JBL Keluarkan Produk untuk Kebutuhan Smart Home

2
489
doc. JBL, (Kiri-Kanan), JBL LINK 20, LINK 10, LINK 500, dan LINK 300.

HARAM International, anak perushaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Samsung Electronics Co., Ltd. meluncurkan speaker “pintar” yang terkoneksi ke seluruh perangkat elektronik rumah dengan bantuan Google Assistant. Produk speaker pintar JBL LINK Series yang terdiri dari empat seri speaker, yaitu LINK 10, LINK 20, LINK 300, dan LINK 500 seluruhnya dapat dikendalikan melalui kontrol suara.


Voice-activated speaker atau speaker aktifasi suara ini dijalankan melalui Google Assistant yang terhubung langsung pada smart phone dan perankat elektronik rumah, seperti lampu pintar, tivi pintar, pemanggang roti pintar, termos pintar, dan juga AC pintar. Semua perangkat elektronik dan lampu rumah dapat dikendalikan melalui pesan suara yang ditangkap speaker JBL LINK melalui kata kunci “OK Google” dan dilanjutkan dengan kata perintahnya.

Speaker ini memiliki varian keunggulan yang terbagi dari masing-masing serinya. Untuk seri JBL LINK 10 dan 20 dirancang sebagai speaker portabel dengan kapasitas baterai 5 dan 10 jam pemakaian. Selain itu JBL LINK 10 dan 20 menggunakan teknologi IPX7 Waterproof yang tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter.

JBL LINK 20 uji coba ketika terendam air namun tetap berfungsi dengan baik.

Sedangkan untuk JBL LINK 300 dan 500 dirancang untuk speaker aktif di dalam ruangan dengan menggunakan kabel, dengan hasil suara yang lebih kencang dari seri portabelnya. Masing-masing speaker JBL LINK Series ini memiliki keunggulan teknologi built-in Chromecast dengan multi-room music playback, yaitu dapat menampilkan fitur streaming musik melalui perintah suara yang sederhana.

Grace Koh selaku Vice President dan General Manager, Lifestyle Audio Division HARAM Asia Pacific, mengatakan, “Kami Sangat senang meluncurkan produk baru yang menggabungkan warisan dari JBL award-winning sound dengan jajaran voice-controlled speaker.” Ia juga menambahkan, bahwa “Kami percaya JBL LINK dapat benar-benar membawa inovasi kelas dunia langsung ke rumah konsumen kami.”

Dengan bentuk tabung JBL LINK ini masih memiliki beberapa kelemahan, seperti speaker ini hanya dapat digunakan pada rumah yang sudah mengusung teknologi smart home dengan sambungan wifi jenis apapun, namun tidak dapat berfungsi dengan baik jika jaringan wifi lemah atau sedang terkena gangguan sinyal. Selain itu, perintah suara yang dapat dideteksi oleh JBL LINK masih sebatas pada perintah suara dengan bahasa inggris. Jika keadaan sekitar sedang ramai, speaker ini masih kesulitan menangkap perintah suara yang asli yang bercampur dengan suara bising di sekitarnya.

JBL LINK Series ini sudah tersedia diseluruh kota di Indonesia, melalui JBL Store, DeSound dan toko perangkat elektonik lainnya. Dengan harga yang bervariasi, JBL LINK Series tersedia dari harga tiga jutaan hingga enam jutaan per speakernya. JBL LINK Series juga bekerja sama dengan lampu PHILIPS HUE personal wireless lighting untuk menyediakan lampu pintar sekaligus Speaker JBL LINK dalam rumah pintar yang dimulai dengan harga empat jutaan hingga yang termahal harga sepuluh jutaan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here