ALAM SUTERA GOLDEN PROJECT KATEGORI SKALA KOTA

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

ALAM SUTERA  GOLDEN PROJECT KATEGORI SKALA KOTA

Best Location and Sustainability Development

Sejak bulan lalu, Indonesia Property Watch telah menyelesaikan hasil survei dan investigasi terkait penilaian terhadap proyek-proyek skala kota ( > 500 ha) yang berhak atas penghargaan Golden Project.

Perkembangan proyek-proyek skala kota di pinggiran Jakarta sebagai wilayah penyangga semakin berkembang seiring dengan semakin tingginya beban aktifitas bisnis di Jakarta. Beberapa proyek perumahan skala kota semakin menjadi pilihan konsumen terkait dengan fasilitas yang lengkap dan potensi pengembangan yang tinggi di masa depan.

Berdasarkan 16 proyek skala kota yang berhasil dinilai, telah diperoleh 9 proyek yang lolos sebagai nominasi Golden Project Proyek Skala Kota di Bodetabek.
Saat ini telah terdapat hasil final dengan terpilihnya 3 proyek Skala Kota Terbaik berdasarkan penilaian dari faktor Location, Development, Marketing & Sales, dan Management sesuai standar kriteria yang ada.

Ketiga proyek yang berhak atas penghargaan tertinggi Golden Project untuk Kategori Skala Kota adalah : Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Sentul City.

Alam Sutera merupakan sebuah proyek pengembangan skala kota dibawah naungan PT. Alam Sutera Realty Tbk. yang direncanakan berdiri di atas lahan seluas 1.200 ha. Kawasan yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994 lalu ini telah menjelma layaknya sebuah komunitas mandiri di wilayah Barat Jakarta. Sampai saat ini telah dikembangkan seluas 700 ha yang terdiri dari kawasan residensial serta area komersial yang terintegrasi dengan fasilitas pendukung lainnya.

Berbagai fasilitas mulai dari pendidikan, hiburan, kesehatan, hingga pusat perbelanjaan telah hadir dan kian melengkapi kawasan ini, antara lain :

  1. Mall @ Alam Sutera
  2. The Flavor Bliss
  3. Sports Center
  4. Lake Club House
  5. Sekolah St. Laurensia dan Universitas BINUS
  6. Gereja St. Laurensia dan Mesjid Nur Asmaul Husna
  7. Spartan Futsal
  8. Little Jungle Playground
  9. Rumah Sakit Omni
  10. IKEA Home Applliances
  11. Perbankan : CIMB Niaga, BCA, Bank Mandiri, Bank Permata OCBC NISP, Commonwealth  Bank, Bank Panin, BNI, dan lainnya.

Analisis yang dilakukan menempatkan tingkat pengembangan lahan (development rate) Alam Sutera mencapai rata-rata 32 ha/tahun yang menggambarkan pesatnya pertumbuhan proyek ini dan termasuk dalam kategori Sangat Baik.

Alam Sutera termasuk dalam penghargaan Golden Project setelah melewati beberapa kajian dan survei dengan penilaian sebagai berikut (skala 10 - 100):

LOCATION                        86,0
DEVELOPMENT                  82,9
MARKETING & SALES        80,0
MANAGEMENT                   81,7

Selain itu, hasil investigasi yang dilakukan oleh tim Indonesia Property Watch telah menempatkan proyek ini sebagai proyek dengan tingkat investasi tertinggi dibandingkan dengan proyek sejenis. Hal ini juga tidak terlepas momentum hadirnya akses tol langsung ke Alam Sutera di km 15 tol Jakarta-Merak tahun 2009 yang menjadikan posisi Alam Sutera menjadi lebih strategis terkait kedekatannya dengan Jakarta. Posisi ini yang menjadi titik balik mulai bersinarnya pamor Alam Sutera sebagai kawasan komunitas perumahan dengan memperhitungkan lingkungan.

Sebagai kawasan yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan, seluruh proses perencanaan maupun pelaksanaan dalam pengembangan kawasan merupakan implementasi dari ecological planning method, dimana dalam setiap pengembangannya Alam Sutera selalu mengedepankan kondisi alam sekitar, meliputi faktor topografi, hidrologi, akses, hingga demografi. Hal ini juga yang membedakan proyek ini dibandingkan proyek lain sejenis dengan disabetnya beberapa penghargaan berkaitan dengan hal tersebut. Penilaian dilakukan terhadap komitmen pengembangan berorientasi lingkungan yang telah terimplementasi dengan baik dan bukan sekedar gimmick marketing.

Terhitung hingga saat ini terdapat sekitar 32 cluster perumahan di Alam Sutera, masing-masing terdiri dari 150 hingga 300 unit rumah. Tidak kurang dari 3.900 unit rumah telah terbangun dengan jumlah populasi tercatat sekitar 4.500 keluarga dan akan terus bertambah.

Harga rumah termahal terdapat di cluster Sutera Sitara Orlanda dengan harga Rp. 10.972.500.000 untuk tipe (LT/LB) : 665 m2/349 m2. Sedangkan harga terendah mencapai Rp. 4.916.250.000 untuk rumah dengan tipe (LT/LB) : 240 m2/269 m2.

Beberapa penghargaan yang diterima Alam Sutera sebagai proyek pengembangan skala kota :

  1. Finance Asia - Best Mid-Cap (ranked 1st) Asia’s Best Companies 2014
  2. BCI Asia - Top 10 Developers Indonesia 2014
  3. The 11th IFLA APR Awards for Landscape Architecture 2014 - Merit Awards Kategori Landscape Planning

You have no rights to post comments