Gedung Taipei 101, Evolusi Teknologi Asia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Gedung Taipei 101 yang juga dikenal sebagai Taipei World Financial Center adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di Taipei, Taiwan. Bangunan bersertifikat LEED Platinum ini merupakan green building terbesar di dunia. Gedung pencakar langit ini dirancang oleh C.Y. Lee & mitra. Pembangunannya selesai pada tahun 2004 dan menjadi landmark dan simbol untuk Taiwan.

Alasan mengapa gedung itu disebut Taipei 101 adalah karena memiliki 101 lantai. Ada juga 5 lantai tambahan yang terletak di bawah tanah. Bangunan ini dirancang sebagai simbol dari evolusi teknologi dan tradisi Asia. Ia juga dirancang untuk menahan angin topan dan gempa bumi. Taipei 101 dimiliki oleh Taipei Financial Center Corporation (TFCC). Bangunan yang digunakan untuk memegang rekor untuk naik lift tercepat (16,83 m/s) dan untuk jam hitung mundur terbesar yang ditampilkan pada malam tahun baru.

Taipei 101 juga merupakan salah satu bangunan paling stabil yang pernah dibangun. Strukturnya diperkuat oleh 380 pilar didorong 80 meter ke dalam tanah. Stabilitas bangunan diuji pada tahun 2002 ketika gempa bumi berkekuatan 6,9 skala rikter tanpa merusak bangunan. Atap dan bangunan sistem daur ulang air bangunan memenuhi 20 sampai 30 persen dari kebutuhan airnya sehingga tidak hanya tinggi juga ramah lingkungan. Fitur yang luar biasa lainnya adalah 660 metrik ton peredam massa yang menstabilkan menara terhadap gerakan yang disebabkan oleh angin kencang yang dapat mengurangi gerakannya hingga 40 persen. [wan]

You have no rights to post comments