dan konservasi laut.

“Mowilex telah berkomitmen untuk mengurangi bahan kemasan plastik baru sebesar 80% dalam kurun waktu 8 tahun,” ujar Niko Safavi, CEO juga President Director PT Mowilex Indonesia.

Sebagai langkah konkrit lain, ungkapnya, perusahaan akan berupaya untuk kembali ke kemasan kaleng timah yang dapat didaur ulang, material plastik dengan konten daur ulang, dan bekerja sama dengan pemasok dan perusahaan pengelolaan limbah untuk mengeksplorasi alternatif pengemasan dan pengumpulan limbah sampah.

“Menjadi pemimpin industri, bukan berarti hanya sekadar memproduksi cat dan pelapis berkualitas tinggi kepada konsumen kami, tetapi juga bertanggung jawab atas emisi karbon yang dihasilkan dari operasi kami,” ungkapnya.

Baca: SCG Luncurkan Semen Ramah Lingkungan

Niko menegaskan, Mowilex menjadikan program keberlanjutan tersebut sebagai nilai inti perusahaan dan berharap dapat menginspirasi perusahaan lain yang belum berkomitmen terhadap sumber daya yang signifikan untuk mengatasi tujuan perubahan iklim, yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

“Menjadi karbon netral adalah proses yang mahal dan ini akan memaksa kami untuk menjadi lebih hemat energi,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here