Ciputra (LIFETIME ACHIEVEMENT)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

CIPUTRA (LIFETIME ACHIEVEMENT)

Ciputra lahir kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan. Jiwa seni yang dipadukan dengan bisnis memberikannya semangat entrepreneur yang tinggi dalam membangun Ciputra Group. Dia dikenal sebagai pelopor dalam pembangunan perumahan di Indonesia.

Dr. (HC) Ir. Ciputra lahir di kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan, anak ke 3 dari pasangan Tjie Sim Poe dan Lie Eng Nio. Berasal dari keluarga sederhana dan sejak usia 12 tahun telah kehilangan ayahnya yang meninggal di tahanan tentara pendudukan Jepang karena tuduhan palsu dianggap mata-mata Belanda.

Di tengah jaman peperangan, beliau terlambat masuk kelas 3 SD di usia 12 tahun di desa Bumbulan. Singkat cerita dengan kemauan yang keras akhirnya berhasil kuliah di ITB jurusan arsitektur di Bandung. Perjalanan bisnisnya dimulai bahkan ketika masih menjadi mahasiswa. Bersama teman kuliahnya, Ismail Sofyan dan Budi Brasali mendirikan PT Daya Cipta di Bandung. Tidak puas dengan hanya di Bandung, beliau pun beranjak ke Jakarta. Dengan bendera PT Perentjaja Djaja IPD, proyek bergengsi yang diincar Ciputra adalah pembangunan pusat perbelanjaan di kawasan Senen. Dengan berbagai cara, Ciputra berhasil menemui Gubernur Jakarta saat itu, Dr. R. Soemarno, untuk menawarkan proposalnya. Pertemuan dengan Soemarno kemudian ditindaklanjuti dengan mendirikan PT Pembangunan Jaya, setelah mendapat restu Presiden Soekarno waktu itu. Setelah pusat perbelanjaan Senen, proyek monumental Ciputra selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol dan Bintaro Jaya.

Beliau dikenal sangat aktif dalam bidang sosial utamanya terkait pendidikan kemasyarakatan dan seni. Pendiri Sekolah dan Universitas Ciputra ini terlibat aktif dalam lebih dari 10 yayasan yang bergerak di bidang pembinaan olahraga, pendidikan, seni budaya, seperti pendirian Ciputra Art Gallery, Museum, and Theater.  

Kiprah dan sumbangsih Ciputra dalam bidang pengembangan properti di Indonesia diabadikan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui dua rekor sekaligus: sebagai wirausahawan peraih penghargaan terbanyak di berbagai bidang dan sebagai penyelenggara pelatihan kewirausahaan terbanyak khususnya kepada para dosen di Indonesia, yakni sekitar 1.600 dosen melalui Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC). Majalah Globe Asia menobatkan Ciputra sebagai orang ke-25 Terkaya di Indonesia dengan kekayaan US$1,5 miliar.
Majalah Property and The City memberikan apresiasi tertinggi anugerah LIFETIME ACHIEVEMENT kepada Bapak Ciputra.(Jkt,30/7/2015)

You have no rights to post comments