×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

CURUG RAHONG KEINDAHAN DI TENGAH KERUSAKAN RUMPIN BOGOR

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Curug Rahong

Bogor kaya dengan air terjun. Curug Rahong salah satunya yang menampilkan eksotisnya air terjun di tengah kesunyian Desa Rahong, Rumpin.

Anda yang tinggal di sekitar Jakarta ingin mencari lokasi wisata yang menarik, tetapi memiliki dana terbatas,  tidak perlu jauh-jauh. Bogor layak menjadi pilihan untuk wisata. Kota dan Kabupaten Bogor memiliki paling tidak 33 obyek wisata, mulai dari wisata modern di kawasan perumahan skala kota mandiri sampai wisata alam seperti air terjun (curug). Sebagian daerah Bogor yang berupa pegunungan dan masih hijau, menghadirkan banyak obyek wisata curug. Tinggal pilihan kita Curug mana yang akan kita datangi.

Jalan menuju curug rahong

Salah satu curug yang patut Anda sambangi adalah Curug Rahong yang berada di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.  Untuk menuju ke Kecamatan Rumpin Anda bisa melalui akses Jalan Raya Bogor-Parung. Sampai di pertigaan Ciseeng (samping perumahan Telaga Kahuripan Parung)  belok ke kiri menuju Kecamatan Rumpin. Memasuki Jalan ke Rumpin kondisi jalan sudah menanjak dan tampak pemandangan perbukitan di sepanjang jalan.

sungai menuju curug rahong

Ironisnya kondisi jalan menuju ke Rumpin tampak semakin rusak. Air sungai tampak berwarna coklat. Kondisi menyedihkan di Rumpin ini tidak lepas dari kegiatan penambangan pasir dan batu-batu di Rumpin. Tampak di kejauhan crane pengeruk tanah di puncak-puncak bukit di sekitar Rumpin. Semakin jalan ke atas, kerusakan semakin tampak jelas. Truk-truk pengangkut pasir dan batu tambang hilir mudik, debu-debunya memenuhi langit Rumpin, yang mengisyaratkan tidak ramah bagi pengunjung.

Danau Quarry Jayamix (ex Jayamix)Perjalanan dilanjutkan kita akan sampai ke Danau Quarry Jayamix (ex Jayamix). Tampak beberapa pemuda setempat menjaga portal pintu masuk ke danau Quarry Jayamix. Tinggal kita jelaskan tujuan kita adalah ke Curug Rahong. Perjalanan berlanjut memasuki perbukitan dan sampailah kita ke Desa Rahong. Persawahan dan perbukitan tampak menjadi pemandangan Desa Rahong. Sampai di desa ini mobil tidak bisa lagi lanjut ke Curug Rahong, pengunjung harus jalan kaki menuju Curug Rahong sekitar 5 km.
Anda yang membawa kendaraan roda empat bisa menitipkan parkir di rumah warga, selanjutnya berjalan kaki. Perjalanan ke Curug Rahong akan melalui persawahan, melewati sungai dengan air yang jernih. Jalan menanjak melewati punggung bukit. Kondisi jalan sulit dan licin, bila tidak hati-hati akan tergelincir. Sampai di puncak bukit sudah terdengar suara gemuruh air terjun, yang menandakan sudah dekat ke Curug Rahong.   

Selanjutnya jalan menurun menuju curug dengan kemiringan hampir 75 derajat. Pengunjung harus hati-hati selain karena jalan yang miring, batu-batu yang berlumut membuat jalan menjadi licin. Sampailah kita ke Curug Rahong dengan pemandangan yang eksotis. Sulit membayangkan di kawasan Bogor dan harus melalui jalan yang sulit akan menemukan air terjun yang enak dipandang. Airnya yang segar ketika membasahi tubuh Anda yang lelah setelah melewati jalan yang sempit dan licin. [Alex]

You have no rights to post comments