×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

PASAR SEKUNDER SURABAYA UNGGUL DARI JAKARTA

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pergerakan harga rumah sekunder di wilayah Surabaya pada Q3-2017 relatif telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pembangunan properti sepanjang tahun ini diperkirakan mengarah ke Surabaya Barat. Meskipun demikian dengan pembangunan infrastruktur yang hampir merata di semua wilayah Surabaya memberikan pergeseran wilayah pasar yang melebar dari pusat kota Surabaya ke hampir semua wilayah Surabaya.
Potensi pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) yang membentang dari utara ke selatan akan menghubungkan banyak fasilitas strategis di Surabaya Barat yang akan berdampak langsung terhadap perkembangan properti di sekitarnya termasuk pergerakan harga tanah yang berdampak juga bagi pergerakan pasar perumahan sekunder. Juga dengan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) yang akan membentang di enam kecamatan, yaitu Kenjeran, Bulak, Mulyorejo, Sukolilo, Rungkut, dan Gunung Anyar membuat lokasi-lokasi di sekitar titik-titik simpul infrastruktur diperkirakan akan mendongkrak perkembangan harga tanah dipicu oleh perkembangan pasar properti di wilayah sekitarnya. Belum lagi potensi pembangunan jalan di Middle East Ring Road (MERR) Surabaya yang sempat terhenti sampai Gunung Anyar UPN diperkirakan akan dilanjutkan lagi pada 2018. Jalur sisa ini bakal lebih lebar karena didesain untuk delapan lajur kendaraan.

Berdasarkan riset dan analisis yang dilakukan Indonesia Property Watch, pertumbuhan harga rumah sekunder di kota-kota besar di Indonesia mengalami kenaikan bervariasi termasuk Surabaya yang mengalami kenaikan 1,03 persen pada Q3-2017. Meskipun kenaikan ini masih relatif landai, namun lebih tinggi dari pergerakan harga rumah sekunder di Jakarta yang hanya bergerak 0,59 persen. Kenaikan juga terjadi di harga tanah rumah sekunder sebesar 1,27 persen dibandingkan dengan Jakarta sebesar 1,09 persen. Pasar Surabaya diyakini banyak pihak lebih kondisuf dibandingkan dengan Jakarta saat ini. Hal ini yang membuat para investor lebih nyaman untuk berinvestasi di Surabaya dibandingkan kota-kota lain.
Surabaya Barat masih menunjukkan pertumbuhan tertinggi sebesar 1,38 persen, diikuti Surabaya Timur 1,25 persen, Surabaya Pusat 1,02 persen, Surabaya Selatan 0,92 persen, dan terendah di Surabaya Utara sebesar 0,57 persen. Pergerakan ini belum sepenuhnya sejalan dengan aktivitas transaksi di pasar rumah sekunder, meskipun pergerakan mulai terlihat di Surabaya Timur untuk rumah-rumah tipe menengah. Tidak hanya di pasar sekunder, permintaan rumah di pasar perumahan primer pun mengalami kenaikan di wilayah ini, menyusul lebih bervariasinya segmen rumah yang ditawarkan di wilayah ini. Karenanya selain Surabaya Barat dan Surabaya Selatan, wilayah Surabaya Timur ini pun menyimpan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi lagi ke depan.
Selain Surabaya, pergerakan harga rumah di Kota Bandung dan Denpasar pun memerlihatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan Jakarta, masing-masing sebesar 0,79 persen dan 0,63 persen.
Naiknya harga rumah yang terjadi di Surabaya juga diikuti dengan kenaikan harga tanah rata-rata sebesar 1,27 persen, terpaut sedikit di atas Palembang yang juga mengalami kenaikan tinggi 1,25 persen. Pergerakan harga tanah di Jakarta masih agak tertinggal dibandingkan Bandung yang naik 1,11 persen. Pergerakan Balikpapan relatif hampir sama dengan Jakarta, setelah dalam 2 tahun terakhir mengalami koreksi tajam akibat kondisi perekonomian yang dipengaruhi sektor tambang yang anjlok. Namun di triwulan III/2017 Balikpapan sudah mulai menunjukkan pergerakan positif.
Pertumbuhan harga tanah yang terjadi di beberapa kota tersebut masih sangat landai dibandingkan dengan pergerakan harga pada saat normal yang rata-rata bisa mencapai 3 persen per triwulan. Meskipun demikian pergerakan harga di beberapa titik khususnya di Surabaya memerlihatkan pergerakan mencapai 3 persen pada triwulan ini. (AT)

 

 

You have no rights to post comments