×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

TRANSFORMASI KE PROPERTI KOMERSIAL

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

TRANSFORMASI KE PROPERTI KOMERSIAL

Apartemen
Perkembangan proyek-proyek apartemen di Bogor tumbuh pesat dua tahun terakhir. Tidak kurang dari 11 buah proyek apartemen sedang dipasarkan di Bogor dan sekitarnya, antara lain : Bogor Icon, Bogor Valley, Sentul Tower, Bogor Mansion, Hillside Apartment, Jungle Sky, Botanical Residence, Bhuvana, Gardenia, Menara Cibinong, sampai Dramaga Tower.

Harga jual apartemen bervariasi antara Rp. 9 – 20 juta/m2 dengan patokan harga mulai Rp. 200 jutaan sampai miliaran Rupiah. Meskipun sebagian besar pembeli masih didominasi investor, namun tren pasar apartemen yang berada di Bogor kota mulai diminati end user. Sedangkan apartemen di luar Bogor kota diminati investor sebagai media tempat liburan sekaligus akomodasi untuk wisata.

Hotel
Udara yang sejuk merupakan kelebihan Bogor dibanding wilayah penyangga Jakarta lainnya. Karenanya tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang pergi ke Bogor hanya untuk menikmati suasana sebagai rekreasi dan wisata. Jalur Puncak dapat dikatakan masih menjadi daya tarik meskipun setiap akhir minggu arus lalu lintas Puncak selalu dipadati oleh kendaraan yang diwarnai kemacetan. Rencana jalur Puncak 2 yang melintasi Sentul sampai Cipanas, selain akan mengurai kemacetan di mulut Ciawi juga akan mendongrak harga tanah disekitarnya.

Tingkat hunian hotel-hotel di Bogor selama tahun 2013 diperkirakan berada di atas 77 % yang lebih didominasi oleh hotel-hotel wisata. Namun jangan salah, ternyata hotel-hotel yang ada tidak selalu hanya untuk wisata dan liburan, melainkan digunakan pula sebagai kebutuhan MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions).

Kondotel dan Vilatel
Melihat tingginya tingkat hunian hotel di Bogor, membuat pengembang tertarik juga membangun kondotel. Pembangunan kondotel di wilayah rekreasi menjadi pilihan investor untuk membeli. Jejak Aston BNR (Bogor Nirwana Residence) yang membangun dekat dengan kawasan rekreasi The Jungle, diikuti pula di Sentul Nirwana dengan hadirnya Alana Sentul dan Quest Sentul yang berdekatan dengan The Jungle Land disana. Satu lagi grup Aston akan segera hadir di kawasan Ciawi-Puncak dengan nama Harper Puncak. Selain 4 proyek Aston terdapat proyek-proyek kondotel lainnya yaitu Bogor Icon, Bogor Valley, Bogor Green Forest, dan Bhuvana. Harga jual pun dipatok antara Rp. 27 – 45 juta/m2 dengan kisaran harga Rp. 900 jutaan – 2 miliaran.

Selain kondotel yang berorientasi vertikal, hunian sekelas vila pun mulai terangkat pamornya dengan hadirnya proyek Vimala Hills hasil besutan Agung Podomoro Group di kawasan Puncak. Konsep vilatel (vila hotel) yang ada menambah ketat persaingan pasar hunian dan akomodasi disini.

Pusat Belanja
Selain berwisata alam, Bogor pun menyimpan potensi wisata belanja dan kuliner. Kawasan Tajur telah sejak lama terkenal dengan kerajinan kulit seperti tas dan sepatu. Selain itu juga pusat perbelanjaan di Bogor relatif berkumpul di pusat Kota Bogor. Salah satu pusat perbelanjaan terbaru adalah Botani Square hasil kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di mulut pintu keluar Tol Jagorawi ke arah Bogor yang mempunyai konsep lebih modern dibandingkan pusat-pusat belanja lama ada di Bogor seperti Plaza Jambu Dua, Ekalokasari, Bogor Trade Mall, Bogor Trade World, dan Taman Topi.
Meskipun bayang-bayang Serpong dan Bekasi masih menyelimuti Bogor, namun dengan tren pertumbuhan yang ada saat ini, dipastikan momentum Bogor akan segera terjadi, diiringi dengan meningkatnya potensi Bogor akibat serangkaian rencana tol dan infrastruktur yang ada. Bogor akan siap pada waktunya.

Senin, 21 Juli 2014

Baca juga artikel berikut ini

NOMINASI PROYEK-PROYEK SKALA KOTA DI BODETABEK

Mixed-Use Development

Virtual Office

Ishak Chandra

You have no rights to post comments