×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

DOMINASI PERSAINGAN SEGMEN MENENGAH di KAWASAN CIBUBUR

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DOMINASI PERSAINGAN
SEGMEN MENENGAH di KAWASAN CIBUBUR

Harga rumah tertinggi didominasi oleh proyek-proyek perumahan di sekitar mulut Kawasan Cibubur yang relatif dekat dengan Tol Jagorawi. Perumahan Puri Sriwedari, Taman Laguna, Raffles Hills, memberikan harga rumah yang sudah tinggi di kisaran antara Rp. 900 juta-an sampai 3 miliar-an.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan tim Property and The City, kawasan ini dalam perjalanannya lebih cenderung memasok rumah-rumah segmen menengah. Rumah-rumah dengan bandrol seharga Rp. 300 - 500 jutaan masih mendominasi pasokan rumah yang ada.

Pertumbuhan kenaikan harga tanah rata-rata di beberapa titik perumahan memperlihatkan variasi antara 7% sampai 30% per tahun. Kenaikan harga tertinggi yang berhasil dipantau rata-rata 60% terjadi di perumahan Harvest City yang mengejar harga tanah di perumahan Metland Transyogi dengan lokasi yang relatif berdekatan.

Proyek perumahan Harvest City merupakan pengembangan perumahan terbesar saat ini yang hadir di Cibubur dengan luas 1.050 ha. Meskipun demikian harga tanah di perumahan Metland Transyogi relatif masih lebih tinggi berkisar antara Rp. 2,2 – 3,9 juta/m2 dibandingkan dengan Harvest City berkisar antara Rp. 1,4 - 2,7 juta/m2.

Kota Wisata seluas 480 ha dengan perluasan sampai 750 ha mematok harga Rp. 4,1 - 6 juta/m2. Bahkan di dalam lokasi telah mulai terbentuk pusat bisnis yang dinamai Commpark Integrated Commercial District.

Semakin ke arah Tol Jagorawi, harga tanah perumahan yang ada semakin tinggi. Sebut saja perumahan Citra Gran yang dipasarkan dengan patokan harga tanah yang berkisar antara
Rp. 5,1 – 8,1 juta/m2.

Dengan tingginya harga tanah di wilayah Cibubur memberikan potensi pelebaran wilayah yang semakin besar ke arah Cileungsi. Saat ini terdapat beberapa proyek perumahan seperti Metland Transyogi, Metland Cileungsi, Harvest City, Grand Mekarsari Residence, Grand Vila Nusa, dan Citra Indah serta perumahan lainnya.  Ke arah Bekasi muncul Vida Bekasi di Jalan Narogong yang masih merupakan arah pelebaran Cibubur.

Ke depan diperkirakan perkembangan perumahan tidak hanya sebatas di sepanjang Jalan Raya Alternatif Cibubur ke arah Cileungsi. Melebar ke arah Bekasi, Cimanggis, dan Cikeas. Rencana tol sedikit banyak dapat menjadi faktor penentu arah pelebaran wilayah Cibubur.

“ Pergeseran pasar Cibubur akan terus melebar ke arah Cileungsi, Cimanggis, Bekasi, dan Cikeas. Cermati juga daerah-daerah perlintasan rencana tol disana ” (Ali Tranghanda – Indonesia Property Watch)

DISTRICT PERFORMANCE RATING

District Performance Rating dilakukan untuk melihat seberapa besar tingkat perkembangan dan potensi wilayah yang ada.

Penilaian dilakukan terhadap beberapa faktor yaitu : Arah Perkembangan, Pertumbuhan Lokasi, Economic Base, Aksesibilitas dan Jaringan Jalan, Posisi Lokasi, Citra Lokasi, dan Resistensi Bencana Alam.

Dalam penilaian wilayah yang dilakukan di koridor Cibubur dan sekitarnya, wilayah Cileungsi diperkirakan mempunyai nilai potensi wilayah yang tinggi yang merupakan pelebaran pasar sebagai dampak pesatnya pertumbuhan harga di Cibubur. Pelebaran juga diperkirakan akan terjadi ke arah Utara di sepanjang Jalan Narogong ke arah Bekasi dan ke Selatan ke arah Cikeas.

Senin, 21 April 2014

You have no rights to post comments