ARAH PELEBARAN SERPONG TERHENTI DI PUSPITEK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pelebaran pasar perumahan dari arah Serpong akan ‘loncat’ ke arah Legok-Cikupa-Pasar Kemis untuk segmen menengah.

Ali Tranghanda
Indonesia Property Watch

“ Saat ini perkembangan Serpong tidak hanya sebatas BSD dan sepanjang jalan raya Serpong, tapi melebar ke wilayah Puspitek, Legok, Kelapa Dua. Dengan semakin tingginya harga tanah, pasar properti wilayah Serpong mulai terjadi transformasi dari landed residential ke hunian vertikal. Tidak hanya sebagai investasi dengan pasar sewa mahasiswa namun sedikit demi sedikit mulai membentuk pasar end user. “

Dengan tingginya harga tanah di wilayah Serpong dan sekitarnya, sedikit banyak membuat pengembang mulai merasakan tekanan karena biaya produksi  rumah akan menjadi tinggi dan otomatis harga rumah yang ditawarkan menjadi sangat tinggi. Hal ini akan berakibat mulai melebarnya arah perkembangan proyek perumahan di sekitar Serpong ke wilayah-wilayah dengan harga tanah yang relatif lebih murah. Meskipun Serpong dan Tangerang relatif masih aktif berkembang, namun diperkirakan potensi arah pelebaran mengarah ke Jalan Puspitek. Konsumen menengah akan banyak melirik ke wilayah ini.

Saat ini telah menjamur proyek-proyek perumahan di wilayah Puspitek, dengan harga tanah yang pastinya lebih rendah dibandingkan wilayah Serpong. Namun melihat kondisi geografis demografis yang ada, arah pelebaran pasar perumahan yang berasal dari Serpong akan terhenti cukup sampai wiayah Puspitek. Konsumen pasar perumahan Serpong diperkirakan tidak akan mengincar rumah yang terlalu jauh dari Jakarta berkaitan dengan faktor jarak tempuh.

Berkembangnya perumahan di sepanjang Jalan Puspitek, semata-mata bukan sepenuhnya dikarenanya pelebaran pasar Serpong melainkan pelebaran pasar perumahan dari wilayah Pamulang. Pelebaran pasar perumahan dari arah Serpong diperkirakan akan ‘loncat’ ke arah Legok-Cikupa-Pasar Kemis untuk segmen menengah. Sedangkan segmen menengah atas akan bergeser ke Bintaro.

Dalam jangka panjang, pergeseran akan terjadi selaras dengan rencana akses tol yang sekiranya akan melintasi Serpong-Balaraja. Ruas tol itu akan melintasi enam kecamatan di wilayah Selatan hingga Barat Kabupaten Tangerang, yaitu Cisauk, Legok, Curug, Panongan, Tigaraksa, dan Balaraja.

kamis, 6 Maret 2014

You have no rights to post comments