Sebaran Harga Tanah Tidak Merata

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sebaran Harga  Tanah Tidak Merata

Masuknya Summarecon Bekasi di Bekasi membuat pasar perumahan terhentak. Dipatok dengan harga rumah Rp. 2 miliar-an dengan kisaran harga tanah Rp. 9,8 - 13,7 juta/m2 saat ini, membuat benchmark harga tanah kawasan naik. Tingginya harga tanah ini diimbangi dengan hadirnya pusat perbelanjaan Summarecon Bekasi. Sedangkan harga tanah di Kota Harapan Indah dengan yang relatif lebih dekat dengan Jakarta terpaut sedikit lebih rendah di kisaran Rp. 7,8 - 12 juta/m2. Pasaran harga tanah yang ada di pasar sekunder relatif lebih rendah dari price list yang ditetapkan pengembang.

Tingginya harga tanah tersebut meninggalkan harga tanah di perumahan Kemang Pratama yang masih berkisar antara Rp. 4,2 - 5,5 juta/m2, Lippo Cikarang Rp. 5,5 - 8,9 juta/m2, dan Grand Galaxy berkisar antara Rp. 5 - 8,5 juta/m2.

Hadi - Segara City Bekasi

“ Banyaknya jumlah pengembangan properti di Bekasi sebagai akibat dari harga tanah di Jakarta yang semakin tidak terjangkau. Pasar untuk rumah tapak terpengaruh dengan pasar apartemen karena positioning harga apartemen yang bagus dan untuk Kota Bekasi.

Pasca regulasi dari Bank Indonesia untuk batasan uang muka minimal 30% untuk tipe 70 ke atas, pasar hunian di Segara City sebagai secondary project dari Kota Harapan Indah telah bergeser. Dimana tipe 70 ke bawah mencatat penjualan dominan. Salah satunya Tipe 45 dengan harga Rp. 500 juta-an. “

Gempuran proyek-proyek apartemen di Bekasi ternyata membuat pasar perumahan di Bekasi sedikit tertekan. Dampak paling terasa di segmen menengah sampai bawah karena relatif harus bersaing dengan pasar apartemen yang dibandrol dengan harga Rp. 250 - 300 jutaan. Pasar apartemen yang cenderung mengarah ke end-user membuat para pengembang perumahan harus beradu strategi untuk menang dalam persaingan.

 

Kamis, 12 Juni 2014

Baca Juga Artikel dibawah ini

Hati-Hati Pasar Latah (Liputan Bekasi)

Mixed-Use Develoment

 

You have no rights to post comments