PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Golden Developer Award Kategori 5 Perusahaan Emiten Properti Terbaik 2014

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

PT. BUMI SERPONG DAMAI TBK.
Golden Developer Award
Kategori 5 Perusahaan Emiten Properti Terbaik 2014

 

Profil Perusahaan

PT. Bumi Serpong Damai Tbk., salah satu pengembang kota mandiri terbesar di Indonesia saat ini, yang juga merupakan kelompok usaha Sinar Mas Land, berdiri sejak tahun 1984 untuk membangun kawasan BSD City yang terletak di sebelah Barat Daya Jakarta. Dengan luas area lebih kurang separuh dari kota Paris, BSD City merupakan sebuah perencanaan tata kota mandiri paling ambisius di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap berupa perumahan, serta area komersil dan bisnis.  Dengan luas sekitar 6.000 hektar, BSD masih menyisakan 3/4 luas lahan yang akan dikembangkan selanjutnya. Dalam proyek yang besar ini, tersimpan sebuah kesempatan berinvestasi yang begitu menarik.   
Pembangunan di BSD City bertumpu pada satu hal: bagi orang yang menetap, bekerja dan berekreasi di dalamnya. Penghuninya kelak akan menikmati berbagai Kenyamanan Hidup Berkualitas dalam rumah yang nyaman, ruang bisnis, tempat berbelanja, serta berbagai sarana pendidikan sekaligus berekreasi dalam satu kota, lingkungannya pun lebih sehat untuk dihuni.

Dalam rangka mempercepat pengembangan kawasan BSD City serta meningkatkan citra dan nilai Perusahaan, sejak tahun 2008, Perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk. dengan Kode Emiten: BSDE. Perusahaan kemudian pada tahun 2010 melakukan Penawaran Umum Terbatas I untuk mengakuisisi PT. Duta Pertiwi Tbk. (Kode Saham: DUTI), PT. Sinar Mas Teladan, dan PT. Sinar Mas Wisesa. Langkah ini ditempuh untuk memperbesar nilai Perusahaan dan menciptakan diversifikasi portofolio serta pendapatan. Dalam rangka memperkuat struktur permodalan Perusahaan serta pengembangan usaha Perusahaan dan Entitas Anak, pada tahun 2014, Perusahaan kembali mengeluarkan saham baru sebesar 5% melalui mekanisme Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD).

Pertama kali saham BSDE diperdagangkan dengan harga penawaran IPO sebesar Rp550 per saham. Hingga akhir Desember 2014, kapitalisasi pasar Perusahaan telah mencapai Rp33,16 triliun.

Komposisi pemegang saham

Susunan Pemegang Saham Perusahaan per 31 Desember 2014 masing-masing sebesar 26,45% dan 26,35% atau sejumlah 4.860.145.230 saham dan 4.841.825.400 saham, berturut-turut dimiliki oleh PT. Paraga Artamida dan PT. Ekacentra Usahamaju, dan publik sebesar 47,19%.

Rencana aksi ekspansi perusahaan ke depan

Perusahaan selain terus mengembangkan Kota Mandiri BSD City, Perusahaan melalui Entitas Anak, juga telah lama dikenal melakukan diversifikasi pengembangan di sekitar Jabodetabek, Surabaya, Medan dan Balikpapan, serta memperluas pengembangan ke Samarinda, Manado, Palembang dan Semarang. Perusahaan selalu terbuka untuk melakukan ekspansi ke kota besar dengan jumlah penduduk yang besar dan daya beli yang tinggi.

Portfolio Perusahaan (housing, komersial)

You have no rights to post comments