3 BUAH GRATIS 1

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

3 BUAH GRATIS 1

“Bagaimana memenangkan mind-set konsumen akan berdampak dahsyat pada penjualan“

Dalam sebuah kesempatan saya menyempatkan diri untuk mengunjungi kawasan perdagangan di Mangga Dua, Jakarta Utara. Kabarnya kawasan ini telah dikenal bahkan sampai mancanegara.

Memasuki lantai per lantai gedung pusat perbelanjaan, ternyata para pengunjung tidak pernah surut. Sempat terlintas bagaimana ketatnya persaingan yang ada untuk dapat memenangkan hati konsumen agar membeli dagangannya. Hingar bingar pedagang menjajakan dagangannya terdengar di setiap langkah ketika saya melewati setiap kios disana. Tiba-tiba saya mendengar suara dari seorang penjaga kios yang sedang mempromosikan dagangannya. Saya perlambat langkah saya untuk memastikan apa yang sedang dipromosikannya. Ada sesuatu yang menurut saya unik dan bisa memberikan kesan yang berbeda.

“ Ayo....cepat sebelum kehabisan 3 buah kaos Rp. 50.000 Gratis 1 “, demikianlah kira-kira promosi yang diteriakan oleh penjaga kios tersebut. Sebelum melanjutkan ceritanya, saya sarankan untuk mengulang dan meresapi kata-kata tersebut. Apa yang menjadikannya unik ?

Saya mulai berpikir, bila 3 buah kaos seharga Rp. 50.000 maka sebuah kaos harga satuannya lebih kurang adalah Rp. 16.667. Memang murah..., namun bukan itu inti dari kata-kata itu. Karena ternyata harga kaos disana pun memang semurah itu bahkan ada yang lebih murah. Orang yang tidak terbiasa datang kesini kadang ‘tertipu’ karena merasa harga tersebut sudah murah, ternyata harga tersebut masih dapat lebih murah lagi. Nyatanya dengan membeli 3 kaos maka kita akan mendapatkan satu lagi tambahan kaos gratis. Yang berarti sama saja jika kita membeli harga 4 kaos seharga Rp. 50.000 atau dengan satuan seharga Rp. 12.500. Mengapa penjaga kios tersebut tidak mempromosikan ‘4 kaos harganya Rp. 50.000’. Terlepas dari sengaja atau tidaknya penjaga kios tersebut, ada sesuatu yang dapat dijadikan bahan pemikiran komunikasi promosi. Dimana letak perbedaannya ?

Apa yang membedakan promosi ‘3 buah Gratis 1’ dengan ‘4 buah harga Rp. 50.000’. Bila kita perhatikan seharusnya dengan promosi ‘4 buah seharga Rp. 50.000’ akan memberikan nilai satuan Rp. 12.500 yang berarti lebih murah dibandingkan kita mempromosikan ‘3 buah gratis 1’ karena harga satuannya menjadi Rp. 16.667. Namun demikian ada kata kunci yang sering menjadikan konsumen terpengaruh. Apakah kata sakti tersebut ? Ya betul kata tersebut adalah ‘Gratis’.

Dalam sebuah grup pemasaran saya sempat melempar hal ini dan ternyata diakui promosi dengan ‘3 buah gratis 1’ lebih mengena kepada konsumen dibandingkan dengan ‘4 buah Rp. 50.000’. Sebuah permainan pikiran pemasaran yang dapat menginspirasi komunikasi pemasaran properti.

Kamis, 17 Juli 2014

You have no rights to post comments