×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

Security System: Kuatnya Daya Sensor Gunnebo

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Teknologi security system kian berkembang. Salah satunya entrance control yang bisa mendeteksi setiap pergerakan hingga 64 sensor.


Sistem keamanan atau security system tentu berkaitan erat dengan peralatan atau fasilitas. Security system bisa berupa, visitor management system (VMS), access control, CCTV, electronic security, fire system, dan entrance security yang saling terintegrasi. Semua peralatan ini memiliki tingkat kepekaan atau deteksi terhadap pergerakan yang berbeda, sesuai dengan kecanggihan teknologi yang ditanam di dalamnya.

Entrance control salah satu sistem pengamanan saat ini perkembangannya makin pesat dibandingkan tiga tahun yang lalu. Saat ini hampir semua gedung atau area publik sudah menggunakan entrance control untuk memberi kendali atas pergerakan individu, baik yang keluar atau yang masuk.

Entrance control akan melimitasi atau mensensor siapa yang ada dalam gedung dan siapa yang sudah keluar dari gedung atau area publik,” ujar Country Manager dan President Director Gunnebo Indonesia, Hindra C. Kurniawan. Gunnebo merupakan pemimpin global dalam penyediaan produk, layanan, dan solusi keamanan.

Entrance control terdiri dari beberapa jenis yang disesuaikan dengan fungsinya, seperti speed gates yang lebih difungsikan pada gedung-gedung komersial, airport security gates untuk pengamanan tingkat tinggi di bandara. Adapula ticket gates untuk mengatur dan merapihkan sistem keluar atau masuk penumpang dengan validasi tiket yang cepat dan aman pada jaringan transportasi massal, seperti di stasiun bus atau kereta. Termasuk juga dalam kelompok ini, antara lain interlocking doors, revolving doors, security doors, electronic article surveillance, dan high-security doors.

Berbagai keunggulan teknologi juga telah ditanamkan pada setiap jenis entrance control tersebut. Sebagaimana yang banyak beredar, entrance control rata-rata memiliki 7-8 sensor deteksi, namun produk Gunnebo memiliki 32 hingga 64 sensor.

Beberapa contoh kasus, seperti tailgating atau ketika ada orang yang berdempetan namun sensor hanya mendeteksi seolah hanya satu orang yang masuk. Ada pula ketika ayah dan anak yang masuk dan tidak kelihatan sebagai dua orang, atau ada orang yang bawa koper dan bisa ditangkap sebagai dua orang sehingga tidak bisa masuk.

“Kami sudah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi, sehingga produk kami sangat detail. Bahkan binatang yang masuk pun bisa dibedakan,” terang Hindra.

Meski memiliki pabrik di Cibitung, namun untuk rangkaian entrance control masih didatangkan dari Inggris dan Italia. Melalui produk berstandar internasional tersebut pihak keamanan dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak orang dalam gedung atau yang sudah keluar dari gedung tersebut. Ke mana tujuan mereka, kapan dan jam berapa mereka masuk.

“Jika ada keadaan darurat dan semua harus keluar dari gedung, kami bisa tahu, berapa orang yang masih berada dalam gedung tersebut, siapa saja di dalam gedung itu,” tandasnya.

Untuk media aksesnya pun beragam, disesuaikan dengan teknologi yang digunakan dan seberapa tinggi sistem keamanan yang diterapkan. Kebanyakan memang menggunakan akses kartu, seperti di public area atau di bangunan komersial. Alasannya, kartu lebih mudah di-manage, disosialisasikan, dan dioperasionalkan.

Tingkat selanjutnya ada finger scan, eye recognition, face recognition dan voice recognition yang lebih banyak digunakan sebagai pengamanan utama pada ruangan tertentu.

“Semua ini ada di Gunnebo. Bahkan kami juga bisa padukan tiga sistem menjadi satu, seperti kartu akses yang ditambahkan access code, atau voice dengan access code, atau eye dengan access code. Jadi tingkat keamanannya juga lebih,” terang Hindra.

Beberapa jenis produk Gunnebo ini sudah diaplikasikan di beberapa bangunan di Indonesia, seperti di perkantoran Grand Indonesia, Barito Pacific Building, Cyber Building, dan beberapa lainnya. Desain produk tersebut bisa disesuaikan dengan interior sebuah gedung sehingga lebih menyatu, seperti model keramik, granit, kayu, atau lainnya. [Pius Klobor]

You have no rights to post comments